Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

2009 1 DOSEN PENGASUH JUMANI, S.Hut., M.P.. 2009 2 I. PENDAHULUAN Pengertian dan Perkembangan IPA Pengertian IPA H.W. Fowler mengatakan bahwa IPA adalah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "2009 1 DOSEN PENGASUH JUMANI, S.Hut., M.P.. 2009 2 I. PENDAHULUAN Pengertian dan Perkembangan IPA Pengertian IPA H.W. Fowler mengatakan bahwa IPA adalah."— Transcript presentasi:

1 DOSEN PENGASUH JUMANI, S.Hut., M.P.

2 I. PENDAHULUAN Pengertian dan Perkembangan IPA Pengertian IPA H.W. Fowler mengatakan bahwa IPA adalah ilmu yang sistematis dan dirumuskan, yang berhubungan dengan gejala-gejala kebendaan dan didasarkan terutama atas pengamatan dan induksi. Sedangkan Nokes di dalam bukunya “Science in Education” menyatakan bahwa IPA adalah pengetahuan teoritis yang diperoleh dengan metode khusus.

3 Teori harus sesuai : 1. Pengamatan (observasi) 2. Diuji berulang-ulang melalui percobaan- percobaan (eksperimen) 3. Teori berdasarkan hasil pengamatan. Contoh : 1. Maxwell tidak akan sampai menyusun teori gelombang elektromagnetik, kalau seandainya Faraday tidak berhasil dalam percobaan-percobaannya mengenai induksi elektromagnetik.

4 Planet Neptunus tidak akan diketemukan secara teoritis seandainya sebelumnya tidak ada pengamatan yang menyaksikan suatu keanehan dalam lintasan planet- planet lainnya. IPA adalah suatu pengetahuan teori yang diperoleh atau disusun dengan cara yang khas-khusus, yaitu melakukan observasi, eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori, eksperimentasi, observasi dan demikian seterusnya kait mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lainnya yang disebut dengan metode ilmiah.

5 Ilmu Alamiah Dasar I Langkah-langkah Metode Ilmiah : 1. Penemuan atau penentuan masalah secara sadar 2. Perumusan kerangka permasalahan 3. Pengajuan hipotesis 4. Deduksi dan hipotesis 5. Pengujian hipotesis 6. Penerimaan hipotesis menjadi teori ilmiah

6 6 Ilmu Alamiah Dasar atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk dimuka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. IAD hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.

7 2009 7


Download ppt "2009 1 DOSEN PENGASUH JUMANI, S.Hut., M.P.. 2009 2 I. PENDAHULUAN Pengertian dan Perkembangan IPA Pengertian IPA H.W. Fowler mengatakan bahwa IPA adalah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google