Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MOTIVASI KERJA ISLAMI MOTIVASI KERJA ISLAMI KERJA SEMATA-MATA NIAT BERIBADAH BEKERJA MENCARI NAFKAH ADALAH HAL YANG ISTIMEWA DALAM PANDANGAN ISLAM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MOTIVASI KERJA ISLAMI MOTIVASI KERJA ISLAMI KERJA SEMATA-MATA NIAT BERIBADAH BEKERJA MENCARI NAFKAH ADALAH HAL YANG ISTIMEWA DALAM PANDANGAN ISLAM."— Transcript presentasi:

1

2 MOTIVASI KERJA ISLAMI

3 MOTIVASI KERJA ISLAMI KERJA SEMATA-MATA NIAT BERIBADAH BEKERJA MENCARI NAFKAH ADALAH HAL YANG ISTIMEWA DALAM PANDANGAN ISLAM

4 Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (professional atau ahli). Barangsiapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah Azza wajalla. (HR. Ahmad)

5 Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya ketrampilan kedua tangannya pada siang hari maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah. (HR. Ahmad)

6 Mencari rezeki yang halal adalah wajib sesudah menunaikan yang fardhu (seperti shalat, puasa, dll). (HR. Ath-Thabrani dan Al- Baihaqi)

7 KERJA SEBAGAI IBADAH 1.DI AWALI DENGAN NIAT KARENA ALLAH 2.DALAM BEKERJA TIDAK BETENTANNGAN DENGAN AJARAN ISLAM

8 LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MMUTU PENDIDIKAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM SEBAGIAN BESAR BELUM MENGGGEMBIRAKAN. ppendidikan Islam di tanah air sebagian besar berada dalam siklus negatif atau lingkaran setan permasalahan (not solvable problem). SSiswa sedikit dan bermutu rendah, fisik dan fasilitas minim, kualitas, profesionalisme dan gaji guru rendah, proses pembelajaran tidak efektif, kualitas out put rendah, kepercayaan masyarakat rendah dan seterusnya.

9 SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 effective school excellence school good school JIHAD

10 MAKNA JIHAD Usaha kerja keras lahir dan batin, penuh kesungguhan, pengorbanan, kepahlawanan, keteladan dan kepedulian dengan mobilisasi segala sumber daya untuk mencapai suatu cita-cita bersama, suci dan luhur. Jihad merupakan kata kunci ( key word ) untuk merubah kondisi pendidikan Islam dari tidak diminati menjadi berprestasi, dari tidak berkualitas menjadi berkualitas,dari tidak berdaya menjadi berdaya. Siklus negatif menjadi siklus yang positif

11 MAHATMA GANDI: 7 DOSA DI DUNIA (There are seven sins in the world) 1.Kaya tanpa kerja (Wealth without work) 2.Kesenangan tanpa kata/suara hati (Plesure without conscience) 3.Pengetahuan tanpa karakter (Knowledge without character) 4.Perdagangan tanpa moral (Commerce without morality) 5.Ilmu tanpa kemanusiaan (Science without humanity) 6.Ibadah tanpa pengorbanan (Worship without sacrifice) 7.Politik tanpa prinsip (Politics without principle)

12 DOA COPILOT HERYADI GUNAWAN Ya Allah Dzat yang jiwaku berada dalam genggaman-Mu, apabila Engkau akan memanggilku hari ini, saya ikhlas, saya pasrah, maafkanlah segala dosa saya, namun apabila ada jalan yang lebih baik dari itu, berilah kami yang terbaik”.

13 CONTOH RIIL TANGGUNG JAWAB PILOT (PEMIMPIN) Meminimalisasi jatuhnya korban (Minimalize victim) Orang terakhir keluar dari pesawat (The last people who out from the plane )

14 KESUKSESAN SEJATI Tidak cukup hanya mengandalkan profesionalitas tetapi harus dilandasi spiritualitas TAWAKAL = USAHA SUNGGUH2 + SELALU BERSANDAR YANG MAHA KUASA

15 NASEHAT LUQMANUL HAKIM KEPADA PUTRANYA “Wahai anakku, hidup ini bagaikan orang berlayar di samudra yang sangat luas. Kadang-kadang diterjang oleh badai topan yang dahsyat sehingga hidup ini terasa berat. Kadang-kadang diterpa oleh angin spoi- poi sehingga hidup ini terasa menyenangkan. Oleh karena itu, jadikanlah tawakal sebagai layarmu dan taqwa sebagai kemudimu, insya Allah engkau akan selamat”.

