Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 1. Arti sole proprietorship 2. Karakteristik sole proprietorship 3. Kelemahan dan keunggulan sole proprietorship 4. Ketepatan bentuk organisasi bisnis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 1. Arti sole proprietorship 2. Karakteristik sole proprietorship 3. Kelemahan dan keunggulan sole proprietorship 4. Ketepatan bentuk organisasi bisnis."— Transcript presentasi:

1 1 1. Arti sole proprietorship 2. Karakteristik sole proprietorship 3. Kelemahan dan keunggulan sole proprietorship 4. Ketepatan bentuk organisasi bisnis sole proprietorship

2 2 SOLE PROPRIETORSHIP “Sole” berarti tunggal dan “” berarti kepemilikan. “Sole” berarti tunggal dan “proprietorship” berarti kepemilikan. Bisnis yang dimiliki oleh satu orang saja. Disebut juga “sole trader”. Sebuah sole proprietor menghimpun dan mengorganisasi sumber dan dengan cara yang sistematik mengontrol aktivitas-aktivitasnya dengan tujuan mendapatkan laba

3 3 KARAKTERISTIK SOLE PROPRIETORSHIP 1. Pemilikan tunggal. 2. Tidak ada pembagian rugi dan laba. 3. Modal milik sendiri. 4. Dikontrol sendiri. 5. Tanggung jawab tidak tterbatas. 6. Formalitas legal tidak ketat.

4 4 KEUNGGULAN 1. Mudah dibentuk dan dibubarkan. 2. Motivasi langsung  terdapat kaitan erat antara usaha dan hasil yang dicapai. 3. Keputusan diambil dengan cepat dan tindakan bisa langsung dilaksanakan. 4. Kontrol lebih baik. 5. Rahasia bisnis terjaga. 6. Hubungan personal (dengan pemasok dan customer) dekat 7. Operasinya fleksibel 8. Mendorong self employment.

5 5 KELEMAHAN 1. Modal terbatas. 2. Tanggung jawab tidak terbatas. 3. Kontinyuitas terbatas 4. Ukuran terbatas 5. Kurang memiliki keahlian manajerial.

6 6 KETEPATAN BENTUK SOLE PROPRIETORSHIP bentuk pemilikan sole proprietorship, : Pemilihan bentuk pemilikan sole proprietorship, tepat jika: 1. Pasar dari produk/jasanya sedikit dan bersifat lokal. 2. Customer memiliki perhatian personal, sesuai dengan selera dan preferensinya. 3. Usaha yang dijalankan sederhana. 4. Kebutuhan modal kecil dan risikonya kecil. 5. Memerlukan manual skill.


Download ppt "1 1. Arti sole proprietorship 2. Karakteristik sole proprietorship 3. