Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Shalat adalah ibadah yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Shalat merupakan tiang agama dan orang yang mengerjakan shalat berarti ia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Shalat adalah ibadah yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Shalat merupakan tiang agama dan orang yang mengerjakan shalat berarti ia."— Transcript presentasi:

1

2

3 Shalat adalah ibadah yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Shalat merupakan tiang agama dan orang yang mengerjakan shalat berarti ia telah mendirikan agama. Shalat merupakan ibadah pertama yang akan diperhitungkan di hari kiamat bagi orang yang shalatnya baik maka baik pula semua amalnya.

4 Gerakan Dalam Shalat 1.Berdiri 2.Takbiratul Ihram 3.Berdiri bersedekap 4.Rukuk 5.Iktidal 6.Sujud 7.Duduk diantara dua sujud 8.Duduk tasyahud awal 9.Duduk tasyahud akhir 10.Salam

5 BERDIRI Berdiri dalam salat hukumnya wajib bagi yang mampu, yaitu berdiri tegak menghadap kiblat dan pandangan mata tertuju pada tempat kepala ketika sujud. Bagi yang sakit dan tidak bisa berdiri sama sekali diperbolehkan duduk atau berbaring

6 Takbiratul Ihram Gerakan takbiratul ihram yaitu mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu dan jari-jari sejajar dengan telinga. Telapak tangan diarahkan ke kiblat ketika takbiratul ihram dan membaca niat salat yang akan dilakukan.

7 Berdiri Bersedekap Gerakan berdiri bersedekap yaitu meletakkan kedua tangan di atas dada atau pusar. Tangan kanan menutup pergelangan tangan kiri, ketika berdiri sambil membaca doa iftitah dan surah al-fatihah kemudian dilanjutkan dengan membaca surah pendek dalam al qur’an yang hafal.

8 Rukuk Gerakan rukuk yaitu gerakan membungkuk badan dan tangan memegang lutut, pandangan mata tertuju ke tempat sujud.

9 Iktidal Gerakan iktidal yaitu bangun dari rukuk dengan berdiri tegak dan tangan diletakkan di samping

10 SUJUD Gerakan sujud yaitu menempelkan dahi kening, hidung, kedua telapak tangan, lutut dan jari kaki menyentuh lantai.

11 Duduk diantara dua sujud Gerakan duduk diantara dua sujud yakni duduk diatas telapak kaki kiri dan jari kaki kanan masih menyentuh lantai dan telapak tangan diletakkan diatas paha.

12 Duduk Tasyahud Awal Gerakan duduk tasyahud awal yaitu sama dengan duduk diantara dua sujud namun jari telunjuk tangan kanan ditunjukkan dan pandangan mata diarahkan ke ujung telunjuk kanan. Duduk tasyahud awal hanya ada pada salat zuhur, asar, mahrib dan isya

13 Duduk Tasyahud Akhir Gerakan duduk tasyahud akhir yaitu seperti duduk tasyahud awal bedanya pada tasyahud akhir telapak kaki kiri dimasukkan ke bawah kaki kanan, telapak kaki kanan menyentuh lantai

14 Salam Gerakan salam yaitu menoleh ke kanan sampai pipi kanan terlihat dari belakang sambil membaca salam dan menoleh ke kiri sampai pipi kiri terlihat dari belakang sambil membaca salam

15


Download ppt "Shalat adalah ibadah yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam. Shalat merupakan tiang agama dan orang yang mengerjakan shalat berarti ia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google