Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perumusan Masalah Pada Penelitian Perumusan Masalah Pada Penelitian By: Ir. Hasanuddin Sirait, MT. STMIK Parna Raya Manado METODE PENELITIAN METODE PENELITIAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perumusan Masalah Pada Penelitian Perumusan Masalah Pada Penelitian By: Ir. Hasanuddin Sirait, MT. STMIK Parna Raya Manado METODE PENELITIAN METODE PENELITIAN."— Transcript presentasi:

1 Perumusan Masalah Pada Penelitian Perumusan Masalah Pada Penelitian By: Ir. Hasanuddin Sirait, MT. STMIK Parna Raya Manado METODE PENELITIAN METODE PENELITIAN

2 Titik awal suatu penelitian. Pertanyaan-pertanyaan penting yang ingin dijawab dalam penelitian. Dirumuskan dari masalah yang sudah diidentifikasi, dipilih dan atau dibatasi. Titik acuan untuk: penyusunan tujuan, pengajuan hipotesis, analisis data, dan kesimpulan. Titik awal suatu penelitian. Pertanyaan-pertanyaan penting yang ingin dijawab dalam penelitian. Dirumuskan dari masalah yang sudah diidentifikasi, dipilih dan atau dibatasi. Titik acuan untuk: penyusunan tujuan, pengajuan hipotesis, analisis data, dan kesimpulan.

3 Tujuan Perumusan Masalah : Meletakkan dasar untuk memecahkan beberapa penemuan penelitian sebelumnya ataupun dasar untuk penelitian selanjutnya Untuk memudahkan pengajuan hipotesis, analisis data dan kesimpulan. Memenuhi keinginan sosial dan Disiplin Ilmu Meyediakan sesuatu yang bermanfaat Tujuan Perumusan Masalah : Meletakkan dasar untuk memecahkan beberapa penemuan penelitian sebelumnya ataupun dasar untuk penelitian selanjutnya Untuk memudahkan pengajuan hipotesis, analisis data dan kesimpulan. Memenuhi keinginan sosial dan Disiplin Ilmu Meyediakan sesuatu yang bermanfaat

4 Cara merumuskan masalah Dirumuskan dalam bentuk pertanyaan. Rumusan hendaknya jelas dan padat. Fokus pada variabel yang diteliti (baik dependent/independent variables). Rumusan masalah harus berisi implikasi adanya data untuk memecahkan masalah. Rumusan masalah dasar dalam membuat hipotesa.

5 Misalnya: Bagaimana Teknik Pengkoneksian dari MicroControler terhadap Handphone menggunakan SMS ke Handphone Lain dengan sistem Group? Bagaimana Sistem Koneksi program PHP terhadap beberapa database sistem akademik? Bagaimana Sistem Pengolahan Data Pembuatan Laporan dari Data Akademik seperti Data Dosen, Data Registrasi, Data KBM, Data Nilai, Data Lulusan dan data Keuangan?

6 1. Diidentifikasi 2. Dipilih/Dibatasi 3. Dirumuskan A. Latar Belakang B. Perumusan Masalah I. PENDAHULUAN PROPOSAL

7 Contoh Aplikasi 1. Masalah Riil: Misalkan Otomatisasi Sistem Informasi berbasis SMS Gate Way : Informasi langsung di kirim berbasis SMS ke Pemilik Rumah jika ada terdeteksi manusia yang datang.

8 Contoh Aplikasi 2. Identifikasi Masalah: (Mencari Penyebab Masalah) Faktor Sistem Koneksi MicroControler dengan HandPhone Sistem Pengiriman SMS Sistem Pendeteksian Manusia Menggunakan Sensor Sistem pengiriman ke Nomor HandPhone Group. Akibat seringnya Pencurian di rumah dan faktor lain. Faktor Sistem Koneksi MicroControler dengan HandPhone Sistem Pengiriman SMS Sistem Pendeteksian Manusia Menggunakan Sensor Sistem pengiriman ke Nomor HandPhone Group. Akibat seringnya Pencurian di rumah dan faktor lain. Pembatasan Masalah

9 Contoh Aplikasi Otomatisasi : - Sensor - MicroControler - HandPhone - Nomor Group - Rangkaian, dll. Otomatisasi : - Sensor - MicroControler - HandPhone - Nomor Group - Rangkaian, dll. Akan dicoba Sistem Pengkoneksian Berbasis SMS.

10 Contoh Aplikasi 3. Perumusan Masalah: 1.Bagaimana Teknik Pengkoneksian dari MicroControler terhadap Handphone menggunakan SMS ke Handphone Lain dengan sistem Group? 2.Bagaimana Sistem Pembagian Daya dari Tengangan? 3.Bagaimana Sistem Transmisi SMS dari HandPhone pengirim ke Handphone Penerima? 4.Bagaimana Sistem Pendeteksian oleh Sensor PIR? 1.Bagaimana Teknik Pengkoneksian dari MicroControler terhadap Handphone menggunakan SMS ke Handphone Lain dengan sistem Group? 2.Bagaimana Sistem Pembagian Daya dari Tengangan? 3.Bagaimana Sistem Transmisi SMS dari HandPhone pengirim ke Handphone Penerima? 4.Bagaimana Sistem Pendeteksian oleh Sensor PIR? (Masalah2 yang akan dijawab)

11 Judul : Bagian paling awal penelitian (Pintu Gerbang Penelitian). Disusun setelah ada pembatasan masalah Pernyataan : singkat (max. 20 kata), padat, jelas, mencerminkan variabel dan materi yang diteliti. Sebaiknya tidak diawalai dengan kata kerja: usaha meningkatkatkan…, usaha memperbaiki…., dll.

12 JUDUL MASALAH Identifikasi Masalah Rumusan Masalah Batasan Masalah I II III IV V

13 Contoh : dari maslah di atas, dapat dibuat judul: OTOMATISASI SISTEM INFORMASI BERBASIS SMS GATEWAY PADA RUMAH TINGGAL MENGGUNAKAN MICROCONTROLER AT98S51 Variabel Bebas Variabel Terikat Objek Penelitian Materi Penelitian

14 Tugas : Buat Bab 1 Proposal Dikumpul Minggu depan/Buat dalam bentuk makalah/jilid rapih Buat BAB 1 dari Judul Penelitian Anda -L-Latarbelakang Masalah -R-Rumusan Masalah -T-Tujuan Penelitian -K-Kegunaan Penelitian -B-Batasan Masalah Materi dapat di Download di : (Menu Materi Kuliah, Sub Materi METLIT)


Download ppt "Perumusan Masalah Pada Penelitian Perumusan Masalah Pada Penelitian By: Ir. Hasanuddin Sirait, MT. STMIK Parna Raya Manado METODE PENELITIAN METODE PENELITIAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google