Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 10 PERILAKU TERCELA MATERI EVALUASI HOME. A. Hasud Dengki bermakna rasa atau sikap tidak senang terhadap kenikmatan yang diperoleh orang lain dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 10 PERILAKU TERCELA MATERI EVALUASI HOME. A. Hasud Dengki bermakna rasa atau sikap tidak senang terhadap kenikmatan yang diperoleh orang lain dan."— Transcript presentasi:

1 BAB 10 PERILAKU TERCELA MATERI EVALUASI HOME

2 A. Hasud Dengki bermakna rasa atau sikap tidak senang terhadap kenikmatan yang diperoleh orang lain dan berusaha untuk menghilangkannya atau mencelakakan orang tersebut Hasud atau dengki berbeda pengertiannya dengan iri hati. Kerugian yang ditimbulkan oleh sikap hasud Dapat merusak iman orang yang hasud Dapat memutuskan hubungan persaudaraan dan menghapus segala kebaikan yang pernah dilakukan اِيَّاكُم وَالـحَسَدَ فَاِنَّ الـحَسَدَ يَأكُلُ الـحَسَنَاتِ كَمَا تَأكُلُ النَارُ الـحَطَبَ (رواه ابوداود) “Jagalah dirimu dari hasud karena sesungguhnya hasud itu memakan kebaikan-kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar” (H.R. Abu Dawud)

3 B. Riya’ Riya ialah memperlihatkan suatu ibadah dan amal saleh kepada orang lain bukan karena Allah Riya merupakan syirik kecil yang hukumnya haram dan harus dijauhi أَخوَفَ مَا أَخَافُ عَلَيكُمُ الشِركُ الاَصغَرُ فَسُئِلَ عَنهُ فَقَالَ الرِّيَآءُ (رواخ احمد) “Sesuatu yang sangat aku takutkan yang akan menimpa kamu ialah syirik kecil. Apa itu syirik kecil? Beliau menjawab: Riya’” (H.R. Ahmad)

4 C. Aniaya Aniaya artinya perbuatan bengis, penyiksaan atau zalim Aniaya berdasarkan sifatnya terbagi beberapa macam. Yaitu:  Aniaya terhadap Allah ta’âla dengan cara tidak mau melaksanakan perintah yang wajib dan meninggalkan larangan Allah yang haram  Aniaya terhadap sesama manujsia seperti: gibah (menggunjing), namimah (mengadu domba), fitnah, mencuri, merampok, melakukan penyiksaan dan melakukan pembunuhan  Aniaya terhadap binatang. Menjadikan sasaran latihan tembak  Aniaya terhadap diri sendiri. Membiarkan diri berada dalam situasi yang sama dari hari ke hari

5 D. Diskriminasi Diskiriminasi adalah pemisahan atau perbedaan. Diskriminasi bisa terjadi di lingkungan keluarga, masyarakat, dan kehidupan bernegara  Orangtua membeda-bedakan perlakuan terhadap anak-anaknya tidak pada tempatnya  Dikarenakan beda asal daerah ketua RT tidak mengundang pertemuan kepada suku yang berbeda dengannya  Pemerintah tidak melindungi warganya yang berasal dari golongan tertentu Diskriminasi perbuatan zalim dan tercela karena akan mendatangkan kerugian terhadap orang yang diperlakukan diskriminatif

6 CARA MENJAUHI SIKAP TERCELA  Berniat tidak ingin mendekati perbuatan tercela  Melakukan ibadah dengan khusyuk  Mensyukuri semua nikmat allah swt  Berdoa dan bertawakkal kepada allah swt  Mempererat tali persaudaraan BACK


Download ppt "BAB 10 PERILAKU TERCELA MATERI EVALUASI HOME. A. Hasud Dengki bermakna rasa atau sikap tidak senang terhadap kenikmatan yang diperoleh orang lain dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google