Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

3 MACAM SUJUD - Sujud Sahwi - Sujud Tilawah - Sujud Syukur.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "3 MACAM SUJUD - Sujud Sahwi - Sujud Tilawah - Sujud Syukur."— Transcript presentasi:

1 3 MACAM SUJUD - Sujud Sahwi - Sujud Tilawah - Sujud Syukur

2 Apakah sujud itu ? Sujud adalah suatu gerakan di dalam shalat dimana jidat, kedua lutut, kedua telapak tangan dan ujung kedua jari kaki menempel pada alas shalat Sujud adalah suatu gerakan di dalam shalat dimana jidat, kedua lutut, kedua telapak tangan dan ujung kedua jari kaki menempel pada alas shalat

3

4

5

6 Gambar Orang Bersujud

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16 1. Sujud Sahwi

17 Sujud Sahwi Ulama sepakat seluruh mazhab sepakat bahwa yang meninggalkan, kelebihan salah satu kewajiban shalat dengan sengaja maka shalatnya menjadi BATAL Dan jika meninggalkan, kelebihan dan ragu-ragu karena LUPA menggantikannya dengan sujud sahwi

18 Pengertian Sujud Sahwi. Sujud sahwi ialah sujud dua kali yang dilakukan setelah membaca tasyahud akhir sebelum salam. Melakukan sujud sahwi hukumnya sunat bagi seseorang pada waktu salat, sebagaimana sabda Rasulullah saw.

19 Dalil Sujud Syahwi Artinya : “ Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi Muhammad saw. bersabda: Apabila salah seorang dari kamu ragu dalam salat, ia sudah mengerjakan tiga atau empat, maka hendaklah dihilangkannya keraguan itu, dan diteruskan salatnya menurut yang diyakini, kemudian hendaklah sujud dua kali sebelum salam, “ (HR. Ahmad dan Muslim )

20 Sebab-sebab melakukan sujud sahwi a. Apabila ragu-ragu terhadap bilangan rakaat yang telah dikerjakan. b.Kelebihan rakaat atau rukun dalam salat c.Apabila lupa tidak melakukan tasyahud awal atau tidak mengerjakan salah satu diantara sunat-sunat salat.

21 Tata Cara Melakukan Sujud Sahwi. a.Setelah membaca tasyahud akhir, kemudian sujud diiringi dengan takbir. Di dalam sujud, membaca sujud sahwi. b.Duduk seperti duduk antara dua sujud (tdk baca apapun) c.Sujud dan membaca sujud sahwi lagi d.Duduk lagi dan memberi salam.

22 “Maha Suci Allah yang tidak tidur dan tidak lupa” Bacaan Sujud Sahwi 1

23 Sujud sahwi itu adakalanya sebelum salam dan adakalanya sesudah salam. Adapun sujud sahwi yang dilakukan setelah salam ialah pada dua kondisi: - Apabila karena kelebihan (dalam pelaksanaan shalat). - Apabila karena ragu antara dua kemungkinan, tapi ada kecondongan pada salah satunya. Sedangkan sujud sahwi yang dilakukan sebelum salam, juga pada dua kondisi: - Apabila dikarenakan kurang (dalam pelaksanaan shalat). - Apabila dikarenakan ragu antara dua kemungkinan dan tidak merasa lebih berat kepada salah satunya.

24 2. SUJUD SYUKUR

25 Pengertian Sujud Syukur Sujud syukur ialah sujud yang dilakukan sebagai tanda terima kasih kepada Allah swt. atas karunia-Nya, berupa keberumtumgan, keberhasilan atau karena terhindar dari bahaya atau kesulitan. Sujud syukur hukumnya sunat.

26 Dasar Hukum sujud syukur Sesungguhnya Nabi Muhammad saw. apabila datang kepada beliau suatu hal yang menggembirakan atau kabar menyenangkan, beliau terus bersujud syukur, berterima kasih kepada Allah. ( H.R. Abu Dawud dan Tirmidzi )

27 Sujud syukur dilakukan sama seperti sujud tilawah, yaitu cukup sujud satu kalisaja. Adapun tata cara sujud syukur adalah sebagai berikut: a.Takbiratul ihram b.Sujud, lalu membacakan bacaan sujud syukur dan do’anya. c.Membaca Salam. Tata Cara Sujud Syukur

28 Bacaan Sujud Syukur: Bacaan sujud sukur adalah : “Subhaanallah Walhamdulillah Walaa Ilaaha Illallah Allahu Akbar” dibaca 10 x. Doa Sujud Syukur سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَااِلَهَ اِلَّااللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ. رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ

29

30 Pengertian Sujud Tilawah. Sujud tilawah ialah sujud yang dilakukan seseorang karena membaca atau mendengar bacaan Al Qu’an, yang ada (bertemu dengan ) ayat sajdah. Dalam Al Qur’an terdapat 15 tempat ayat sajdah yaitu :

31 Tempat-tempat ayat Sajdah a. Surat Al A’raf Ayat 105 i. Surat Maryam Ayat 58 b. Surat An-Naml Ayat 26 j. Surat Anjm Ayat 62 c. Surat Ar-Ra’du Ayat 15 k. Surat Al Hajj Ayat 18 d. Surat As-Sajdah Ayat 15l. Surat Al Insyiqaq Ayat 21 e. Surat An-Nahl Ayat 50 m. Surat Al Hajj Ayat 77 f. Surat Ashad Ayat 24 n. Surat Al ‘Alaq Ayat 19 g. Surat Al Isra’ Ayat 109 o. Surat Al Furqan Ayat 60 h. Surat Fushshilat Ayat 38

32 Tata Cara Melakukan Sujud Tilawah. Sujud tilawah dilakukan cukup satu kali saja dan dapat dilakukan pada waktu melaksanakan salat maupun di luar salat. Apabila dilakukan diluar salat, maka harus memenuhi rukun-rukunnya sebagai berikut : a. niat. b. takbiratul ihram c. sujud d. memberi salam sesudah duduk.

33 Bacaan Sujud Tilawah Bacaan sujud tilawah سَجَدَ وَجْهِيَ لِلَّذِى خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ فَتَبَارَكَ اللهُ اَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَ Artinya: “Bersujud wajahku kepada Tuhan yang menciptakannya, yang membelah pendengarannya dan penglihatannya, dengan Daya dan Kekuatan-Nya, Maha Agung Allah yang merupakan sebaik-baik pencipta”

34 Bagaimana jika lupa bacaannya? Adapun jika tidak ingin sujud, maka membaca “Subhaanallah Walhamdulillah Walaa Ilaaha Illallah Allahu Akbar” 3x. 2

35 HIKMAH SUJUD Manusia menyadari kekurangan dan kelemahannya sebagai manusia ciptaan Allah SWT. Dengan kekurangan dan kelemahan itu, seharusnya hidup di dunia ini tidak boleh sombong dan tidak pula angkuh Manusia harus selalu mensyukuri nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepada mereka baik yang tampak maupun yang tak nampak.

36 Wassalamualaikum wr. wb


Download ppt "3 MACAM SUJUD - Sujud Sahwi - Sujud Tilawah - Sujud Syukur."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google