Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OLEH: BUDI LESTARI. 1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya 2. Memahami hubungan antara struktur.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OLEH: BUDI LESTARI. 1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya 2. Memahami hubungan antara struktur."— Transcript presentasi:

1 OLEH: BUDI LESTARI

2 1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya 2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya 3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya 4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup 5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya

3 6. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan 7. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan 8. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya 9. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup 10. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan 11. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan

4 DICIPTAKAN U KEPENTINGAN MANUSIA TANGGUNG JAWAB - PELESTARIAN MAKHLU K HIDUP ANIMALIA PLANTAE PROTISTA FUNGI MONERA

5

6  Allah SWT telah menciptakan segala sesuatu sesuai dengan fungsinya. Demikian juga dengan tumbuhan, semua struktur bagian tumbuhan sangat sesuai dengan fungsinya.  Tumbuhan :2 kelompok yaitu tumbuhan tingkat rendah dan tumbuhan tingkat tinggi lumut. Sedangkan tumbuhan tingkat tinggi dapat dicirikan dari morfologinya yang dapat dicirikan karena sudah memiliki akar, batang dan daun sejati, seperti tumbuhan Angiospermae atau Gymnospermae.

7  bagaimana air hujan dapat menyebabkan tumbuhan dapat tumbuh,  bagaimana dengan air hujan tumbuhan dapat tumbuh subur menghijau,  bagaimana dengan air hujan tersebut tumbuhan dapat berfotosintesis/ menghasilkan makanan/buah  Klasifikasi (monokotil: butir yang banyak, korma, anggur dan dikotil: zaitun, delima).  Kapan panen terbaik  Perubahan klorofil seiring umur buah

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17  Alat dan bahan: Lima buah tusuk gigi, secangkir air  Cara Kerja: 1. lipat kelima tusuk gigi menjadi dua bagian yang sama panjangnya sambil menjaga jangan sampai lipatan itu terputus, berbentuk V 2. Letakkan kelima tusuk gigi tsb pd permukaan halus dengan ujung-ujung patahan saling berimpit 3. Celupkan jari anda ke dalam air dan teteskan setetes air pada ujung-ujung tusuk gigi yang berimpit 4. Amati dengan baik apa yang terjadi pada tusuk gigi 5. Jelaskan apa yang terjadi!

18  Alat dan bahan: kertas dilipat seperti bunga, air, baskom  Cara kerja:  1. letakkan bunga kertas pada permukaan air  2. amati apa yang terjadi pada kertas tersebut  3. jelaskan apa yang terjadi

19  Alat dan bahan: fermipan, air hangat, gula pasir, beker glas, pengaduk, sedotan plastik, sumbat gabus berlubang  Cara kerja:  masukkan fermipan, gula, air hangat ke dalam labu erlenmeyer, tutup dengan sumbat gabus yang telah dilengkapi dengan sedotan plastik  Masukkan ujung sedotan ke dalam labu erlenmeyer yang lain yang telah diisi dengan air kapur  Amati apa yang terjadi!  Jelaskan apa yang tejadi!

20  Alat dan bahan: daun hijau atau belang putih, air panas, alkohol, iodium, pinset, beker glass besar dan kecil, lampu spiritus, kaki tiga dan kawat kasa  Larutkan klorofil daun dalam alkohol panas selama 20 menit. Penting! Alkohol mudah terbakar, bagaimana cara memanaskan alkohol supaya tidak terbakar?  Amati apa yang terjadi pada daun tersebut?  Perubahan apa yang terjadi pada alkohol?

21  Sediakan air mendidih, masukkan daun dg menggunakan pinset ke dalamnya. Cucilah.  Setelah itu masukkan ke dalam larutan iodium. Bentangkan dengan hati-hati  Amati apakah ada perbedaan antara daun yang berwarna putih dengan yang hijau?  Bagaimana warna pada masing-masing bagian daun tersebut?  Jelaskan apa yang terjadi!

22  Tujuan:  Mengetahui macam komponen penyusun ekosistem kebun/halaman madrasah  Mengetahui peran masing-masing organism dalam ekosistem tersebut  Membuat diagram rantai makanan dan jarring makanan  Alat dan bahan:  Kuadran/tali raffia

23  Siapkan semua alat yang dibutuhkan!  Buatlah sebuah bidang berukuran 1 m x 1 m di halaman/kebun, dengan menggunakan kuadran atau tali raffia!  Amati benda-benda apa saja yang terdapat di kuadran seluas 1m 2 tersebut!  Catat hasil pengamatan anda ke dalam table pengamatan yang anda buat sendiri!

24  Berdiskusilah dengan teman anda sehingga anda dapat menyimpulkan macam komponen ekosistem, jumlah populasi, dan peran masing- masing komponen yang ditemukan dalam ekosistem tersebut!  Cobalah buat rantai makanan dan jarring-jaring makanan berdasarkan hasil pengamatan anda!  Adakah anda temukan beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) pada hasil pengamatan anda? Berikan contohnya

25  PERAGAKAN BAGAIMANA ANDA MEMBELAJARKAN KONSEP PENCERNAAN PADA MANUSIA DENGAN MEMPERGUNAKAN MEDIA BERIKUT INI


Download ppt "OLEH: BUDI LESTARI. 1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya 2. Memahami hubungan antara struktur."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google