Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN KELAS/KELOMPOK SUMARYONO. PRINSIP DASAR DALAM MENGELOLA ORANG LAIN SETIAP ORANG ADALAH … SOSOK YANG LUAR BIASA SETIAP ORANG YANG DIKELOLA ADALAH…

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN KELAS/KELOMPOK SUMARYONO. PRINSIP DASAR DALAM MENGELOLA ORANG LAIN SETIAP ORANG ADALAH … SOSOK YANG LUAR BIASA SETIAP ORANG YANG DIKELOLA ADALAH…"— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN KELAS/KELOMPOK SUMARYONO

2 PRINSIP DASAR DALAM MENGELOLA ORANG LAIN SETIAP ORANG ADALAH … SOSOK YANG LUAR BIASA SETIAP ORANG YANG DIKELOLA ADALAH… ORANG-ORANG PENTING KENDALI DIRI MERUPAKAN KUNCI UTAMA SIAP PERUBAHAN MERUPAKAN KEHARUSAN CIPTAKAN SUASANA HATI POSITIF

3 MANAJEMEN KELAS/KELOMPOK SECARA EFEKTIF  Lakukanlah observasi dan pengenalan terhadap peserta  Buatlah pemetaan peserta  Ciptakan suasana positif (Afeksi Positif)  Senantiasa memberikan perhatian  Lepaskan diri dari prasangka  Bersikap profesional dan kredibel

4 MANAJEMEN KELAS/KELOMPOK SECARA EFEKTIF  Memberi kebebasan bagi ekspresi peserta  Mengelola pertanyaan dengan tepat  Menggunakan alat peraga dengan tepat  Mengatasi masalah dengan strategi  Menciptakan “energizer”

5 CARA MENGELOLA PESERTA SULIT PERILAKUSTRATEGI PENANGANAN Terlalu Cerewet“Hal yang menarik dari …., sekarang kita lihat pendapat kelompok” Senang BerdebatMencari sisi baiknya, kemukakan kesetujuan, dan kemudian beralih ke hal lain. Terlalu Cepat Menjawab Potong jawabannya dengan bijaksana dengan mengajukan pertanyaan kepada yang lain.

6 CARA MENGELOLA PESERTA SULIT PERILAKUSTRATEGI PENANGANAN Berbicara Tidak Jelas “Akan saya ulang pernyataan anda” (susun kembali dengan bahasa yang lebih mudah)” Suka MelanturSaat ybs berhenti tarik nafas, ucapkan terima kasih dan arahkan kembali. Berbicara Tidak Jelas “Akan saya ulang pernyataan anda” (susun kembali dengan bahasa yang lebih mudah)”

7 CARA MENGELOLA PESERTA SULIT PERILAKUSTRATEGI PENANGANAN Selalu Salah“Saya dapat mengerti pendapat anda” “Itu adalah salah cara memandang hal itu” Meminta PendapatBerusaha untuk tidak memecahkan persoalan “Pertama-tama mari kita tanyakan yang lain” Tidak Mau Berbicara Gugah minatnya dgn meminta pendapatnya Tanya teman sebelahnya, lalu pendapatnya

8 CARA MENGELOLA PESERTA SULIT PERILAKUSTRATEGI PENANGANAN Ketidaksesuaian Kepribadian Menggarisbawahi hal-hal yang disepakati. Arahkan pada tujuan/topik. Keras KepalaLemparkan pandangannya kepada kelompok. Minta ia menerima pandangan kelompok untuk sementara. Topik Salah“Sesuatu yang saya pernah katakan mungkin menyebabkan anda keluar dari topik. Inilah apa yang seharusnya kita bicarakan.”

9 CARA MENGELOLA PESERTA SULIT PERILAKUSTRATEGI PENANGANAN Tukang Mengeluh Katakan bahwa hal tersebut dapat dibicarakan secara pribadi. Waktu mendesak. Suka MengobrolPanggil seseorang dengan namanya, ajukanlah pertanyaan yang mudah. Panggil dengan namanya, ulangi pendapat terakhir & tanyakan bagaimana menurutnya.


Download ppt "MANAJEMEN KELAS/KELOMPOK SUMARYONO. PRINSIP DASAR DALAM MENGELOLA ORANG LAIN SETIAP ORANG ADALAH … SOSOK YANG LUAR BIASA SETIAP ORANG YANG DIKELOLA ADALAH…"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google