Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEBUDAYAAN Menurut Antropologi kebudayaan: Keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEBUDAYAAN Menurut Antropologi kebudayaan: Keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan."— Transcript presentasi:

1 KEBUDAYAAN Menurut Antropologi kebudayaan: Keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

2 Kuntjaraningrat: Kebudayaan (culture) berasal dari bahasa Sansekerta buddayah  budi/akal. Jadi kebudayaan: Hal-hal yang bersangkut paut dengan akal. J.J. Honigman  “The World of Man” membedakan adanya tiga gejala kebudayaan: 1. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide-ide (gagasan), nilai-nilai/norma dan peraturannya. 2. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat. 3. Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.

3 UNSUR-UNSUR UNIVERSAL KEBUDAYAAN 1. Bahasa 2. Sistem pengetahuan 3. Organisasi sosial 4. Sistem peralatan hidup dan teknologi 5. Sistem mata pencaharian hidup 6. Sistem religi 7. Kesenian

4 CIRI-CIRI KEBUDAYAAN MODERN 1. hubungan yang ramai 2. bergantung pada ilmu dan teknik 3. sifat progresif/dinamis 4. banyak dan beragam deferensiasi

5 PERUBAHAN KEBUDAYAAN 1. PRUBAHAN ALAM Alam selalu berubah. Lingkungan berubah membawa perubahan cara berpikir, hubungan antarindividu dan status sosial. 2. PROSES SOSIAL Gerak perubahan manusia dalam kehidupannya membawa kepada gerak masyarakat dan kebudayaan. Kebudayaan dari dalam disebut evolusi.

6 CARA-CARA PERUBAHAN KEBUDAYAAN 1. KONGRUENSI Suatu unsur budaya asing masuk dalam suatu budaya tertentu untuk mengisi kekosongan, karena unsur budaya yang dimasuki belum ada. Misalnya budaya teknologi dan elektronika. 2. FUSI Apabila unsur budaya asing dan sejenis diterima oleh budaya tertentu membentuk unit baru. Contoh: keroncong

7 3. SIMBIOSIS Bila unsur budaya asing dengan unsur budaya penerima sejenis dapat hidup berdampingan. Misalnya: Dalam istilah-istilah keagamaan. 4. SINKRITISME Bila dua unsur budaya saling bertemu, unsur budaya asing dengan unsur budaya tertentu menjadi satu kesatuan yang sebenarnya unsur- unsur budaya tersebut saling berlawanan. Contoh: terkun, Nduslam.

8 5. AKULTURASI Unsur budaya asing diterima disesuaikan dengan unsur budaya penerima. Contoh: Sistem pendidikan di Indonesia. 6. ASIMILASI Bila unsur budaya asing yang diterima diserap menjadi bagian yang integral dari budaya penerima sehingga tidak dirasakan lagi sebagai unsur budaya asing. Misalnya: jagung, lombok, tembakau.

9 PROSES PENERIMAAN PERUBAHAN KEBUDAYAAN 1.Terbiasanya masyarakat memiliki hubungan (kontak) dengan kebudayaan dan dengan orang-orang yang berasal dari luar masyarakat tersebut. 2. Jika pandangan hidup dan nilai-nilai yang dominan ditentukan oleh nilai agama, maka penerimaan unsur baru disensor dulu.

10 3. Corak struktur sosial masyarakat (sistem otoriter). 4. Suatu unsur diterima jika sebelumnya sudah ada unsur kebudayaan itu. 5. Apabila unsur yang baru memiliki skala kegiatan yang terbatas dan dapat dengan mudah di buktikan kegunaannya.

11 HUMANIORA DALAM KONFLIK KEBUDAYAAN Dalam konflik kebudayaan, nilai-nilai kebud ayaan yang satu ditentang oleh cita-cita kebu cita-cita dayaan yang lain. Hal ini perhatian or ang kembali pada unsur- unsur manusiawi yg paling hakiki dan dan abadi sifatnya. Orang selalu menggali lagi dasar humaniora. Memilih mana yang lebih sesuai untuk memp Ertinggi martabat manusia.

12 Contoh : 1. Pada abad sebelum Kristus dalam kebudayaan Yunani Romawi ada konflik antara falsafah dan sastra. 2. Pada zaman Gereja purba ada konflik antara ilmu pengetahuan dengan dasar “kafir” dengan dasar Kristen. 3. Pada abad yaitu orang modern memerangi orang kolot.

13 4. Pada abad 19 pertentangan antara agama dan ilmu. 5. Sekarang timbul konflik antara ilmu eksata yang bergelora dalam super teknik modern dengan tenaga atomnya menghadapi himbauan ilmu-ilmu sosial. Keunggulan sains membuat jurang kaya-miskin di selu ruh dunia. Teknik yang yang menciptakan keunggulan sains membuat jurang kaya-miskin di seluruh dunia Teknik yang menciptakan lombaan senjata mengancam mengancam dunia dengan kepunahan. Teknik tanpa etik menjadi bahaya.

14 5. Keunggulan sains membuat jurang kaya, miskin di sluruh dunia. Teknik yang menciptakan. Keunggulan sains membuat jurang kaya- miskin di sluruh dunia. Teknik yang menciptakan lombaan senjata mengancam dunia dengan kepunahan. Teknik tanpa etik menjadi bahaya.

15 MANUSIA DAN KEPRIBADIAN Kepribadian  pribadi: watak, diri manusia, karakter (personality, character self) Macam : 1. menarik, halus 2. kasar, keras Konsep kepribadian: 1. Corak tingkah laku sosial a. tampak - cara berjalan - cara berbicara

16 b. tidak tampak - nilai-nilai - norma-norma - pandangan hidup 2. Corak gerak-gerik badan manusia 3. Tingkah laku manusia terhadap alam 4. Totalitas psikophisik yang kompleks 5. Organisasi psikophisik yang dinamik  penyesuaian diri dengan lingkungan

17 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPRIBADIAN Faktor: - dalam  bawaan - luar  lingkungan Aliran-aliran: 1. Nativisme (J.J. Rousseau, Schoupen Hour) Kepribadian seseorang dipengaruhi dari unsur bawaan atau bakat sejak lahir. 2. Empirisme ( John Locke) - Kepribadian seseorang dipengaruhi oleh pengalaman setelah manusia lahir. - Teori  Tabularasa  manusia lahir seperti kertasa putih.

18 3. Convergensi (W. Stern) Kepribadian seseorang dipengaruhi dari dalam dan dari luar. bakat seni + fasilitas ada  seniman

19 Terima kasih


Download ppt "KEBUDAYAAN Menurut Antropologi kebudayaan: Keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google