Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 3 SUKAHENING TASIKMALAYA UTIK, S.Pd.UTIK, S.Pd.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 3 SUKAHENING TASIKMALAYA UTIK, S.Pd.UTIK, S.Pd."— Transcript presentasi:

1

2 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 3 SUKAHENING TASIKMALAYA UTIK, S.Pd.UTIK, S.Pd. NIP NIP NUPTK NUPTK

3 Curriculum Vitae Nama : UTIK, S.Pd. N I P : NUPTK : GMP:GMP Bahasa Indonesia SMPN 3 Sukahening TTL : Tasikmalaya, 06 Juni 1962 Alamat : Kp. Sukamulya 04/04 Sundakerta Sukahening Tasikmalaya Telp :

4 Latar Belakang SSSSuasana belajar monoton, SSSSiswa belajar secara pasif, HHHHasil belajar masih banyak yang dibawah KKM, HHHHasil karya siswa tidak maksimal, JJJJumlah Siswa yang mengerjakan PR masih rendah.

5 Identifikasi Masalah  Nilai rata-rata ulangan Bahasa Indonesia siswa 48% masih di bawah KKM.  Siswa yang terlibat secara aktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih rendah sekitar 60%.  Siswa yang mengerjakan tugas rumah masih rendah sekitar 60%.

6 Rumusan Masalah  Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match bisa meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 3 Sukahening tahun pelajaran 2011/2012?;  Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match bisa meningkatkan Keaktifan Belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 3 Sukahening tahun pelajaran 2011/2012?;  Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match bisa meningkatkan jumlah siswa yang mengerjakan PR Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 3 Sukahening tahun pelajaran 2011/2012?.

7 Tujuan Penelitian Mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 3 Sukahening tahun pelajaran 2011/2012; Mengetahui peningkatan keaktifan belajar bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 3 Sukahening tahun pelajaran 2011/2012; Mengetahui peningkatan jumlah siswa yang mengerjakan PR bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 3 Sukahening tahun pelajaran 2011/2012.

8 Manfaat Penelitian Untuk Siswa; mampu menciptakan suasana belajar aktif dan menyenangkan, materi pembelajaran yang disampaikan lebih menarik perhatian siswa, dan memberikan pengalaman kepada siswa belajar aktif dan menyenangkan melalui pembelajaran kooperatif tipe Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Slogan. Untuk Guru; memberikan masukan dan pertimbangan lebih lanjut untuk menerapkan teknik pembelajaran kooperatif Make a Match, memberikan informasi untuk lebih lanjut menekankan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, dan sebagai pertimbangan dan pemasukan serta menumbuhkan motivasi untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Untuk Sekolah yaitu memberikan informasi bahwa teknik pembelajaran kooperatif Make a Match merupakan variasi pembelajaran yang menyenangkan, yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat meningkatkan mutu pendidikan sekolah. Untuk Pembelajaran dan Ilmu Pengetahuan yaitu memberikan masukan dalam inovasi dunia pendidikan tentang penggunaan strategi pembelajaran yang kreatif.

9 Kajian Pustaka Hasil Belajar Pembelajaran Slogan Bahasa Indonesia Pembelajaran Kooperatif Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match

10 Hasil Belajar Model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match bisa meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi slogan di kelas VIII-A SMP Negeri 3 Sukahening tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini bisa dilihat dari rata-rata nilai awal ulangan sebelum dilakukan penelitian sebesar 6,80 meningkat 0,92 poin menjadi 7,72 pada siklus 1 dan meningkat lagi 0,29 poin menjadi 8,01 pada siklus 2. Peningkatan nilai terjadi juga pada nilai rata- rata tugas siswa pada siklus 1 sebesar 7,34 meningkat 0,56 poin menjadi 7,90 pada siklus 2.

11 Hasil Belajar Prosentase nilai tugas siswa yang melampaui KKM pada awal sebelum implementasi pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match sebesar 48% meningkat 25% menjadi 73% pada siklus 1 dan meningkat lagi 8% menjadi 81% pada siklus 2. Peningkatan prosentase nilai ulangan siswa yang melampaui KKM pada siklus 1 sebesar 76% meningkat 8% menjadi 84% pada siklus 2.

12 Keaktifan Siswa Model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi Slogan di kelas VIII-A di SMP Negeri 3 Sukahening tahun pelajaran 2011/2012 dapat melibatkan siswa belajar aktif. Hal ini bisa dilihat dari prosentase siswa yang aktif pada pembelajaran sebelum implementasi pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match sebesar 56% meningkat 30% menjadi 86% pada siklus 1 pertemuan ke-1, meningkat lagi sebesar 6% menjadi 92% pada siklus 1 pertemuan 2. Peningkatan terjadi lagi sebesar 2% menjadi 94% pada siklus 2 pertemuan 1 dan meningkat lagi sebesar 4% menjadi 98% pada siklus 2.

13 Siswa yang Mengerjakan PR Dari grafik tersebut dapat dideskripsikan bahwa prosentase siswa yang mengerjakan Tugas/PR mengalami peningkatan hal ini dipengaruhi oleh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Peningkatan terlihat dari prosentase siswa yang mengerjakan PR pada awal sebelum implementasi pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match sebesar 60% meningkat 35% menjadi 95% pada siklus 1 dan meningkat lagi 5% menjadi 100% pada siklus kedua.

14 Kesimpulan Berdasarkan temuan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan jumlah keaktifan belajar siswa, serta meningkatkan jumlah siswa yang mengerjakan PR di kelas VIII-A SMP Negeri 3 Sukahening Kabupaten Tasikmalaya

15


Download ppt "IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 3 SUKAHENING TASIKMALAYA UTIK, S.Pd.UTIK, S.Pd."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google