Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU WORKSHOP PENYUSUNAN KARYA TULIS KEGIATAN 2: PEMAHAMAN KONSEP PENGEMBANGAN DIRI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU WORKSHOP PENYUSUNAN KARYA TULIS KEGIATAN 2: PEMAHAMAN KONSEP PENGEMBANGAN DIRI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR."— Transcript presentasi:

1 PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU WORKSHOP PENYUSUNAN KARYA TULIS KEGIATAN 2: PEMAHAMAN KONSEP PENGEMBANGAN DIRI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR 2013

2 KARYA INOVATIF PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN ALAT pelajaran/PERAGA/praktikum DAN KARYA SAINS/TEKNOLOGI (TEKNOLOGI TEPAT GUNA)

3 ALAT PELAJARAN

4 Definisi Alat pelajaran adalah alat yang digunakan untuk membantu kelancaran proses pembelajaran/ bimbingan pada khususnya dan proses pendidikan di sekolah pada umumnya.

5 Kriteria Berupa alat kelengkapan yang digunakan dalam pembelajaran/ bimbingan atau pen- didikan di sekolah. Pelaksanaan pembelajaran/bimbingan atau pendidikan di sekolah menjadi lebih mudah dan lebih efektif.

6 Jenis Alat Pelajaran  Alat bantu presentasi (contoh: papan tulis inovatif, proyektor sederhana dan sejenisnya)  Alat bantu olahraga (contoh: alat bantu loncat tinggi, alat bantu senam dan sejenisnya)  Alat bantu praktik (contoh: alat penepat pengeboran (jig), alat penjepit (fixtures), panel listrik, adjustable power suply dan sejenisnya)  Alat lain yang membantu kelancaran proses pembelajaran/bimbingan atau pendidikan di sekolah.

7 Ciri-ciri Alat Pelajaran yang sesuai bermanfaat untuk pelajaran/ bimbingan di sekolah (di dalam maupun di luar ruang kelas) ada unsur modifikasi/inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada di sekolah tersebut.

8 PAPAN TULIS GULUNG TANGKAI PEMUTAR ROL GULUNG LEMBAR TERPAL BERLAPIS RANGKA BESI

9 PROYEKTOR SLIDE

10 Alat pelajaran kategori kompleks Memiliki tingkat inovasi yang tinggi Pembuatannya memiliki tingkat kesulitan yang tinggi Memiliki konstruksi atau alur kerja yang rumit atau apabila berupa hasil modifikasi maka memiliki tingkat modifikasi yang tinggi Pembuatannya membutuhkan waktu relatif lama. Pembuatannya membutuhkan biaya tinggi

11 Alat pelajaran kategori sederhana  Memiliki tingkat inovasi yang rendah  Pembuatannya memiliki tingkat kesulitan yang rendah  Memiliki konstruksi atau alur kerja yang sederhana atau apabila berupa hasil modifikasi maka memiliki tingkat modifikasi yang rendah  Pembuatannya membutuhkan waktu relatif pendek  Pembuatannya membutuhkan biaya rendah

12 Bukti fisik Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat pelajaran yang dilengkapi dengan gambar/foto alat pelajaran tersebut dan lain-lain yang dianggap perlu. Lembar Pengesahan/Pernyataan dari Kepala Sekolah bahwa alat pelajaran tersebut dipergunakan di sekolah.

13 Pemberian angka kredit Kategori komplek : Diberikan angka kredit 2 Kategori sederrhana : Diberikan angka kredit 1 Angka kredit diberikan setiap kali dihasilkan dan dapat dilakukan oleh perorangan atau tim.

14 ALAT PERAGA

15 Definisi Alat peraga adalah alat yang digunakan untuk memperjelas konsep/ teori/ cara kerja tertentu yang dipergunakan dalam proses pembelajaran atau bimbingan.

16 Kriteria Berupa alat yang berfungsi untuk memperjelas konsep/ teori/ cara kerja tertentu yang dipergunakan dalam proses pembelajaran/ bimbingan. Pelaksanaan proses pembelajaran/ bimbingan menjadi lebih jelas dan lebih efektif.

