Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Judul Pengaruh Strategi Belajar dan Penerapan Metode Kontekstual terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Kelapa Gading.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Judul Pengaruh Strategi Belajar dan Penerapan Metode Kontekstual terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Kelapa Gading."— Transcript presentasi:

1

2 Judul Pengaruh Strategi Belajar dan Penerapan Metode Kontekstual terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Kelapa Gading

3

4 BAB I Pendahuluan A.Latar Belakang Masalah Kegiatan proses belajar mengajar banyak didominasi oleh guru. Sebagai akibatnya proses belajar mengajar dirasakan oleh siswa membosankan, tidak menarik dan membuat siswa tidak termotivasi untuk belajar serta berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Seharusnya pengalaman siswa dan lingkungan sekitar digali untuk menambah wawasan dalam pembelajaran. Pengetahuan siswa dalam belajar di sekolah seharusnya holistik dan terminalis.

5 Identifikasi Masalah 1. Siswa pada umumnya hanya menerima informasi yang diberikan guru. 2. Siswa lebih banyak mendengar, menulis apa yang disampaikan oleh guru dan latihan soal-soal. 3. Ada sebagian guru yang belum terampil dalam memvariasikan pendekatan dan strategi pembelajaran. 4. Belum maksimalnya pembelajaran karena masih ada guru yang belum sepenuhnya berorientasi dengan lingkungan sekitar.

6 Pembatasan Masalah Penelitian hanya dibatasi pada permasalahan berikut ini : 1.Pengaruh strategi belajar 2.Proses pembelajaran dalam rangka penerapan metode kontekstual 3.Hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Al Azhar Kelapa Gading Dalam penelitian ini diasumsikan bahwa proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual akan menghasilkan motivasi dan kualitas hasil belajar.

7 Manfaat Penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi : 1.Pengembang ilmu pengetahuan terutama ilmu manajemen pendidikan. 2.Guru, kepala sekolah, penanggung jawab pendidikan, dan yayasan pendidikan. 3.Bagi penulis terutama sebagi studi banding dalam rangka menerapkan teori selama kuliah dengan praktik sehari-hari

8 Perumusan Masalah 1.Apakah Terdapat pengaruh strategi belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Al Azhar Kelapa Gading. 2. Apakah terdapat pengaruh penerapan metode kontekstual terhadap peningkatan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Al Azhar Kelapa Gading. 3.Apakah terdapat pengaruh strategi belajar dan penerapan metode kontekstual secara bersama-sama terhadap peningkatan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Al Azhar Kelapa Gading.

9 Manfaat Penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi : 1.Pengembang ilmu pengetahuan terutama ilmu manajemen pendidikan. 2.Guru, kepala sekolah, penanggung jawab pendidikan, dan yayasan pendidikan. 3.Bagi penulis terutama sebagi studi banding dalam rangka menerapkan teori selama kuliah dengan praktik sehari-hari.

10 B. Kajian Teori 1.Strategi belajar merupakan kombinasi antara suatu analisis dari berbagai cara untuk mencapai tujuan tertentu dengan mempertimbangkan hambatan yang ada 2.Metode kontekstual merupakan cara guru dalam PBM dengan memahami kondisi, aspek pengembangan materi pembelajaran, dan adequacy atau kecukupan. 3. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku sebagai pencerminan hasil yang dicapai seseorang dari belajar.

11 KERANGKA BERPIKIR X1X1 X2X2 Y

12

13 Waktu dan Tempat Penelitian a. Waktu pelaksanaan Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan dari bulan Juli s.d. September 2010 b. Tempat pelaksanaan Sekolah Dasar Islam Al Azhar Kelapa Gading

14 Populasi dan Sampel a.Populasi Jumlah populasi 70 orang b. Sampel Jumlah sampel 41 orang

15 Pengajuan Hipotesis 1). Terdapat pengaruh strategi belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Al Azhar Kelapa Gading. 2) Terdapat pengaruh penerapan metode kontekstual terhadap peningkatan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Al Azhar Kelapa Gading. 3) Terdapat pengaruh strategi belajar dan penerapan metode kontekstual secara bersama-sama terhadap peningkatan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Al Azhar Kelapa Gading.

