Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Faisal Rahman (20090110024) Amiruddin Hi Muhammad (20090110030) Wira Puska Laksana (20090110080) Bagus Susatyo (200901100.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Faisal Rahman (20090110024) Amiruddin Hi Muhammad (20090110030) Wira Puska Laksana (20090110080) Bagus Susatyo (200901100."— Transcript presentasi:

1 Faisal Rahman ( ) Amiruddin Hi Muhammad ( ) Wira Puska Laksana ( ) Bagus Susatyo (

2 Kemacetan kini sudah menjadi pemandangan sehari-hari yang selalu dialami di kota-kota besar didunia. Hal ini seiring dengan semakin meningkatnya penduduk yang urban ke daerah sekeliling kota tanpa melihat adanya pertumbuhan jalan dan pengaturan lalu lintas yang terkesan masih kurang. Lalu, dengan tidak adanya sistem pengaturan ini akan berdampak sangat jelas sekali misal, saat warga mulai melakukan segala aktivitasnya di pagi hari atau pada saat warga menghentikan segala aktivitasnya di sore hari. Hingga akhir- akhir ini kondisi tersebut menjadi sangat parah. Di saat–saat tertentu itulah mulai timbul permasalahan baru yang diakibatkan oleh kemacetan seperti pelanggaran lalu lintas ataupun kecelakaan. Sekarang sudah saatnya kita harus mengatasi permasalahan yang sudah menjadi kegiatan sehari-hari.

3  Kemacetan tidak dapat dihindari ketika melintas di Jalan Mayor suryotomo Yogyakarta. Titik kamecetan berada tepat pada penggalangan penggalangan jalan yang menjadi penghubung menuju pasar beringharjo. Setidaknya terdapat tiga penggalan jalan yang kerap digunakan sebagai jalan pintas berbalik arah para pengguna jalan. Banyaknya penggalan jalan ini membuat arus lalu lintas tersendat, terutama diwaktu masyarakat banyak beraktivitas, baik dari kalangan pedagang, pembeli maupun masyarakat umum yang sengaja berbalik jalur menuju pasar beringharjo.  Disisi lain, kondisi jalan yang sempit tidak seimbang dengan intesitas kendaraan yang melintas belum lagi di tambah ruas jalan yang masih banyak digunakan sebagai tempat parkir mobil.  Arus lalulintas yang kerap macet ini banyak dikeluhkan oleh masyarakat yang melintas. Mereka meminta pemerintah segera menangani persoalan kemacetan yang terjadi.

4  Ada beberapa penyebab terjadinya kemacetan, yaitu:  Bertambahnya volume kendaraan, namun tidak diiringi dengan pelebaran jalan.  Adanya pusat perbelanjaan, namun tidak tersedianya sarana parkir yang memadai.  Pengaturan lampu lalulintas yang bersifat kaku yang tidak mengikuti tinggi rendahnya arus lalu lintas.  Banyaknya aktifitas pemotongan jalan yang dilakukan oleh pengguna kendaraan.  Banyaknya aktifitas keluar masuk dan bongkar muat kendaraan barang.  Banyak terjadi aktifitas menaik turunkan penumpang oleh kendaraan umum.

5 Solusi dalam mengatasi masalah kemacetan yaitu : 1. Memperlebar jalan sepanjang hal itu memungkinkan 2. Merubah sirkulasi lalu lintas menjadi jalan satu arah 3. mentertibkan aktivitas parkir dengan cara menambah lahan parkir sehingga tidak terjadinya kemacetan yang di akibatkan oleh aktifitas on on street parking. 4. Penataan dan pengaturan kembali rambu rambu lalu lintas. 5. Disediakan nya lahan untuk melakukan aktifitas bongkar muat barang.

6

7

8

9

10

11

12

13

14  Jalan Mayor Suryotomo merupakan salah satu jalan tersibuk yang ada di kota Yogyakarta. Dimana terletak beberapa pusat perbelanjaan yang menjadi cinderamata kota Yogyakarta. Tidak heran apabila jalan ini selalu menjadi langganan kemacetan pada jam jam tertentu. Alangkah baiknya apabila pemerintah Yogyakarta maupun dinas Perhubungan lebih memperhatikan kelayakan maupun kelancaraan pada ruas jalan ini, mengingat jalan ini merupakan aksesbilitas ke beberapa pusat kota yang ada di Yogyakarta.


Download ppt "Faisal Rahman (20090110024) Amiruddin Hi Muhammad (20090110030) Wira Puska Laksana (20090110080) Bagus Susatyo (200901100."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google