17 Jenis alat peraga Poster/gambar untuk pelajaran Alat permainan pendidikan Model benda/barang atau alat tertentu Benda potongan (cutaway object) Film/video pelajaran Gambar animasi komputer

18 Ciri-ciri Alat Peraga yang sesuai memperjelas konsep/teori/cara kerja suatu alat ada unsur modifikasi/inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada di sekolah tersebut.

19 Alat peraga kategori kompleks Memiliki tingkat inovasi yang tinggi Pembuatannya memiliki tingkat kesulitan yang tinggi Memiliki konstruksi atau alur kerja yang rumit atau apabila berupa hasil modifikasi maka memiliki tingkat modifikasi yang tinggi Pembuatannya membutuhkan waktu relatif lama. Pembuatannya membutuhkan biaya tinggi

20 Alat peraga kategori sederhana  Memiliki tingkat inovasi yang rendah  Pembuatannya memiliki tingkat kesulitan yang rendah  Memiliki konstruksi atau alur kerja yang sederhana atau apabila berupa hasil modifikasi maka memiliki tingkat modifikasi yang rendah  Pembuatannya membutuhkan waktu relatif pendek  Pembuatannya membutuhkan biaya rendah

21 Bukti fisik Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat peraga yang dilengkapi dengan gambar/foto alat peraga tersebut dan lain-lain yang dianggap perlu. Lembar Pengesahan/Pernyataan dari Kepala Sekolah bahwa alat peraga tersebut dipergunakan di sekolah.

22 Pemberian angka kredit Kategori komplek : Diberikan angka kredit 2 Kategori sederrhana : Diberikan angka kredit 1 Angka kredit diberikan setiap kali dihasilkan dan dapat dilakukan oleh perorangan atau tim.

23 ALAT PRAKTIKUM

24 Definisi Alat praktikum adalah alat yang digunakan untuk praktikum sains, teknik, bahasa, ilmu sosial, humaniora dan keilmuan lainnya.

25 Kriteria Berupa alat praktikum yang dipergunakan dalam pembelajaran. Pelaksanaan praktikum menjadi lebih mudah dan lebih efektif.

26 Jenis alat praktikum Alat praktikum sains (fisika, kimia, biologi) Alat praktikum teknik (mesin, listrik, sipill, bahasa, ilmu sosial, humaniora dan lainnya.

27 Ciri-ciri Alat Praktikum yang sesuai dapat digunakan untuk praktikum di sekolah ada unsur modifikasi/inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada di sekolah tersebut.

28 CONTOH ALAT PRAKTIKUM Mikroskop dan teleskop sederhana Alat uji/pelatih kelincahan dalam olah raga Alat pengukur derajat keasaman (pH) Alat pengukur kekuatan magnit

29 Alat praktikum kategorikan kompleks Memiliki tingkat inovasi yang tinggi Pembuatannya memiliki tingkat kesulitan yang tinggi Memiliki konstruksi atau alur kerja yang rumit atau apabila berupa hasil modifikasi maka memiliki tingkat modifikasi yang tinggi Pembuatannya membutuhkan waktu relatif lama. Pembuatannya membutuhkan biaya tinggi

30 Alat praktium kategori sederhana  Memiliki tingkat inovasi yang rendah  Pembuatannya memiliki tingkat kesulitan yang rendah  Memiliki konstruksi atau alur kerja yang sederhana atau apabila berupa hasil modifikasi maka memiliki tingkat modifikasi yang rendah  Pembuatannya membutuhkan waktu relatif pendek  Pembuatannya membutuhkan biaya rendah

31 Bukti fisik Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat praktikum yang dilengkapi dengan gambar/foto alat praktikum tersebut dan lain-lain yang dianggap perlu. Lembar Pengesahan/Pernyataan dari Kepala Sekolah bahwa alat praktikum tersebut dipergunakan di sekolah

32 Pemberian angka kredit Kategori komplek : Diberikan angka kredit 4 Kategori sederrhana : Diberikan angka kredit 2 Angka kredit diberikan setiap kali dihasilkan dan dapat dilakukan oleh perorangan atau tim.

