Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Jenis-jenis keputusan menurut Simon: 1.Keputusan terprogram: bersifat berulan dan rutin, sedemikian hingga suatu prosedur pasti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Jenis-jenis keputusan menurut Simon: 1.Keputusan terprogram: bersifat berulan dan rutin, sedemikian hingga suatu prosedur pasti."— Transcript presentasi:

1

2 SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Jenis-jenis keputusan menurut Simon: 1.Keputusan terprogram: bersifat berulan dan rutin, sedemikian hingga suatu prosedur pasti telah dibuat untuk menanganinya sehingga keputusan tersebut tidak perlu diperlakukan de novo (sesuatu yang baru) tiap kali terjadi. 2.Keputusan tak terprogram: bersifat baru, tidak terstruktur, dan jarang konsekuen. Tidak ada metode yang pasti untuk menangani masalah ini karena belum pernah ada sebelumnya, atau karena sifat dan struktur persisnya tak terlihat atau rumit, atau karena begitu pentingnya sehingga memerlukan perlakuan yang sangat khusus. Tahap-tahap Pengambilan Keputusan menurut Simon: 1.Kegiatan intelijen: mengamati lingkungan mencari kondisi-kondisi yang perlu diperbaiki. 2.Kegiatan merancang: Menemukan, mengembangkan dan menganalisis berbagai alternatif tindakan yang mungkin. 3.Kegiatan Memilih: memilih satu rangkaian tindakan tertentu dari beberapa yang tersedia. 4.Kegiatan Menelaah: menilai pilihan-pilihan yang lalu.

3

4 MATRIKS GORRY dan SCOTT MORTON

5 JENIS-JENIS DSS menurut ALTER

6 DSS berfokus pada masalah-masalah semi-terstruktur

7 Peran DSS dalam Pemecahan Masalah SIM sangat cocok untuk mengidentifikasi masalah dan membantu manajer memahaminya. DSS dapat memperluas dukungan ini melalui langkah-langkah selanjutnya dari proses pemecahan masalah. Kemampuan tambahan ini bukan karena peralatan yang digunakan, karena SIM dan DSS keduanya menggunakan peralatan-peralatan yang sama. Kenyataan bahwa DSS disesuaikan untuk kebutuhan-kebutuhan khusus manajer.

8 Sistem Pakar/ Expert System Model sistem pakar terdiri dari 4 bagian utama: 1.User interface: memungkinkan pemakai untuk berinteraksi dengan sistem pakar. 2.Knowledge Base: menyimpan akumulasi pengetahuan dari masalah tertentu yang akan diselesaikan. 3.Interference engine: menyediakan kemampuan penalaran yang menafsirkan isi knowledge base. 4.Development engine: pakar dan analis sistem menggunakan ini untuk menciptakan sistem pakar. Output sistem pakar: 1.Penjelasan dari pertanyaan 2.Penjelasan dari penyelesaian masalah Keuntungan sistem pakar: 1.Mempertimbangkan lebih banyak alternatif 2.Menerapkan logika yang lebih tinggi 3.Lebih banyak waktu untuk mengevaluasi hasil keputusan 4.Solusi yang lebih konsisten

9

10 Keuntungan sistem pakar bagi perusahaan: 1.Kinerja perusahaan yang lebih baik 2.Mempertahankan pengendalian atas pengetahuan perusahaan Kerugian sistem pakar: 1.Tidak dapat menangani pengetahuan yang tidak konsisten. Ini merupakan kerugian nyata karena dalam bisnis hanya sedikit yang tetap sepanjang waktu karena berubah-ubahnya kinerja manusia. 2.Tidak dapat menerapkan penilaian dan intuisi sebagai unsur penting dari pemecahan masalah


Download ppt "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN Jenis-jenis keputusan menurut Simon: 1.Keputusan terprogram: bersifat berulan dan rutin, sedemikian hingga suatu prosedur pasti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google