Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LAMARAN KERJA DAN WAWANCARA KERJA PERTEMUAN 10. Penulisan Lamaran Kerja Pendekatan AIDA dapat diterapkan dalam penulisan surat lamaran kerja, yaitu :

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LAMARAN KERJA DAN WAWANCARA KERJA PERTEMUAN 10. Penulisan Lamaran Kerja Pendekatan AIDA dapat diterapkan dalam penulisan surat lamaran kerja, yaitu :"— Transcript presentasi:

1 LAMARAN KERJA DAN WAWANCARA KERJA PERTEMUAN 10

2 Penulisan Lamaran Kerja Pendekatan AIDA dapat diterapkan dalam penulisan surat lamaran kerja, yaitu : Attention ( Perhatian ) Interest ( Minat) Desire ( Hasrat ) Action ( Tindakan )

3 Pengorganisasian Surat Lamaran Kerja Secara umum, pengorganisasian surat lamaran kerja terdiri dari tiga bagian utama, yaitu : 1.Paragraf Pembuka Rangkuman Nama Sumber Publikasi Pertanyaan Cuplikan Berita 2.Paragraf Pertengahan Pendidikan Pengalaman Kerja Sikap, Minat, Aktivitas, dan Kualitas 3.Paragraf Penutup Pelamar kerja dapat mengemukakan apa harapan dan tindakan yang diinginkan dalam menulis surat lamaran kerja.

4 Surat Penjualan Mencari Perhatian Perkenalkan Produk Berikan Bukti Dorong suatu Tindakan Surat Lamaran Kerja Mencari Perhatian Perkenalkan Kualifikasi Berikan Bukti Dorong Suatu Tindakan

5 Tips Untuk Pelamar Kerja Yang perlu diperhatikan : Harus mempunyai kualifikasi atau pengalaman kerja untuk posisi pekerjaan yang dikehendaki. Bangkitkan minat terhadap kuallifikasi yang dimiliki Tunjukkan hal-hal positif Usahan surat lamaran kerja rapi, bersih dan menarik Tulislah surat dari sudut pandang pembaca, bukan dari sudut pandang penulis Tekankan hal-hal yang membedakan dengan pelamar l ainnya

6 Tips Untuk Pelamar Kerja Yang harus dihindari : Jangan melamar pekerjaan di luar kemampuan anda Jangan mengirimkan surat lamaran kerja hasil fotocopy Jangan mengatakan bahwa anda menerima jenis pekerjaan apa saja. Hindari kata-kata yang berlebihan Jangan meminta belas kasihan terhadap perusahaan yang dilamar Hindari untuk mempermasalahkan gaji, kecuali ketika ditanyakan pada saat wawancara Jangan memberikan komentar langsung tentang karakter pribadi

7 Wawancara Kerja Pengertian Wawancara kerja (interview) merupakan salah satu cara yang sangat penting bagi suatu perusahaan dalam menyaring pelamar yang masuk. Wawancara bisa digunakan sebagai media oleh perusahaan dalam memilih calon yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi yang diharapkan.

8 Wawancara Kerja Aspek Kepribadian yang dinilai Dalam Wawancara Penampilan fisik Gerak gerik dan sopan santun Nada suara Rasa percaya diri Inisiatif Kebijaksanaan Tanggap dan kerja sama Ekspresi wajah Kemampuan berkomunikasi Sikap terhadap pekerjaan Selera humor

