Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jenis Data & Distribusi. Z-skor Seandainya Anda memperoleh nilai 72 dalam UAS Statistika Sosial. Apakah nilai ini bisa dianggap baik, jika kita melihat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jenis Data & Distribusi. Z-skor Seandainya Anda memperoleh nilai 72 dalam UAS Statistika Sosial. Apakah nilai ini bisa dianggap baik, jika kita melihat."— Transcript presentasi:

1 Jenis Data & Distribusi

2 Z-skor Seandainya Anda memperoleh nilai 72 dalam UAS Statistika Sosial. Apakah nilai ini bisa dianggap baik, jika kita melihat distribusi nilai populasi di mana Anda berada ? – Jika rata-rata nilai kelas 70 & simpangan bakunya 4, maka posisi nilai Anda diantara nilai rata-rata dengan nilai rata-rata +1 simpangan baku. – Dengan kata lain nilai Anda tidak terlalu jauh di atas rata-rata

3 Definisi Z-skor Merupakan perbedaan antara raw score (skor asli) dengan rata-rata dengan menggunakan unit- unit simpangan baku, untuk mengukur perbedaan tersebut Rumus: µ = rata-rata populasi = simpangan baku populasi Pada contoh sebelumnya: Z-skor = (72-70)/4 = 2/4 = +1/2

4 Mengapa Z-skor penting ? Z-skor merupakan perhitungan yang sering dipakai karena rumus-rumus statistik parametrik diturunkan dengan menggunakan asumsi, bahwa distribusi suatu populasi berdistribusi normal Dengan demikian maka transformasi ke Z-skor merupakan cara sederhana dan baik untuk analisis parametrik

5 Contoh Soal Jika diketahui sebaran nilai statistik dari 1000 orang mahasiswa Universitas Padjadjaran dalam 5 tahun terakhir berdistribusi normal dengan nilai rata-rata 70 dan simpangan baku 10, maka hitunglah: – Jumlah mahasiswa yang mendapat nilai statistik antara 65 s/d 75 – Jumlah mahasiswa yang mendapat nilai lebih besar dari 80 – Dari 400 orang mahasiswa yang mendapat nilai tertinggi, berapakah nilai terendah dari mereka? – Dari 300 orang yang nilainya terendah, berapakah nilai tertinggi dari mereka?

6 Karena berdistribusi normal maka bentuk grafiknya sebagaimana disamping dengan nilai rata- rata dan sudah diketahui n mahasiswa = 1000 serta s baku = 10. Untuk menjawab pertanyaan diatas, dapat menggunakan bilangan z (z-score) yang dirumuskan dengan z i = (x i – x )/s dimana i = 1,2,3, …,n. Adapun dalam table z-score variable (data baru) dari z 1, z 2, z 3, …,z n rata-ratanya sama dengan 0 dan simpangan bakunya sama dengan 1.

7 PENYELESAIAN Cari Peluangnya dengan menggunakan Tabel Bilangan z Cari Nilai z-score dari Peluang yang ada, kemudian hitung batas nilainya!

8 JAWAB: Jumlah mahasiswa yang mendapat nilai statistik antara 65 s/d 75 adalah sama dengan Jumlah Peluang yang mendapat nilai 65 dari 1000 mahasiswa ditambah Jumlah Peluang yang mendapat nilai 75. Jadi, jumlah mahasiswa yang mendapat nilai statistik antara 65 s/d 75 adalah 383 orang.

9

10 Jumlah mahasiswa yang mendapat nilai lebih besar dari 80 adalah jumlah peluang yang dibatasi oleh nilai lebih besar dari (> 80): Atau dibulatkan menjadi 341 orang yang mendapatkan nilai > 80 (lihat model grafik diatas)

11

12 Dari Σ400 orang mahasiswa yang mendapat nilai tertinggi, dengan menggunakan table z-score dan perhitungan diatas, maka nilai tertendah dari mereka adalah Perhitungannya dari orang, maka peluangnya (lihat table z-score) mendekati dari 1000 populasi yang ada dan diketahui nilai z-nya = 1.28 Maka, jika z dirumuskan dengan z i = (x i – x)/s maka didapatkan x i – x = z dikali dengan s. (lihat cara hitung diatas)

13

14 Dari 300 orang yang nilainya terendah, untuk mengetahui nilai tertinggi dari mereka dapat menggunakan table z-score dan dari Σ300 orang, maka peluangnya (lihat table z-score) mendekati dari 1000 populasi yang ada dan diketahui nilai z-nya = Nilai (-) diberikan karena posisinya berada disebelah kiri dari nilai rata-rata (mean). Dengan demikian (lihat perhitungan diatas) maka dari 300 mahasiswa yang nilainya terendah, maka nilai tertinggi mereka adalah 61.6.

15

16 Apakah Distribusi Normal Itu ? Data populasi akan berdistribusi normal jika rata-rata nilainya sama dengan modusnya dan sama dengan nilai mediannya Ini berarti sebagian nilai (skor) mengumpul pada posisi tengah, sedangkan frekuensi skor yang rendah & tinggi menunjukkan kondisi yang semakin sedikit seimbang


Download ppt "Jenis Data & Distribusi. Z-skor Seandainya Anda memperoleh nilai 72 dalam UAS Statistika Sosial. Apakah nilai ini bisa dianggap baik, jika kita melihat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google