Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teknik Penulisan Tabel dan Gambar Prof. Urip Santoso.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teknik Penulisan Tabel dan Gambar Prof. Urip Santoso."— Transcript presentasi:

1 Teknik Penulisan Tabel dan Gambar Prof. Urip Santoso

2 Pendahuluan Mengapa perlu tabel atau gambar? Mempermudah penyajian; Gambar atau tabel?: sifat dan jenis data; mana yang lebih mudah menggambarkan temuan utama anda; data kompleks vs sederhana. Bisakah gambar dan sekaligus tabel ditampilkan untuk data yang sama?

3 Penulisan Tabel Tabel selalu ditulis dalam halaman terpisah dari teks. Tabel diberi nomor urut mengikuti angka arab. setiap tabel diketik dalam halaman terpisah. perhatikan dulu format yang ada pada contoh artikel terbaru. Umumnya garis horisontal sepanjang halaman yang diperbolehkan hanya tiga. Judul tabel merupakan kalimat pernyataan secara ringkas yang berdiri sendiri dan dapat menerangkan arti tabel. Judul tabel diletakkan di atas tabel dengan diawali huruf kapital tanpa diakhiri dengan tanda titik. Setiap tabel yang ada harus dirujuk atau dibahas di dalam kalimat. Catatan kaki pada tabel merupakan simbol non numerik seperti *, †, ‡.. Petunjuk catatan kaki diletakkan pada bagian tabel yang memerlukan informasi tambahan tersebut. Tabel biasanya dibaca dari atas ke bawah.

4 Teknik Penulisan Tabel Tentukan jumlah kolom dan baris yang dibutuhkan. Buka insert table dialog box dengan mengklim icon atau menggunakan table drop-down menu. Maka akan terdapat tampilan tentang jumlah kolom dan baris. Masukkan jumlah kolom dan baris dan pilih ”autofit to contents”. Tambahan baris dapat dengan mudah dilakukan dengan Table > Insert > Row Below, tetapi lebih sulit untuk menentukan kolom kemudian.

5 Tampilan Spanner head Stub head (↓)Column head Row head Sub head Row head

6 Contoh Tabel Table 1. Effects of fermented chub mackerel extract on activities of lipogenic related enzymes in the liver of diabetic rats. Enzymes0% FCME1% FCME2% FCME Acetyl-CoA carboxylase (nmol/min/mg protein Fatty acid synthetase (nmol/min/mg protein HMG-CoA reductase (pmol/min/mg protein Cholesterol 7  - hydroxylase (nmol/hr/mg protein ** * ** * * ** 1 Mean + SD for 7 rats. *Significantly different (p<0.05) from the control group. ** Significantly different (p<0.01) from the control group.

7 Gambar Gambar selalu ditulis dalam halaman terpisah dari teks. Gambar diberi nomor urut mengikuti angka arab. Setiap gambar diketik dalam halaman terpisah. Perhatikan dulu format yang ada pada contoh artikel terbaru. Judul gambar dapat berupa satu kalimat atau lebih. Judul gambar diletakkan di bawah gambar dan diawali oleh huruf kapital serta diakhiri dengan tanda titik. Judul gambar biasanya ditulis terpisah dari gambar. Gambar biasanya dibaca dari bawah ke atas. Setiap gambar biasanya mempunyai simbol. Untuk itu, setiap simbol harus diberikan keterangan. Ukuran simbol dan keterangannya harus proporsional dengan ukuran gambar dan dapat dibaca dengan jelas. Setiap gambar yang terdapat dalam tulisan harus dirujuk di dalam teks.

8 Beberapa Catatan Pada umumnya gambar berupa hitam- putih. Gambar berwarna biasanya memerlukan tambahan biaya publikasi.


Download ppt "Teknik Penulisan Tabel dan Gambar Prof. Urip Santoso."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google