Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS EKONOMI : NAMA: JANU EKA WISUDA NPM: 13210717 KELAS: 1EA21.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS EKONOMI : NAMA: JANU EKA WISUDA NPM: 13210717 KELAS: 1EA21."— Transcript presentasi:

1 TUGAS EKONOMI : NAMA: JANU EKA WISUDA NPM: KELAS: 1EA21

2 1. PENGERTIAN ILMU EKONOMI DITINJAU DARI BEBERAPA ASPEK a). Prinsip dan Ketentuan Ekonomi dan Bisnis Islami Ekonomi dan praktik bisnis islami berkaitan sangat erat dengan akidah dan ahlaq,mengindahkan perintah dan larangan Allah. penerapan ahlak sehingga terjalin hubungan harmonis dengan mitranhya yang pada gilirannya akan mengantarkan kepada lahirnya keuntungan bersama/umum, bukan sekedar keuntungan sepihak/pribadi.dan dinegara kita sudah menganut asas PANCASILA yang sudah menjadi dasar negara indonesia yang sangat tepat.. b) Sistem ekonomi pasar (Laissez-Faire Economy), merupakan sistem ekonomi yang berbasis pada kebebasan individu dan perusahaan dalam menentukan berbagai kegiatan ekonomi. C) Sistem ekonomi terpusat (sistem ekonomi sosialis ) atau disebut Command Economy, yaitu sistem ekonomi dimana pemerintah membuat semua kebijakan menyangkut produksi, distribusi, dan konsumsi. d) Sistem ekonomi campuran yaitu gabungan dari sistem ekonomi pasar dan sistem ekonomi terpusat. Dalam sistem ekonomi campuran, kebebasan individu dan perusahaan dalam menentukan kegiatan ekonomi masih diakui, tetapi pemerintah ikut campur dalam perekonomian sebagai stabilisator ekonomi dengan memberlakukan berbagai kebijakan fiskal dan moneter.

3 2. ASPEK KELANGKAAN DALAM ILMU EKONOMI Definisi kelangkaan merupakan Ketidakseimbangan antara proses dan hasil produksi dan pemakai/permintaan,tidak adanya siklus ekonomi yang berkesinambungan secara teratur. Aspek (Scarcity) contohnya : - Waktu dan tempat karena jumlahnya terbatas dan lebih sedikit dibandingkan yang membutuhkan maka barang itu menjadi bernilai ekonomis dalam segi kegunaan dan harga yang tinggi karena barang itu jumlahnya terbatas dan langka.

4 3. PERMASALAHAN EKONOMI MASALAH EKONOMI : SANGAT ERAT DALAM KAITANNYA DENGAN KEBUTUHAN, KELANGKAAN, DAN SISTEM EKONOMI. CONTOH DIAGRAM :

5 4. BIAYA OPORTUNITAS (OPPORTUNITY COST) Biaya: Opportunity Cost Pengorbanan yang dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari sebuah pilihan dalam aktivitas ekonomi disebut opportunity cost. Opportunity cost dari mengerjakan tugas ospek dengan sempurna adalah tidak dapat mengerjakan tugas kuliah dengan sempurna apabila keduanya simultan atau waktu membatasinya. Begitu pula untuk mendapatkan buku teks maka harus mengorbankan pulsa jika pendapatan membatasinya.

6 5. BARANG EKONOMI DAN BARANG BEBAS. A) Barang ekonomi yaitu : merupakan barang yang terbatas jumlahnya, dan langka dipasaran. B) Barang Bebas yaitu Merupakan barang yang tersedia di pasaran dalam jumlah yang melimpah/ banyak,dan dapat dicari dengan mudah/tidak langka.

7 6. PERANAN ASUMSI DALAM METODE ILMIAH. Asumsi dalam metode ilmiah dapat membantu menjawab masalah ekonomi. Seorang ekonom satu dengan yang lainnya dapat disinergikan untuk berfikir secara ilmiah dalam mencari permasalahan ekonomi. Permasalahan ekonomi tidak hanya dapat diselesaikan hanya dengan ekonomi saja, tetapi terkait dengan berbagai bidang ilmu yang lainnya.

8 7. MODEL EKONOMI SIKLUS AIR BERPUTAR(CIRCULLAR FLOW DIAGRAM) DIAGRAM SIKLUS AIR BERPUTAR

9 8. BATAS / KURVA KEMUNGKINAN PRODUKSI Kurva yang menunjukan batas maksimum dari tingkat produksi yang dapat dicapai oleh suatu masyarakat dengan menggunakan seluruh faktor produksi yang dimilikinya. CONTOH DIAGARAM :

10 TERIMA KASIH


Download ppt "TUGAS EKONOMI : NAMA: JANU EKA WISUDA NPM: 13210717 KELAS: 1EA21."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google