Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Jan Feb Mar 2011 Pedoman Pendalaman Alkitab Jan Feb Mar 2011 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pelajaran 9 HargaDiri

4 Kata-kata Pembuka Satu-satunya cara di mana manusia dapat mengetahui nilai dirinya yang sebenarnya ialah dengan melihat diri sendiri dari sudut pandang Allah. Allah telah memberikan harga yang sangat tinggi bagi kita: yaitu darah anak- Nya.

5 Pengantar: Berkurangnya harga diri adalah merupakan penyakit modern Berkurangnya harga diri adalah merupakan penyakit modern Rendahnya harga diri dapat merusakkan hubungan dan menurunkan daya hidup Rendahnya harga diri dapat merusakkan hubungan dan menurunkan daya hidup

6 Ayat Hafalan Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan- perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan- perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib (1 Petrus 2:9)

7 Alkitab menambahkan 2 komponen untuk dapat menilai harga diri manusia dengan benar, yakni:Alkitab menambahkan 2 komponen untuk dapat menilai harga diri manusia dengan benar, yakni: 1. Dari mana asal manusia 2. Apa yang Allah anugerahkan dan pikirkan pada setiap manusia Dengan menambahkan ke 2 komponen ini, maka pemahaman kita mengenai harga diri akan banyak berubah.Dengan menambahkan ke 2 komponen ini, maka pemahaman kita mengenai harga diri akan banyak berubah.

8 Black Harga Diri Sekilas Pandang 1. Harga Diri: Asal Usul Manusia. (Kejadian 1:26,27; Mazmur 8:5; 100:3; Kisah 17:24-28) 2. Harga Diri: Pandangan Diri Sendiri; Pandangan Orang Lain; Pandangan Allah (Matius 22:39; 1 Samuel 16:7; Galatia 3:28; Lukas 15) 3. Harga Diri: Manusia Baru (Efesus 4:23-32)

9 Black Harga Diri 1. Harga Diri: Asal Usul Manusia. (Kejadian 1:26,27; Mazmur 8:5; 100:3; Kisah 17:24-28)

10 Dua Pandangan Mengenai Asal Usul Manusia AlkitabIlmu Pengetahuan Modern Manusia sbg hasil dari perubahan yg murni, hasil dari kecelakaan kosmik, keberadaannya tidak direncanakan (EVOLUSI) Manusia adalah ciptaan Allah. Manusia diciptakan sesuai dengan gambar Allah

11 Sebagai Ciptaan Allah, Seberapa Istimewakah Manusia Itu? Baca Mazmur 8: Manusia dibuat hampir sama dengan Allah 2.Dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat 3.Berkuasa atas semua ciptaan Allah

12 PG SSD, hlm 102 “… Allah telah memilih untuk membagikan gambar-Nya pada keluarga manusia… kebanyakan gambar tersebut telah rusak dan hilang oleh dosa, namun cap itu masih terus ada di dalam setiap orang, dan gambar yang hilang itu bisa dipulihkan secara progresif oleh kuasa Roh Kudus, yang bekerja dalam hati mereka yang berserah kepada Kristus.”

13 Black Harga Diri 2. Harga Diri: Pandangan Diri Sendiri; Pandangan Orang Lain; Pandangan Allah (Matius 22:39; 1 Samuel 16:7; Galatia 3:28; Lukas 15)

14 Pandangan Diri Sendiri Mengenai Harga Diri 2 Cara Manusia Menilai Dirinya sendiri: 1. Merasa rendah diri 2. Merasa diri hebat (memberikan penilaian yang (memberikan penilaian yang terlalu tinggi terhadap dirinya terlalu tinggi terhadap dirinya sendiri) sendiri)

15 Salah menilai diri sendiri akan menuntun kepada kesalahan dalam menilai orang lain Alkitab melarang kita untuk “menghakimi” orang lain.

16 Bagaimanakah Seharusnya Cara Yang Benar Untuk Menilai Diri Kita Sendiri? Baca Matius 22:39; Roma 12:3-8 1.Jangan menilai diri anda terlalu rendah (rendah diri), atau sebaliknya menilai diri terlalu tinggi (sombong) 2.Hargai diri anda, sebab anda adalah ciptaan Allah yang unik 3.Menyadari bahwa masing-masing kita punya plus dan minus 4.Hargailah masukan dari orang lain mengenai diri anda 5.Terimalah diri anda dan segala sesuatu yang anda miliki sebagai suatu karunia yang paling berharga dari Allah

17 Pandangan Orang Lain Mengenai Harga Diri Kita Apakah Kecenderungan Orang Dalam Menilai Orang Lain? Baca 1 Samuel 16:7Apakah Kecenderungan Orang Dalam Menilai Orang Lain? Baca 1 Samuel 16:7 Manusia cenderung hanya melihat penampilan luar saja. Sifat-sifat seperti kejujuran, kebaikan, penguasaan diri, keteguhan dalam prinsip cenderung menempati urutan kedua.

