Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Partisipasi Politik Amerika Serikat Anitha Restiana (20100510029) Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Partisipasi Politik Amerika Serikat Anitha Restiana (20100510029) Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"— Transcript presentasi:

1 Partisipasi Politik Amerika Serikat Anitha Restiana ( ) Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

2 Partisipasi Politik Partisipasi Politik adalah bentuk dari keikutsertaan warga negara dalam aktifitas politik masyarakat. Partisipasi politik di Amerika berbeda denga partisipasi politik di negara – negara demokrasi baru. Partisipasi politik di Amerika memiliki jenis - jenis yang beragam yang memungkinkan masyarakat untuk memilih jenis partisipasi yang paling sesuai dengan kehendak mereka.

3 Bentuk – Bentuk Partisipasi Politik Memberikan Suara (Voting) Ikut Berkampanye Kegiatan Komunitas Mengontak Pejabat (Contacting Official) Protes sebagai Bentuk Partisipasi Mencalonkan Diri

4 - Memberikan Suara (Voting) Memberikan suara adalah bentuk partisipasi yang paling umum dan sangat terkenal. Amerika mungkin hanya satu – satunya negara di dunia yang paling banyak melakukan kegiatan pemberian suara. Jika dinegara lain pemilihan hanya dilakukan sekali hingga dua kali dalam empat tahun. Di Amerika frekuensi tersebut bisa dua hingga tiga kali.

5 - Ikut Berkampanye Adalah bentuk lain dari partisipasi politik di Amerika. Berkampanye sangat berbeda dengan memberikan suara dalam pemilihan. Dalam kegiatan kampanye seseorang dituntut untuk jauh lebih aktif. Para aktifis kampanye menyiapkan serangkaian kegiatan kampanye dari mulai penyebaran pamflet, pemasangan poster, spanduk, stiker untuk gedung dan bumper mobil, hingga menyiapkan tempat pemungutan suara.

6 - Kegiatan Komunitas Kegiatan komunitas muncul sebagai alternatif dari pemilihan yang sudah tentu hanya berlaku pada saat – saat tertentu. Meningkatnya kesadaran Amerika sejalan dengan meluasnya kesempatan pendidikan mereka membuat mereka merasa perlu untuk melakukan kegiatan yang intensif dalam partisipasi politik. Karena pemilihan terbatas oleh waktu, mereka menemukan kegiatan komunitas sebagai bentuk partisipasi yang luwes.

7 - Mengontak Pejabat Pertemuan langsung antara rakyat dengan para wakil rakyat merupakan kegiatan yang umum terjadi di Amerika. Para pejabat pemerintah pada umumnya menyadari arti pentingnya pelayanan masyarakat dalam arti sesungguhnya. Mereka menyadari ini sebagai upaya menegakan demokrasi. Hubungan rakyat dan wakilnya di kongres sangat dekat, terbukti dengan tingginya intensitas hubungan yang dilakukan rakyat amerika dengan para wakil mereka di kongres.

8 - Protes sebagai Bentuk Partisipasi Ketidakpuasan sering dilampiaskan dalam bentuk protes. Protes di Amerika cenderung dilakukan secara damai. Protes lebih dianggap sebagai cara penyamaian pendapat atau partisipasi politik secara langsung dengan tekanan, karena semua model hubungan yang mapan seperti pertemuan atau rundingan tidak mencapai hasil.

9 - Mencalonkan Diri Mencalonkan diri untuk merebut jabatan publik adalah bentuk partisipasi yang paling dinamis. Mencalonkan diri untuk merebut jabatan publik merupakan kegiatan menarik karena tidak kurang dari jabatan publik hanya dapat dicapai melalui proses pemilihan.


Download ppt "Partisipasi Politik Amerika Serikat Anitha Restiana (20100510029) Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google