33 Format Laporan Pembuatan Alat Pelajaran/Peraga/Praktikum  Halaman judul, memuat jenis laporan (tuliskan Laporan Pembuatan Alat Pelajaran), nama alat pelajaran, nama pembuat, NIP dan Nama Sekolah.  Halaman pengesahan oleh kepala sekolah.  Halaman pernyataan dari pembuat bahwa alat pelajaran ini benar- benar asli hasil karyanya.  Kata pengantar pembuat.  Daftar isi laporan  Daftar gambar  Nama Alat  Tujuan  Manfaat  Rancangan/desain alat dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram alir serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan).  Prosedur pembuatan alat (dilengkapi dengan foto pembuatan  Penggunaan alat di sekolah (dilengkapi dengan foto penggunaan).

34 Langkah-langkah menilai Laporan Karya Inovatif Bacalah Laporan Pembuatan dan Penggunaan Alat Pelajaran/Alat Peraga/Alat Praktikum Lihat foto pembuatan dan penggunaan Simpulkan jenis karya inovatif (alat pelajaran/peraga/alat praktikum). Apabila sesuai dengan pedoman/ketentuan maka berikan nilai sesuai dengan angka kredit yang ditentukan

35 TEKNOLOGI TEPAT GUNA

36 Definisi  Teknologi tepat guna yang selanjutnya disebut karya sains/teknologi adalah karya hasil rancangan/ pengembangan/percobaan sains dan/atau teknologi yang dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan, sistem atau metodologi tertentu dan dimanfaatkan untuk pendidikan atau masyarakat sehingga pendidikan terbantu kelancarannya atau masyarakat terbantu kehidupannya.

37 Kriteria Berupa karya sains/teknologi yang digunakan di sekolah atau di masyarakat. Dengan karya sains/teknologi tersebut pelaksanaan pendidikan di sekolah tersebut menjadi lebih mudah atau dengan karya sains/ teknologi tersebut masyarakat terbantu kehidupannya.

38 Jenis karya sains/teknologi Media pembelajaran/bahan ajar interaktif berbasis komputer untuk setiap standar kompetensi atau beberapa kompetensi dasar Program aplikasi komputer untuk setiap aplikasi Alat/mesin yang bermanfaat untuk pendidikan atau masyarakat untuk setiap unit alat/mesin

39 Jenis karya sains/teknologi (lanjutan)  Bahan tertentu hasil penemuan baru atau hasil modifikasi tertentu untuk setiap jenis bahan  Konstruksi dengan bahan tertentu yang dirancang untuk keperluan bidang pendidikan atau kemasyarakatan untuk setiap konstruksi  Hasil eksperimen/percobaan sains/ teknologi untuk setiap hasil eksperimen  Hasil pengembangan metodologi pembelajaran/penilaian

40 Ciri-ciri Karya Sains/Teknologi yang sesuai bermanfaat untuk pendidikan di sekolah atau bermanfaat untuk menunjang kehidupan masyarakat. ada unsur modifikasi/inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada di sekolah atau di lingkungan masyarakat tersebut.

41 SISTEM TRANSMISI MESIN INDUSTRI TRANSMISI RANTAI TRANSMISI SABUK TRANSMISI RODA GIGI

42 Karya Sains/Teknologi kategori kompleks : Memiliki tingkat inovasi yang tinggi Pembuatannya memiliki tingkat kesulitan yang tinggi Memiliki konstruksi atau alur kerja yang rumit atau apabila berupa hasil modifikasi maka memiliki tingkat modifikasi yang tinggi Pembuatannya membutuhkan waktu relatif lama. Pembuatannya membutuhkan biaya tinggi

43 Karya Sains/Teknologi kategori sederhana :  Memiliki tingkat inovasi yang rendah  Pembuatannya memiliki tingkat kesulitan yang rendah  Memiliki konstruksi atau alur kerja yang sederhana atau apabila berupa hasil modifikasi maka memiliki tingkat modifikasi yang rendah  Pembuatannya membutuhkan waktu relatif pendek  Pembuatannya membutuhkan biaya rendah

44 Bukti fisik  Laporan cara pembuatan dan penggunaan alat/mesin, dilengkapi dengan gambar/foto karya teknologi tersebut dan lain-lain yang dianggap perlu.  Laporan cara pembuatan dan penggunaan media pembelajaran/bahan ajar interaktif berbasis komputer, dilengkapi dengan hasil pembuatan media pembelajaran/bahan ajar tersebut dalam cakram padat (compact disk/CD).

