Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMASARAN Suatu proses perencanaan dan pelaksanaan kosepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi dari gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMASARAN Suatu proses perencanaan dan pelaksanaan kosepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi dari gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran."— Transcript presentasi:

1 PEMASARAN Suatu proses perencanaan dan pelaksanaan kosepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi dari gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan perseorangan dan organisasi.

2 Konsep Pemasaran Kebutuha n Keinginan Permintaa n Produk Nilai & Kepuasa n Pertukara n Transaksi Hubungan Pasar

3 Pemasaran: Barang, jasa dan gagasan Barang-barang Konsumsi (Consumer Goods) Produk-produk yang dibeli konsumen untuk penggunaan pribadi Pemasaran konsumsi (Consumer Marketing) Perusahaan yang menjual produk produk untuk konsumen untuk konsumsi pribadi Barang-Barang industri (Industrial Goods) Produk-produk yang dibeli oleh perusahaan untuk memproduksi produk lainnya. Pemasaran industri (Industrial Marketing) Perusahaan-perusahaan yang menjual produknya kepada produsen lain. Jasa (Service) Setiap Tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun.

4 Lingkungan Organisasi Faktor-faktor luar yang mempengaruhi program-program marketing dengan mengakui adanya kesempatan dan ancaman –Lingkungan Politik dan Hukum –Lingkungan Sosial dan Budaya –Lingkungan teknologi –Lingkungan Ekonomi –Lingkungan Persaingan Produk Substitusi Produk yang dibutuhkan pesaing tetapi dapat mengisi kebutuhan yang sama. Produk yang dibutuhkan pesaing tetapi dapat mengisi kebutuhan yang sama. Kompetisi merek Pemasaran kompetitif yang terlihat membandingkan persepsi konsumen terhadap produk-produk serupa. Pemasaran kompetitif yang terlihat membandingkan persepsi konsumen terhadap produk-produk serupa. Kompetisi Internasional Pemasaran kompetitif dari produk-produk domistik terhadap produk luar negeri. Pemasaran kompetitif dari produk-produk domistik terhadap produk luar negeri.

5 BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) Produk (Product) Suatu barang, jasa, atau gagasan yang dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan seorang konsumen Penetapan Harga (Price) Memilih harga yang paling sesuai untuk menjual dan kadang-kadang merupakan suatu tindakan penyeimbangan Promosi (Promotion) Teknik-teknik untuk mengkomunikasikan informasi mengenai produk. Distribusi (Place) Bagian dari bauran pemasaran yang mempertimbangkan cara menyampaikan produk dari produsen ke konsumen

6 Promosi (Promotion) Teknik yang dapat digunakan adalah: –A–A–A–Advertising (Periklanan) adalah penyajian penjualan non- personal yang dikomunikasikan melalui bentuk media atau non media untuk mempengaruhi sejumlah besar konsumen. –P–P–P–Personel Selling (Penjualan Personal) adalah prestasi penjualan secara personal yang digunakan untuk mempengaruhi satu konsumen atau lebih. –S–S–S–Sales Promotion (Promosi Penjualan) adalah serangkaian aktivitas yang dimaksudkan untuk mempengaruhi konsumen –P–P–P–Public Relationship /Hubungan Masyarakat berkenaan dengan tindakan yang diambil dengan tujuan menciptkan atau memelihara kesan yang menyenangkan bagi masyarakat

7 PEMASARAN BERSASARAN DAN SEGMENTASI PASAR Target Market (Pasar sasaran) Kelompok orang-orang yang memiliki keinginan dan kebutuhan yang serupa. Segmentation Market (Segmentasi pasar) Proses pembagian suatu pasar ke dalam kategori jenis konsumen Empat variable penting untuk mensegmentasi pasar yaitu: Empat variable penting untuk mensegmentasi pasar yaitu: Variabel Geografis Unit geografis yang dapat dipertimbangan dalam mengembangkan strategi segmentasi Variabel Demografis Karakteristik populasi yang dapat dipertimbangkan dalam mengembangkan strategi segmentasi, termasuk demografis: umur, pendidikan, pendapatan, jenis kelamin, daur hidup keluarga, ukuran keluarga, kebangsaan, ras, agama.

8 Variabel Psikologis Karakteristik konsumen seperti gaya hidup, pendapat, sikap, dan minat yang dapat dipertimbangkan dalam pengembangan strategi segmentasi Variabel Penggunaan Produk Karakteristik konsumen yang didasarkan pada cara-cara bagaimana konsumen menggunakan suatu produk, kesetiaan mereka terhadap merek tertentu, dan lasan mereka membelinya. Positoning (Posisi) Proses penggabungan, penerapan dan mengkomunikasikan sifat dari produk itu sendiri.

9

10 RISET PEMASARAN Studi tentang kebutuhan dan keinginan konsumen dan cara-cara bagaimana agar penjual dapat memenuhi kebutuhan tersebut

11 Proses Riset Mempelajari situasi riset Apa yang dibutuhkan dan apa yang telah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Memilih metode riset –Observasi –Survei –Kelompok Fokus –Percobaan Mengumpulkan data Ada dua jenis yaitu: –Data primer –Data Sekunder Menganalisa Data Data tidak berguna sampai data tersebut diorganisasikan menjadi informasi. Mempersiapkan laporan Laporan tersebut harus mencakup metodologi dan riset pada studi tersebut. Dan juga berisi tentang alternatif pemecahan masalah dan membuat rekomendasi tindakan yang terbaik.

