Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Evaluasi dan Laporan Hasil Penilaian Oleh Kelompok IX Nama : 1.Dearmawanto Saragih5114121002 2.Domu H Girsang5114121003 3.Lindung Silalahi5114121007 4.Virgo.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Evaluasi dan Laporan Hasil Penilaian Oleh Kelompok IX Nama : 1.Dearmawanto Saragih5114121002 2.Domu H Girsang5114121003 3.Lindung Silalahi5114121007 4.Virgo."— Transcript presentasi:

1

2 Evaluasi dan Laporan Hasil Penilaian Oleh Kelompok IX Nama : 1.Dearmawanto Saragih Domu H Girsang Lindung Silalahi Virgo Sitorus Johan Manullang Polmen Sinaga

3 A. REMEDIAL Remedial merupakan pengelompokkan siswa, khusus yang dipilih yang memerlukan pengajaran lebih pada mata pelajaran tertentu daripada siswa dalam kelas biasa.

4 Salah satu prinsip dalam pengajaran remedial yang perlu diketahui oleh para guru adalah bahwa siswa perlu memiliki pengalaman berhasil dalam proses pembelajaran. Dari kelebihan yang dimiliki, kemudian siswa dimotivasi untuk bisa berhasil dalam proses pembelajaran. Dari kelebihan yang dimiliki, kemudian siswa dimotivasi untuk bias berhasil dalam unit lainnya,

5 dengan menggunakan metode lain yang lebih tepat, misalnya problem solving, atau denagan metode belajar dari materi disekitar siswa (contextual learning), dengan memotivasi kemampuan siswa, diharapkan para guru dapat membangun keberhasilan siswa dalam unit-unit pembelajaran tertentu untuk kemudian digunakan sebagai langkah awal dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami.

6 Beberapa Faktor Penyebabnya Kegagalan Pencapaian Hasil Belajar Faktor Penyebab Internal : 1.Kesehatan 2.Problem Penyesuaian Diri

7 Faktor Penyebeb Eksternal  Lingkungan  Cara guru mengajar yang tidak baik  Orang Tua Siswa  Masyarakat Sekitar

8 PENGAYAAN Secara umum pengayaan dapat diartikan sebagai pengalaman atau kegiatan peserta didik yang melampaui persyaratan minimal yang ditentukan oleh kurikulum dan tidak semua peserta didik dapat melakukannya.

9 MEMBERIKAN PENGAJARAN RAMEDIAL Tingkat awal remedial adalah membangun kembali keyakinan dalam diri siswa. Remedial yang baik pada umumnya mempunyai semua atribut mengajar yang baik, ditambah dengan contoh soal yang bisa digunakan untuk lebih memahami dan menguasai materi pembelajaran. Materi pembelajaran yang memiliki nilai motivasi tinggi perlu selalu dicari untuk dikembangkan guna mengatasi permasalahan belajar.

10 PELAPORAN HASIL PENILAIAN Penilaian pada dasarnya bertujuan untuk mengetahui perkembangan hasil belajar siswa dan hasil mengajar guru. Informasi hasil belajar atau hasil mengajar berupa kompetensi dasar yang dikuasai dan yang belum dikuasasi oleh siswa. Hasil belajar siswa digunakan untuk memotivasi siswa, dan untuk perbaikan serta peningkatan kualitas pembelajaran oleh guru.

11 Pemanfaatan hasil belajar untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran harus didukung oleh siswa, guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa. Dukungan ini akan diperoleh apabila mereka memperoleh informasi hasil belajar yang lengkap dan akurat. Untuk itu diperlukan laporan perkembangan hasil belajar siswa untuk guru atau sekolah, untuk siswa, dan untuk orang tua siswa.

12 1. Laporan untuk Siswa dan Orang tua Laporan yang berisi catatan tentang siswa diusahakan selengkap mungkin agar dapat memberikan informasi yang lengkap. Akan tetapi, membuat laporan yang lengkap setiap saat merupakan beban yang berat bagi seorang guru. Oleh karena itu, pembuatan laporan dapat bersifat singkat, disesuaikan dengan kebutuhan.

13 2. Laporan untuk Sekolah Selain membuat laporan untuk siswa dan orang tua, guru juga harus membuat laporan untuk sekolah, sebagai lembaga yang bertanggung jawab terhadap berlangsungnya proses belajar-mengajar. Oleh karena itu pihak sekolah berkepentingan untuk mengetahui catatan perkembangan siswa yang ada di dalamnya. Dengan demikian hasil belajar siswa akan diperhatikan dan dipikirkan oleh pihak sekolah.

14 3. Laporan untuk Masyarakat Pada umumnya laporan untuk masyarakat berkaitan dengan jumlah lulusan sekolah. Setiap siswa yang telah lulus membawa bukti bahwa mereka memiliki suatu pengetahuan dan keterampilan tertentu. Namun pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa dari suatu sekolah tidaklah sama. Tingkat keberhasilan ini dinyatakan secara lengkap dalam laporan prestasi.

15 MANFAAT PELAPORAN HASIL PENILAIAN 1.Untuk Siswa 2.Untuk Orang Tua 3.Untuk Guru dan Kepala Sekolah

16 Sekian dan Terima Kasih


Download ppt "Evaluasi dan Laporan Hasil Penilaian Oleh Kelompok IX Nama : 1.Dearmawanto Saragih5114121002 2.Domu H Girsang5114121003 3.Lindung Silalahi5114121007 4.Virgo."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google