Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disusun Oleh : Aditia Cipta (0903015006) Aprian Mustofa (0903015023) Herdiansyah (0903015065) M.Enday D.Q (0903015089) M.Muharrom (0903015091) Tezza Resianto.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disusun Oleh : Aditia Cipta (0903015006) Aprian Mustofa (0903015023) Herdiansyah (0903015065) M.Enday D.Q (0903015089) M.Muharrom (0903015091) Tezza Resianto."— Transcript presentasi:

1 Disusun Oleh : Aditia Cipta ( ) Aprian Mustofa ( ) Herdiansyah ( ) M.Enday D.Q ( ) M.Muharrom ( ) Tezza Resianto ( )

2 Global Marketing Tujuan pemasaran adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, sedangkan tujuan bisnis adalah mendapatkan dan mempertahankan pelanggan untuk memperoleh keuntungan dengan pemenuhan kebutuhannya. Itu adalah prinsip dasar sebuah perniagaan. Bisnis ingin selalu berkembang, dengan melakukan penjualan sebanyak-banyaknya. Namun, produksi selalu diimbangi degan kebutuhan pasar, jika produksi melebihi kebutuhan pasar maka perusahaan tidak akan mendapatkan keuntungan tetapi malah sebaliknya. Oleh karena itu, perusahaan selalu mencari ladang baru untuk memasarkan produk mereka.

3 Tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan melebarkan sayapnya dengan menargetkan global market yang lebih luas. Alasan-alasan perusahaan melakukan ekspansi global biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya : Opertunistik perkembangan pasar global (diversifikasi pasar) Kepuasan pelanggan di luar negeri Mengejar diversifikasi geografis (iklim, topografi, ruang dan lain-lain) Pemanfaatan tingkat pertumbuhan ekonomi yang berbeda (skala dan ruang lingkup) Pemanfaatan perbedaan siklus hidup produk (teknologi) Mengejar pasar potensial di luar negeri Globalisasi untuk pertimbangan sikap Mengejar logika global atau imperatif (pasar baru dan keutungan) Persaingan pasar lokal yang terlalu kuat Untuk mencapai keberhasilan dalam global marketing, perusahaan perlu melakukan global market research dan menerapkan global marketing strategy yang tepat berdasarkan hasil penelitian yang akurat.

4 Global Market Research Global market research merupakan upaya terorganisir untuk mengumpulkan informasi global tetang pasar, kebutuhan pelanggan dan persaingan. Penelitian pasar global adalah komponen yang sangat penting dari strategi bisnis untuk memperluas upaya pemasaran perusahaan secara global. Riset pasar merupakan faktor kunci untuk mendapatkan keuntungan dan mengetahui tindak tanduk pesaing, sehingga perusahhan dapat mengantisipasihambatan-hambatab yang mungkin akan menerpanya. Riset pasar menyediakan informasi penting untuk mengidentifikasi dan menganalisa kebutuhan pasar, ukuran pasar dan persaingan Ada dua jenis utama dari riset pasar. Dibagi kedalam penelitian primer dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif dan penelitian sekunder.

5 Untuk memulai sebuah bisnis, khususnya global marketing, ada beberapa hal penting yang harus diketahui oleh perusahaan sebelum go internasional : Informasi Pasar Melalui informasi pasar, perusahaan dalam mengetahui harga komoditi yang berbeda di pasar serta situasi penawaran dan permintaan. Informasi tentang pasar dapat diperoleh dari sumber yang berbeda, varietas dan format, serta sumber dan varietas yang harus diperoleh untuk mebuat karya bisnis. Segmentasi Pasar Segmentasi pasar adalah pembagian pasar atau populasi ke dalam sub kelompok dengan motivasi yang sama. Hal ini banyak digunakan untuk segmentasi pada perbedaan geografis, kepribadian, demografi, technograpich, penggunaan perbedaan produk, perbedaan psikografis dan perbedaan gender. Tren Pasar Tren pasar adalah gerakan keatas atau kebawah dari pasar, selama jangka waktu tertentu. Ukuran pasar lebih sulit diperkirakan jika kondisi pasar relatif baru. Dalam hal ini, perusahaan harus memfokuskan pada jumlah dari pelanggan potensial, atau segmen pelanggan pada pasar global.