12 MEMAHAMI PERILAKU KONSUMEN Perilaku konsumen adalah studi dari proses keputusan mengapa konsumen dapat membeli dan mengkonsumsi produk-produk. Pengaruh Dalam Perilaku konsumen Pengaruh Psikologis Mencakup motivasi, persepsi, kemampuan belajar dan sikap perseorangan Pengaruh Pribadi Mencakup gaya hidup, kepribadian dan status ekonomi Pengaruh Sosial Mencakup keluarga, pendapat pemimpin, temen, rekan kerja. Pengaruh Budaya Mencakup cara hidup yang membedakan satu kelompok besar dengan yang lainnya, subkultur dan kelas sosial.

13 Proses Pembelian Konsumen Kesadaran akan masalah atau kebutuhan Proses pembelian dimulai apabila konsumen menyadari akan suatu masalah atau kebutuhan. Pencarian informasi Apabila telah menyadari kebutuhannya, konsumen sering mencari informasi. Evaluasi dari alternatif yang ada. Konsumen mengumpulkan beberapa pengetahuan selama tahap pencaharian informasi dan menggabungkan dengan apa yang telah mereka ketahui sebelumnya. Keputusan membeli Akhirnya konsumen harus memutuskan untuk membeli. * Motif Rasional * Motif Emosional Evaluasi pasca Pembelian Pemasaran tidak berhenti dengan terjualnya produk. Pemasaran mecakup proses konsumsi.

14 FAKTOR UTAMA YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PEMBELIAN FAKTOR DALAM PERILAKU PEMBELIAN FAKTOR BUDAYA BUDAYA SUB BUDAYA KELAS SOSIAL FAKTOR SOSIAL KELOMPOK ACUAN KELUARGA PERAN DAN STATUS FAKTOR PRIBADI USIA DAN TAHAP SIKLUS HIDUP PEKERJAAN DAN LINGKUNGAN EKONOMI GAYA HIDUP KEPRIBADIAN DAN KONSEP DIRI FAKTOR PSIKOLOGIS MOTIVASI PERSEPSI PEMBELAJARAN KEYAKINAN DAN SIKAP

15 MEMAHAMI PERILAKU PEMBELIAN ORGANISASI. Pasar Organisasi (Organizational or commercial markets) Pasar organisasi atau pasar perdagangan dapat dibagi ke dalam tiga kategori yaitu: –Pasar Industri Pasar organisasi yang terdiri dari perusahaan yang membeli barang-barang yang diubah menjadi produk lain atau digunakan selama produksi Pasar organisasi yang terdiri dari perusahaan yang membeli barang-barang yang diubah menjadi produk lain atau digunakan selama produksi –Pasar pedagang Perantara (reseller market) Pasar organisasi yang terdiri dari badan-badan perantara yang membeli barang-barang jadi dan menjualnya kembali Pasar organisasi yang terdiri dari badan-badan perantara yang membeli barang-barang jadi dan menjualnya kembali –Pasar pemerintah dan Institusi Pasar pemerintah adalah pasar dimana pembelinya terdiri pemerintah seperti : pemda, kabupaten, kecamatan sedangkan pasar institusi terdiri dari pembeli barang dan jasa seperti rumah sakit, tempat ibadah, museum dan badan amal Pasar pemerintah adalah pasar dimana pembelinya terdiri pemerintah seperti : pemda, kabupaten, kecamatan sedangkan pasar institusi terdiri dari pembeli barang dan jasa seperti rumah sakit, tempat ibadah, museum dan badan amal

16 Perilaku Organisasi dalam Membeli Perbedaan dalam permintaan –Permintaan Turunan (Derived Demand) –Inelastisitas permintaan Perbedaan dalam membeli –Sebagai profesional –Sebagai spesialis –Sebagai pakar Perbedaan dalam Pembuatan Keputusan –Mengembangkan spesifikasi produk –Evaluasi Alternatif yang ada –akan dipertimbangkan lebih lanjut. –Membuat Evaluasi Pascapembelian Perbedaan dalam hubungan pembeli dan penjual

17 PENGARUH UTAMA TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN INDUSTRIAL LINGKUNGAN Tingkat Permintaan Ramalan Ekonomi Tingkat Bunga Tingkat Perubahan Teknologi Perkembangan Politik dan Peraturan Perkembangan Persaingan Perhatian Pada Tanggung Jawab Sosial ORGANISASI Tujuan Kebijakan Prosedur Struktur Organisasi Sistem ANTARPRIBADI Minat Wewenang Status Empati Daya Bujuk PRIBADI Umur Penghasilan Pendidikan Jabatan Kepribadian Sikap Terhadap Resiko Budaya PEMBELI BISNIS

18 Thank.S Ma’kasih yach jadi pendengar yang baik Hari gini masih tetap menjalankan 3D……..Ketik C spasi D capek ….dech


Download ppt "PEMASARAN Suatu proses perencanaan dan pelaksanaan kosepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi dari gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google