16 Bab III Metode Penelitian a.Tujuan Kajian Penelitian b. Metode Pengumpulan data c. Populasi dan teknik pengambilan sampel d. Instrumen penelitian e. Teknik analisis data

17 Tujuan Penelitian 1. Untuk mengetahui pengaruh strategi belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Al Azhar Kelapa Gading. 2. Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode kontekstual terhadap peningkatan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Al Azhar Kelapa Gading. 3. Untuk mengetahui pengaruh strategi belajar dan penerapan metode kontekstual secara bersama-sama terhadap peningkatan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Al Azhar Kelapa Gading.

18 1.Penelitian Lapangan a. Observasi b. Kuesioner c. Wawancara 2. Studi Kepustakaan

19 Populasi dan Teknik Pengambilan sampel = 41 sampel keterangan : n = jumlah sampel N = jumlah populasi e = Error (%) yang dapat ditoleransi terhadap ketidaktepatan penggunaan sampel sebagai pengganti populasi Jadi sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 41 sampel dari 70 populasi.

20 Instrumen Penelitian Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel, yaitu pengaruh strategi belajar (X 1 ) dan penerapan metode kontekstual (X 2 ) masing-masing sebagai variabel bebas dan peningkatan hasil belajar siswa (Y) sebagai variabel terikat, Alat ukur variabel dari masing-masing variabel disusun sebanyak 15 butir pertanyaan sesuai variabel

21 Teknik Analisis Data 1.Uji Validitas Nilai Koefesien untuk uji validitas instrumen variabel peningkatan hasil belajar (Y) yang diperoleh rata-rata lebih dari t- tabel dan seluruh instrumen sebanyak 15 butir dikatakan valid (Hal)

22 2. uji Reliabilitas Koefesien reliabilitas alpha lebih besar dari alpha correctit NOVARIABEL KOEFISIEN RELIABILITAS (alpha) 1Pengaruh Strategi Belajar ( X 1 ) Penerapan Metode Kontekstual ( X2 ) Peningkatan Hasil Belajar ( Y )0.878

23 3. Analisis a. ( X 1 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap (Y) t hit 2,328 lebih besar dari t tabel 2,021 ho ditolak h a diterima b. ( X 2 ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap (Y) t hit 2,770 lbih bsar t tabel 2,021 c. ( X 1 ) dan ( X 2 ) dapat meningkatkan hasil belajar F hit 29,352 lebih besar F tabel 3,25 ho ditolak h a diterima

24 Kesimpulan dan Saran A. Kesimpulan 1. Pada penelitian ini ternyata variabel strategi belajar memiliki pengaruh yang kuat terhadap peningkatan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Al Azhar Kelapa Gading 2. Penerapan Metode Kontekstual mempunyai pengaruh yang berkategori kuat terhadap peningkatan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Al Azhar Kelapa Gading 3. Korelasi berganda antara variabel strategi belajar dan penerapan metode kontekstual berkategori kuat terhadap peningkatan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Al Azhar Kelapa Gading

25 B. Saran 1.Diharapkan agar guru dapat memberikan strategi belajar yang baik dengan perencanaan yang matang agar siswa tidak merasa jenuh. 2.Metode konstektual yang diberikan guru kepada siswa masih kurang sehingga kepala sekolah perlu memberikan pelatihan dan seminar kepada gurunya agar hasil belajar siswa tercapai. 3. Diharapkan agar guru membuat strategi belajar dan menerapkan metode kontekstual sehingga para siswa akan selalu termotivasi dalam belajar dengan baik guna meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih baik pula.

26 Alhamdulillah, terimakasih ! Wassalam

27

28

29

30

31


Download ppt "Judul Pengaruh Strategi Belajar dan Penerapan Metode Kontekstual terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Kelapa Gading."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google