18 FAKTA: Selalu ada nilai lebih dalam diri setiap orang dibanding apa yang hanya dapat dilihat oleh mata

19 Gantinya Memiliki Prasangka Buruk terhadap Orang Lain, Apakah yang Seharusnya Kita Buat? Baca Gal 3:28 Kita semua satu di dalam Kristus (tidak ada perbedaan ras/diskriminasi), oleh sebab itu: 1.Kita harus berusaha membangun satu sama lain 2.Kita harus saling mendukung 3.Kita harus saling menghibur

20 Pandangan Allah Mengenai Harga Diri Kita Injil Lukas 15 memberikan gambaran kepada kita bagaimana Allah memandang diri kita sebagai satu oknum yang sangat bernilai. Hal ini digambarkan Alkitab melalui 3 perumpamaan yakni: a.tentang domba yang hilang b.tentang mata uang yang hilang c.tentang anak yang hilang

21 Bagaimana Berharganyakah Kita Dalam Pandangan Allah? Baca Lukas 15 1.Allah begitu mengasihi kita, terlepas dari seberapa besar kesalahan kita 2.Allah begitu perduli kepada kita 3.Allah selalu siap mendengar seruan kita 4.Kristus telah mati untuk menebus kita

22 PG SSD hlm 105 “… contoh yang paling besar dari harga diri di pemandangan Allah adalah Salib…Salib menceritakan pada kita bahwa apapun yang orang lain dan masyarakat pikirkan tentang kita, kita lebih bernilai di hadapan Pencipta alam semesta ini…”

23 Black Harga Diri 3. Harga Diri: Manusia Baru (Efesus 4:23-32)

24 Apakah yang Dimaksud dengan Manusia Baru? Baca Efesus 4:23,24 Manusia baru bukan hanya merupakan penampilan fisik yang baru, tetapi penampilan kharakter yang baru yang penuh dengan buah-buah keberhasilan

25 Manusia Baru adalah orang yang… 1.Benar 2.Bersatu 3.Jujur 4.Rajin 5.Perkataannya sehat 6.Baik 7.Suka mengampuni

26 Apa Nasehat Ellen G. White Kepada Seorang Manusia Baru? “… dengan pertolongan kasih karunia Allah kita seharusnya mengubah setiap topik percakapan agar menjadi saluran berkat yang menguntungkan bagi orang lain.” Christ Object Lesson, hlm 337.

27 “…Satu jiwa lebih berharga daripada seluruh dunia ini. Sebab untuk satu jiwa Yesus telah melewati seluruh penderitaan di Kalvari agar seseorang bisa diselamatkan masuk dalam kerajaan-Nya.” Ellen G. White, The Review and Herald, 3 Mei 1892

28 Nasehat ! “Jika seseorang merasa tergoda untuk merasa rendah diri… mereka harus mengingat bahwa ada… satu perhatian khusus dari Allah … bagi mereka.”

29 Amaran ! Bahaya dalam menilai diri lebih tinggi dari apa yang Allah berikan pada kita adalah salah satu jenis kesombongan diri. Gantinya memfokuskan diri pada apa yang kita miliki bahkan talenta pemberian Allah sekalipun, Paulus mengajak agar kita berfikir dengan rendah hati, jangan hanya melihat perkara besar yang telah kita buat tetapi juga bagian-bagian dari kehidupan kita yang memerlukan sentuhan Ilahi.”

30 KESIMPULAN Konsep nilai diri bagi orang Kristen datang dari suatu kesadaran bahwa masing-masing kita diciptakan menurut peta Allah, atas seizin kita, diubahkan setiap hari menjadi lebih serupa dengan Kristus dan menjadi anggota tubuh-Nya yang penting.

31 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Manusia sangat berharga di mata dan pemandangan Allah, walaupun kadang kala manusia dan orang lain menganggap dirinya terlalu rendah atau terlalu tinggi Sebagai seorang Kristen saya harus menyadari bahwa semua manusia berharga di mata Allah dan Saya lemah dan egois Minggu ini saya akan berusaha untuk memandang diri saya dan orang lain seperti cara Allah memandang manusia dengan cara lebih menyerahkan diri kepada kendali Roh Allah melalui doa dan belajar Alkitab

32 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google