16 PENTINGNYA PERSIAPAN/BEKAL/KOMPETENSI Sedia payung sebelum hujan (Peribahasa) Lebih baik mandi keringat daripada mandi darah (Filosofi militer) The Sky is Avast Place but There is no Room for Error (Langit itu sangat luas tetapi tidak ada tempat untuk berbuat kesalahan).

17 PERANG BADAR Pasukan Nabi dan sahabatnya berjumlah sekitar 300 orang, sedangkan pasukan musuh berjumlah sekitar 1000 orang. Dari segi jumlah antara pasukan Nabi dengan pasukan lawan 1 (satu) berbanding 3 (tiga), suatu perbandingan jumlah yang tidak berimbang. Di samping jumlah pasukan lawan jauh lebih besar, ditambah lagi dengan persenjataan yang jauh lebih lengkap pula.

18 HASIL RISET TENTARA INGGRIS 1.Pasukan Nabi selalu rendah hati dan tidak sombong. 2.Pasukan Nabi selalu riang gembira dan optimis – Tawakal. 3.Adanya keharmonisan antara pemimpin dan yang dipimpin, Catatan: Ketiga temuan tersebut tidak didapatkan dalam perang Uhud

19 KEBIJAKAN HABIBI Menciptakan kapal terbang Menciptakan kapal laut

20 SASARAN IMPLEMENTASI 1.Mind set 2.Heart set 3.Action set

21 IMPLEMENTASI Competing on value Competing on process Competing on result

22 STRATEGI PENDEKATAN Low cost development Internal efficiency External support 12/15/2014Tim FKIP UNS21

23 ORGANISASI SISTEM YANG KUAT SDM YANG KUAT

24 PENDEKATAN KEPEMIMPINAN (Leadership Approach) Bagi orang yang belum memahami hukum, pendekatannya menekankan pada akhlak Bagi orang yang sudah memahami hukum pendekatannya menekankan pada ketegasan, antara lain dengan sanksi

25 MENSINERGIKAN POTENSI

26 PEMIMPIN ADALAH PELAYAN (Leader is Servant) Pemimpin suatu kaum adalah pengabdi (pelayan) mereka (HR. Abu Na’im).

27 BUDAYA KERJA 1.Penampilan menarik: wajah berseri-seri, selalu tersenyum, inner beauty 2.Komunikasi bagus: jelas, pesan tersampaikan dengan tepat, menyejukkan, memotivasi, dan memberikan inspirasi. 3.Kinerja sepenuh hati. 4.Pelayanan maksimal: peduli dan proaktif

28 PENAMPILAN MENARIK

29 PROFESI SEBUAH AMANAH

30 Amanah berarti kridibel, layak mendapat kepercayaan, mawas diri, dan memiliki inisiatif untuk melaksanakan tugas dengan semestinya. Amanah merupakan salah satu sifat yang paling penting dibicarakan para pakar manajemen, baik di barat maupun di Timur. Kata amanah sering dipakai lebih dari satu makna, diantaranya adalah sebagai berikut: 1.Perintah atau kewajiban ( Al Ahzab 72 ) “sesungguhnya kami telah mengemukakan amanah kepada langit, bumi dan gunung2, maka semuanya enggan untuk memikul amanah itu dan mereka khawatir akan menghianatinya, dan dipikullah amanah itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia amat dzalim dan bodoh” ( Al Ahzab 72 ) PROFESI SEBUAH AMANAH

31 2. Amanah moral ( Al Qashosh 27 ) Amanah bukan hanya dalam persoalan materi. Amanah bisa mencakup yang lebih luas dan misalnya tidak pelit dalam memberikan penghargaan dan pujian yang bercampur dengan rasa cinta dan perhatian kepada para pengikut. 3. Hati yang Hidup “ Hati yang hidup adalah hati yang menjaga hak hak Allah dan hak-hak manusia ”.( Al Ghazali )

32 4.Sempurna dalam pekerjaan “ Sesungguhnya Allah mencintai seorang hamba yang mengerjakan pekerjaannya dengan sempurna ”. ( HR.Al Baihaqi ) 5.Tidak mengeksploitasi jabatan, Siapapun tidak boleh memanfaatkan jabatan untuk kepentingan pribadi, keluarga, atau untuk menghalangi serta menghilangkan kepentingan masyarakat dan hak-haknya

33 6. Mengangkat yang terbaik “ Apabila perkara diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah terjadinya kiamat ” ( HR Bukhari ) “ Siapa saja yang mengangkat seseorang dari suatu kaum, padahal dalam kaum itu ada yang lebih diridhai oleh Allah dari pada ia, maka sungguh ia menghianati Allah, Rasul-Nya dan kaum mukminin ”. ( HR Al Haakim )

