Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ORIENTASI POLITIK LUAR NEGERI DAN PERAN NASIONAL Ada tiga bentuk Orientasi 1.Isolasi 2.Non Blok 3.Persekutuan militer dan koalisi diplomatik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ORIENTASI POLITIK LUAR NEGERI DAN PERAN NASIONAL Ada tiga bentuk Orientasi 1.Isolasi 2.Non Blok 3.Persekutuan militer dan koalisi diplomatik."— Transcript presentasi:

1 ORIENTASI POLITIK LUAR NEGERI DAN PERAN NASIONAL Ada tiga bentuk Orientasi 1.Isolasi 2.Non Blok 3.Persekutuan militer dan koalisi diplomatik

2 EMPAT VARIABEL YG MAMPU MENOPANG PERTIMBANGAN ELITE UNTUK PEMILIHAN STRATEGI POLITIK LUAR NEGERI 1.Struktur sistem Internasional : Suatu kondisi yang didalamnya terdapat :pola dominasi, subordinasi dan kepemimpinan. 2.Strategi umum Polugri berkaitan erat dengan sifat kebutuhan sosial-ekonomi dan sikap domistik 3.Persepsi elit pemerintah (pembuat UU) tetap terhadap tingkat ancaman eksternal 4.Lokasi geografis, karakteristik topografis, dan kandungan SDA yang dimiliki negara.

3 ISOLASI Ditandai dengan : 1.Tingkat keterlibatan politik dan militer yang rendah dalam masalah ninternasional 2.Jumlah transaksi perdagangan yang kecil 3.Hubungan diplomatik yang tidak luas.

4 Strategi Isolasi akan berhasil bila ancaman militer, ekonomi dan ideologi tidak tampak dan minim. Strategi isolasi, biasanya dijalankan oleh unit politik yang secara ekonomi dan sosial sudah mandiri dan mapan.

5 Karakteristik geografi dan topografi berkaitan dengan strategi isolasi. Ini dilihat dari kacamata letak negara, seperti peguningan tinggi, samudra luas, daratan tanpa penghuni, atau gurun pasir, akan mampu melindungi negara serta menyulitkan negara lain melewatinya.


Download ppt "ORIENTASI POLITIK LUAR NEGERI DAN PERAN NASIONAL Ada tiga bentuk Orientasi 1.Isolasi 2.Non Blok 3.Persekutuan militer dan koalisi diplomatik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google