Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Objek Basis Data Dadot Eko P.N.K.M. Disampaikan dalam kegiatan pembelajaran Pemodelan Perangkat Lunak di kelas 1RPA SMK PGRI 3 Malang, 12 Oktober 2013.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Objek Basis Data Dadot Eko P.N.K.M. Disampaikan dalam kegiatan pembelajaran Pemodelan Perangkat Lunak di kelas 1RPA SMK PGRI 3 Malang, 12 Oktober 2013."— Transcript presentasi:

1 Objek Basis Data Dadot Eko P.N.K.M. Disampaikan dalam kegiatan pembelajaran Pemodelan Perangkat Lunak di kelas 1RPA SMK PGRI 3 Malang, 12 Oktober 2013.

2 Awali setiap aktivitas dengan do'a, semoga berkah dan mendapat kemudahan

3 basis data adalah?

4 kumpulan data, umumnya mendeskripsikan aktivitas satu organisasi atau lebih yang berhubungan Ramakrishnan dan Gehrke (2003)

5 basis data adalah? kumpulan seluruh sumber daya berbasis computer milik organisasi. System manajemen basisdata adalah aplikasi perangkat lunak yang menyimpan struktur basisdata, hubungan antardata dalam basisdata, serta sebagai formulir dan laporan yang berkaitan dengan basisdata. McLeod, dkk., (2001)

6 basis data adalah? Kumpulan data yang saling berhubungan dan diorganisasikan sedemikian rupa untuk keperluan tertentu.

7 Kebutuhan Perencanaan Database

8 Memiliki kemampuan menyimpan seluruh data yang berguna dalam database meniadakan kerangkapan data (redundan) Mengusahakan banyaknya relasi di dalam database minimum Mempunyai relasi yang dinormalkan, untuk keperluan pembaharuan dan penghapusan

9 Objek Basis Data

10 Tabel Himpunan elemen-elemen data yang diorganisasikan menggunakan model kolom vertikal dan baris horizontal. Tabel merupakan ekuivalensi dari sebuah entitas dalam ERD.

11 Objek Basis Data Field dan Record Sebuah tabel dapat terdiri dari satu atau beberapa field( kolom ) dan baris( row )

12 Objek Basis Data Primary Key Primary key atau unique key adalah suatu nilai di baris data yang digunakan untuk mengidentifikasi keunikan baris-baris di dalam tabel.

13 Objek Basis Data Relationship Relationship adalah asosiasi antara beberapa entitas (atau tabel). Relasi antar tabel bertujuan untuk mendefinisikan keterhubungan satu tabel dengan tabel lainnya.

14 Objek Basis Data

15

16 Ubah DFD yang telah dibuat kedalam bentuk tabel basis data, dengan ketentuan 1.Tentukan Primary Key tiap tabel/entitas 2.Jika terdapat hubungan antar tabel, buat alur relasinya

17 Normalisasi Database

18 Rancangan database disebut buruk jika Data yg sama tersimpan di beberapa tempat (file atau record) Ketidakmampuan untuk menghasilkan informasi tertentu Terjadi kehilangan informasi Terjadi adanya redudansi (pengulangan) atau duplikasi data sehingga memboroskan ruang penyimpanan dan menyulitkan saat proses updating data Timbul adanya NULL VALUE

19 Normalisasi Database Tujuan Normalisasi menyempurnakan struktur tabel dengan: Mengeliminasi adanya duplikasi informasi memudahkan pengubahan struktur tabel memperkecil pengaruh perubahan struktur database dan cara-cara lain untuk mengoptimalisasi query

20 Normalisasi Database 1 st Normal Form Merubah dari bentuk tabel tidak normal ( unnormalized table ) menjadi bentuk normal pertama Suatu region R disebut 1NF jika dan hanya jika semua atribute value-nya simple/atomic ( tidak boleh ada attribute yang composit & multivalue )

21 Normalisasi Database Tujuan 1NF Membuang adanya pengulangan (Redudansi) data Menghindari adanya pencatatan Null Value Menjaga setiap entry data dari relasi (perpotongan baris-kolom) meiliki maksimal satu nilai tunggal

22 Normalisasi Database Studi Kasus 1NF

23 t f | /24bit https://googledrive.com/host/0Bzdy-Cveotm8SnZyRl9ETjlkSm8/basis-data.pptx


Download ppt "Objek Basis Data Dadot Eko P.N.K.M. Disampaikan dalam kegiatan pembelajaran Pemodelan Perangkat Lunak di kelas 1RPA SMK PGRI 3 Malang, 12 Oktober 2013."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google