34 KINERJA SEPENUH HATI

35 KISAH 2 TUKANG KAYU Ada dua orang tukang kayu yang sudah tua dan sudah bekerja bertahun-tahun pada atasannya. Suatu hari, atasannya mengatakan bahwa ia akan pergi keluar kota selama tiga bulan, dan sebelum berangkat ia menugaskan mereka untuk membuat masing-masing sat buah rumah. Tukang kayu pertama bekerja sambil menggerutu dan asal-asalan. Merasa sudah banyak berjasa kepada perusahaan namun masih saja mendapat penugasan, ia lantas bekerja sekedarnya, memilih bahan bangunan yang buruk serta tidak rapi dalam finishing-nya (penyelesaiannya). Sebaliknya, tukang kayu kedua, ia bekerja giat penuh semangat, mengejakan rumah dengan spenuh hati. Tidak terasa, tiga bulan berlalu. Kedua rumah berhasil selesai dikerjakan, bersamaan saat atasannya kembali dari bepergian. Setelah beberapa lama melepas lelah, atasannya memanggil kedua tukangnya itu.

36 “Bapak-bapak, kalian adalah pekerja terbaikku yang sudah sangat lama bekerja di sini. Saya, selaku pimpinan, sangat berterima kasih atas dedikasi kalian yang luar biasa. Atas dedikasi tersebut, saya tidak bisa memberi banyak”. Atasannya lalu mengacungkan dua kunci pada kedua tukang itu. “Hanya kunci rumah ini yang bias saya berikan pada kalian. Saya persilahkan kalian menempati rumah yang telah kalian bangun sendiri selama saya bepergian” (Hery Wibowo, 2008: 74).

37

38

39

40 HIKMAH 1.Pentingnya pelayanan maksimal 2.Konsisten, kontinyu, dan sabar 3.Orang yang berjuang belum tentu mengenyam hasilnya. 4.Pentingnya menghormati dan melanjutkan pendahulu

41 RAHASIA KEBERHASILAN Pengamalan tauhid Non-dikotomi

42 PENGAMALAN TAUHID Hart (1995: 29): …..”Muhammadlah orang pertama dalam sejarah, berkat dorongan kuat kepercayaan kepada KE-ESA-AN Tuhan, pasukan Arab yang kecil itu sanggup melakukan serentetan penaklukan yang mencengangkan dalam sejarah manusia …..”

43 NON-DIKHOTOMI Muhammad bukan semata pemimpin agama tapi juga pemimpin duniawi. Fakta menunjukkan, selaku kekuatan pendorong terhadap gerak penaklukan yang dilakukan bangsa Arab, pengaruh kepemimpinan politiknya berada dalam posisi terdepan sepanjang waktu (Hart, 1995: 33). ….. Saya menilai adanya kombinasi tak terbandingkan antara segi agama dan segi duniawi yang melekat dalam diri Muhammad sehingga saya menganggap Muhammad dalam arti pribadi adalah manusia yang paling berpengaruh dalam sejarah manusia (Hart, 1995: 34)

44 NON-DIKHOTOMI Abul A‘la Al Maududi (1991: 43-44): Pembagian ilmu agama dan ilmu keduniaan itu terjadi berdasarkan suatu pemikiran yang sengaja memisahkan antara agama dan dunia. Pemikiran semacam itu benar-benar sangat bertentangan dengan agama Islam. Sebab agama menurut pandangan Islam tidak dapat dipisahkan dengan dunia …..

45 UPAYA MAJU KE DEPAN 1.Memiliki visi ke depan dan komitmen dalam mengimplementasi 2.Memiliki keunggulan dan kekhususan 3.Memiliki kecerdasan emosi dan spiritual yang mewarnai aktivitasnya 4.Melakukan yang terbaik untuk memajukan lembaga 5.Bekerja keras dengan penuh pengabdian

46 CLOSSING AND FINISHING Sebagian besar orang hanya siap menjabat tetapi tidak siap turun jabatan Bagaimana cara mensikapinya? Kegiatan apa yang perlu dilakukan?


Download ppt "MOTIVASI KERJA ISLAMI MOTIVASI KERJA ISLAMI KERJA SEMATA-MATA NIAT BERIBADAH BEKERJA MENCARI NAFKAH ADALAH HAL YANG ISTIMEWA DALAM PANDANGAN ISLAM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google