6 Salah satu bisnis yang saat ini sedang “naik daun” adalah bidang riset pemasaran (marketing research). Hal ini disebabkan keadaan pasar yang selalu dinamis menuntut para pelaku pasar untuk selalu melakukan riset. Dengan marketing research, kita dapat menyelidiki posisi merek kita di pasar, mengetahui selera atau kepuasan konsumen, ataupun mengurangi risiko kegagalan ketika mengeluarkan produk baru. Market Research terdahulu menyatakan bahwa tingkat pembelian tergantung dari household expenditures. Namun, sekarang hal tersebut tidak dapat menjadi patokan lagi. Semakin bervariasinya jenis produk dan tingkat kemampuan beli yang beragam dari para konsumen menjadikan riset pemasaran semakin diperlukan.

7 Menentukan global marketing strategy yang efektif telah menjadi fokus dari banyak perdebatan dan entri jurnal penelitian selama beberrapa dekade terakhir. Globalisasi menuntut perusahaanuntuk merespon dengan cepat dalam setiap perubahaan lingkungan, baik internal maupun eksternal. Upaya pemasaran pada skala global dilakukan melalui pendekatan berbagai strategi. Salah satu tantangan terbesar bagi perusahaan saat ini adalah kurangnya kesesuaian mendefinisikan global markketing strategy dan kurangnya kriteria terukur untuk penetuan keberhasilan (Kaustin, 1994) sehungga perusahaan kesulitan untuk menerapkan global marketing strategy yang tepat. Zou dan Cavusgil (2002) mencatat ada tiga perspektif dalam global marketing strategy, yakni : integrasi, konfigurasi-koordinasi, dan standardisasi. Namun, penelitian Karuppur (1994) tiga strategy dengan penggabungan terminolgi yang berbeda standardisasi, multi-domestik, dan berbagai strategi yang menggabungkan antara keduanya. Kaustin (1994) selanjutnya mebagi strategi pemasaran global kedalam dua pilihan : strategi pemasaran yang dimodifikasi dan strategi pemasaran produk standar. Global Marketing Strategy

8 Sebuah strategi pemasaran global yang standard, yang dianggap sebagai strategi yang paling berparuh (Zoundan Cavusgil, 2002; Karuppur, 19944), adalah salah satu yang menyediakan pendekatan standard untuk pemasaran, branding, dan pengembangan produk pada tingkat global. Diantaranya : Telah Global Marketing Strategy Terpadu Perusahaan seperti Coca-cola, memanfaatkan strategi ini, dimana sebagian unsur dan strategi pemasaran, seperti strategi komunikasi, harga dan distribusi, segmentasi dan positioning telah mengglobal. Unsur-unsur tertentu yang disesuaikan atau diterjemahkan untuk memenuhi perbbedaan budaya. Jenis strategi ini digunakan olelh perusahaan besar, dengan menerapkan kebuuhan dasar yang sama antara pasar domestik dan pasar internasional. Strategi Produk Global Perusahaan yang menggunakan strategi produk global telah mengglobalkan penawaran produk mereka. Ini berarti aspek-aspek kunci seperti kondisi penggunaan produk, fitur yang diharapkan, dan fungsi produk yang dibutuhkan, sebagian besar identik sehingga beberapa variasi atau perubahan yang diperlukan disesuaikan dengan global market. Strategi Pemasaran Komposit Global Dalam strategi ini, perusahaan menerapkan beberapa strategu global yang generik dan menjalankannya secara paralel. Ini berarti bahwa perusahaan mungkin mengikuti strategi merek global sekaligus menjalanakan merek lokal di daerah tertentu.

9 Kesimpulan dan Opini Dalam implementasinya, bukanlah perkara sederhana ketika perusahaan diharuskan untuk menerapkan keenam hal penting sebelumnya. Dari pejelasan ini dapat dipahami bahwa pemasaran merupakan hal yang krusial dalam suatu perusahaan karena didalamnya terdapat upaya agar produk yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan tersebut dapat diterima dan mendapat hati di para konsumennya. Pada dasarnya poin-poin penentu dalam pemasaran oleh perusahaan yang bergerak dalam lingkup nasional dan internasional tidak memiliki banyak perbedaan. Variabel- variabel yang memperngaruhi antara lain adalah strategi pemasaran, penetapan harga, pemilihan jalur distribusi, merk dagang, promosi dan kebijakan produk. Namun perbedaannya terletak pada ruang lingkup sasaran konsumen serta distribusi yang lebih luas sehingga dibutuhkan divisi pemasaran yang berpikir secara strategis yang mampu untuk mengkoordinasikan perlakukan faktor-faktor penting diatas ke dalam suatu strategi yang harus secara nyata dihidupi oleh perusahaan tersebut.


Download ppt "Disusun Oleh : Aditia Cipta (0903015006) Aprian Mustofa (0903015023) Herdiansyah (0903015065) M.Enday D.Q (0903015089) M.Muharrom (0903015091) Tezza Resianto."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google