45 Bukti fisik (lanjutan) Laporan hasil eksperimen/percobaan sains/teknologi, dilengkapi dengan uraian persiapan, pelaksanaan dan hasil eksperimen/ percobaan, dan foto saat melakukan eksperimen. Lembar Pengesahan/Pernyataan dari Kepala Sekolah bahwa karya teknologi tersebut dipergunakan di sekolah atau di lingkungan masyarakat.

46 Pemberian angka kredit Kategori komplek : Diberikan angka kredit 4 Kategori sederrhana : Diberikan angka kredit 2 Angka kredit diberikan setiap kali dihasilkan dan dapat dilakukan oleh perorangan atau tim.

47 Format Laporan Karya Sains/Teknologi berupa Alat/Bahan/Konstruksi/Media Pembelajaran Berbasis Komputer  Halaman judul, memuat jenis laporan (tuliskan Laporan Pembuatan Karya Sains/Teknologi), nama karya, nama pembuat, NIP dan Nama Sekolah.  Halaman pengesahan oleh kepala sekolah.  Kata pengantar pembuat.  Daftar isi laporan  Daftar gambar  Nama Karya  Tujuan  Manfaat  Rancangan/desain karya dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram alir serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan).  Prosedur pembuatan karya (dilengkapi dengan foto pembuatan  Penggunaan karya (dilengkapi dengan foto penggunaan).

48 Format Laporan Penemuan Teknologi Tepat Guna berupa Eksperimen/ Percobaan Sains/Teknologi  Halaman judul, memuat jenis laporan (tuliskan Laporan Penemuan Teknologi Tepat Guna berupa Eksperimen/Percobaan Sains/Teknologi, nama/judul eksperimen/percobaan, nama peneliti, NIP dan Nama Sekolah.  Halaman pengesahan oleh kepala sekolah.  Kata pengantar pembuat.  Daftar isi laporan  Daftar gambar

49  BAB I : PENDAHULUAN  A. Latar Belakang  B. Tujuan  C. Manfaat  BAB II : LANDASAN TEORI  A. Teori Umum (sesuai dengan materi eksperimen)  B. Teori Teknis (sesuai dengan materi eksperimen)

50 BAB III : PROSEDUR DAN HASIL EKSPERIMEN A. Persiapan Eksperimen – 1. Obyek dan Variabel Eksperimen – 2. Alat dan Bahan yang Digunakan – 3. Langkah-langkah Penyiapan Eksperimen B. Pelaksanaan Eksperimen – 1. Langkah-langkah Eksperimen – 2. Hasil Eksperimen

51 BAB IV :SIMPULAN DAN SARAN A. Simpulan B. Saran DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN : A. Data rincian eksperimen B. Foto pelaksanaan eksperimen C. Bukti pendukung lainnya

52 Laporan Hasil Pengembangan Metodologi Pembelajaran/Penilaian Berupa Makalah/Buku Uraian Metodologi Pembelajaran/ Penilaian Metodologi yang dikembangkan bersifat inovasi (pengembangan dari yang sudah ada atau hal baru) Sudah diujicobakan/digunakan di sekolah Ada bukti uji coba/penggunaan berupa foto Disyahkan oleh kepala sekolah

53 Langkah-langkah menilai Laporan Karya Inovatif Bacalah Laporan Pembuatan dan Penggunaan Alat Pelajaran/Alat Peraga/Alat Praktikum Lihat foto pembuatan dan penggunaan Simpulkan jenis karya inovatif (alat pelajaran/peraga/alat praktikum). Apabila sesuai dengan pedoman/ketentuan maka berikan nilai sesuai dengan angka kredit yang ditentukan

54


Download ppt "PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU WORKSHOP PENYUSUNAN KARYA TULIS KEGIATAN 2: PEMAHAMAN KONSEP PENGEMBANGAN DIRI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google