Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JIWA LEBIH TENANG DENGAN BANYAK MELAKUKAN SUJUD JIWA LEBIH TENANG DENGAN BANYAK MELAKUKAN SUJUD.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JIWA LEBIH TENANG DENGAN BANYAK MELAKUKAN SUJUD JIWA LEBIH TENANG DENGAN BANYAK MELAKUKAN SUJUD."— Transcript presentasi:

1 JIWA LEBIH TENANG DENGAN BANYAK MELAKUKAN SUJUD JIWA LEBIH TENANG DENGAN BANYAK MELAKUKAN SUJUD

2 SUJUD SUJUD SYUKUR SUJUD TILAWAH KETENTUAN DAN DALIL TATA CARA SUJUD SAHWI DILAKSANAKAN DAN DIBIASAKAN SEMAKIN DEKAT DENGAN ALLAH MENINGKATKAN RASA SYUKUR KEPADA ALLAH MEMBIASAKAN DIRI UNTUK RENDAH HATI MENJAUHKAN DIRI DARI PRILAKU SOMBONG MENUMBUHKAN PERASAAN TENANG DAN PD SEMAKIN DEKAT DENGAN ALLAH MENINGKATKAN RASA SYUKUR KEPADA ALLAH MEMBIASAKAN DIRI UNTUK RENDAH HATI MENJAUHKAN DIRI DARI PRILAKU SOMBONG MENUMBUHKAN PERASAAN TENANG DAN PD SIKAP MULIA HIKMAH SEBAB

3 Sujud merupakan satu bentuk kepasrahan dan penghambaan diri kepada Allah Swt. Hanya kepada Allah sajalah manusia itu boleh bersujud. Adapun kepada sesama manusia kita diperintahkan untuk saling menghormati saja. Pada saat kita sujud maka dahi, telapak tangan, kaki, dan lutut semua menempel ke tanah (alas sujud). Inilah posisi paling ideal sebagai bentuk kepasrahan, ketundukan, dan kepatuhan total kepada Allah Swt. APA ITU SUJUD ????

4 SUJUD SYUKUR

5 Syukur artinya berterima kasih kepada Allah Swt. Sujud syukur ialah sujud yang dilakukan ketika seseorang memperoleh kenikmatan dari Allah atau telah terhindar dari bahaya. Untuk mengungkapkan syukur seringnya kita hanya dengan mengucapkan kata “alhamdulillah”. Ternyata, di samping dengan menguncapkan hamdalah, kita juga diajarkan cara lain untuk mengungkapkan INGATINGAT I N G A T Ketika melakukan sujud syukur, ekspresi syukur itu tidak hanya terucap dalam lisan saja, namun juga dalam bentuk tindakan berupa sujud.

6 Dasar Hukum Sujud Syukur Dasar Hukum Sujud Syukur “Dari Abu Bakrah, “Sesungguhnya apabila datang kepada Nabi saw. Sesuatu yang menggembirakan atau kabar suka, beliau langsung sujud bersyukur kepada Allah.” (H.R. Abu Dawud dan Tirmizi). “Dari Abu Bakrah, “Sesungguhnya apabila datang kepada Nabi saw. Sesuatu yang menggembirakan atau kabar suka, beliau langsung sujud bersyukur kepada Allah.” (H.R. Abu Dawud dan Tirmizi).

7 SEBAB-SEBAB MELAKUKAN SUJUD SYUKUR Mendapatkan nikmat dari Allah Swt. Pak Hamdi baru selesai menunaikan ibadah Haji. Dia tiba kembali di tanah air. Sesaat setelah mendarat di bandara, Pak Hamdi melakukan sujud. Miftah yang ikut menjemput, saat itu melihat ayahnya melakukan sujud, dia kemudian bertanya, “Ayah, tadi melakukan sujud apa?” Pak Hamdi menjawab, “Itu namanya sujud syukur. Ayah Bersyukur telah diberi kekuatan dan kemudahan dalam menunaikan ibadah haji. Ayah juga bersyukur dapat tiba kembali di tanah air kita tercinta ini. Dan ayah bersyukur dapat bertemu kalian dalam keadaan sehat. “Wah, kalau begitu aku juga akan melakukan sujud syukur, Ayah.” Seru Hamdi. Ayahnya balik bertanya, “Adakah kabar gembira yang akan kamu sampaikan?” “Ya, Ayah. Alhamdulillah aku mendapat nilai bagus.” Pak Hamdi menjawab, “Alhamdulillah, sungguh besar nikmat Allah yang telah diberikan kepada keluarga kita.” Terhindar dari bahaya (kesusahan yang besar)

8 Tata Cara Melakukan Sujud Syukur Menghadap kiblat Duduk kembali Salam Sujud seperti sujud dalam śalat Niat untuk sujud syukur

9 HIKMAH SUJUD SYUKUR terhindar dari sifat sombong atau angkuh tersebut. Memperoleh kepuasan batin berkaitan dengan anugerah yang diterima Merasa dekat dengan AllahMemperoleh tambahan nikmat

10 THE END


Download ppt "JIWA LEBIH TENANG DENGAN BANYAK MELAKUKAN SUJUD JIWA LEBIH TENANG DENGAN BANYAK MELAKUKAN SUJUD."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google