9 Persiapan Wawancara Kerja Yang harus dilakukan : Berdoalah menurut agama dan kepercayaan masing-masing Datang lebih awal dari yang ditentukan Bersikap yakin dan optimis Bersikap tenang Siapkan sertifikat, diploma, surat-surat penghargaan yang dimiliki Tersenyumlah secara wajar, tetapi jangan tersenyum terus-menerus Berpakaian yang rapi dan sopan Ketuk pintu sebelum memasuki ruangan wawancara Tunggu sampai anda dipersilahkan duduk, atau minta izin untuk duduk Ingat nama pewawancara dengan baik dan benar Tataplah pewawancara pada saat diwawancarai Tunjukkan kemampuan diri anda tapi jangan berlebihan Perhatikan dan pahami setiap pertanyaan yang ditanyakan pewawancara Bicaralah yang jelas dan tegas Atur nada suara dengan tepat Tunjukkan minat/ketertarikan anda pada perusahaan yang anda lamar Bersikaplah jujur dan langsung

10 Persiapan Wawancara Kerja Yang harus dihindari : Datang terlambat Keliatan kesal karena menunggu lama Datang ke wawancara kerja tanpa persiapan atau seadanya Berpenampilan berlebihan Membawa tas belanja atau sejenisnya dalam ruangan wawancara Mengajak teman atau keluarga saat wawancara Duduk sebelum dipersilahkan Meletakkan tas di meja wawancara Membungkuk atau menundukkan kepala Bertopang dagu Melipat tangan di muka dada Merokok atau mengulum permen saat diwawancarai Membuka/memulai percakapan wawancara Memotong pembicaraan saat diwawancarai Melebih-lebihkan diri Mengkritik atau menjelekkan atasan anda yang lama Menunjukkan kesan tidak sabar dan memberikan data yang tidak relevan

11 Pertanyaan Penting Dalam Wawancara Beberapa Contoh Pertanyaan Dalam wawancara Kerja ― Pekerjaan yang dilamar: Mengapa anda ingin berkerja di perusahaan tersebut? Jelaskan mengapa pengalaman kerja anda relevan dengan posisi yang anda lamar? Mengapa anda tertarik dengan jabatan atau posisi pekerjaan tersebut? Jika anda masih berkerja, mengapa anda ingin beralih pekerjaan? Apa yang anda ketahui tentang perusahaan tersebut?

12 Pertanyaan Penting Dalam Wawancara Beberapa Contoh Pertanyaan Dalam wawancara Kerja ― Pendidikan dan latihan: Mata kuliah apa yang paling anda sukai dan paling anda tidak sukai, mengapa? Apakah kuliah atau pelatihan ynag anda peroleh membantu pengembangan karir anda? Bagaimana pandangan anda tentang pendidikan yang anda peroleh di perguruan tinggi? Apakah anda merencanakan untuk melanjutkan studi?

13 Pertanyaan Penting Dalam Wawancara Beberapa Contoh Pertanyaan Dalam wawancara Kerja ― Latar belakang keluarga: Apakah pekerjaan orang tua anda? Apakah pendidikan terakhir orang tua? Bagaimana pendapat orang tua terhadap karir yang anda pilih? ― Kepribadian: Bagaimana anda menjelaskan diri anda sendiri? Apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan diri anda? Bagaimana anda menilai orang lain?

14 Pertanyaan Penting Dalam Wawancara Beberapa Contoh Pertanyaan Dalam wawancara Kerja ― Tujuan karir: Apa tujuan jangka panjang bagi karir anda? Bagaimana anda dapat mencapai tujuan tersebut? Mengapa anda merasa cocok dengan bidang anda sekarang? Apa posisi atau kedudukan yang anda harapkan untuk masa yang akan datang? ― Pekerjaan sebelumnya: Mengapa anda ingin meningggalkan pekerjaan lama? Coba anda ceritakan tugas dan tanggungjawab anda di perusahaan atau lembaga terdahulu? Apa pekerjaan yang paling menarik yang pernah anda lakukan? Apa pekerjaan yang paling tidak menarik yang pernah anda lakukan?


Download ppt "LAMARAN KERJA DAN WAWANCARA KERJA PERTEMUAN 10. Penulisan Lamaran Kerja Pendekatan AIDA dapat diterapkan dalam penulisan surat lamaran kerja, yaitu :"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google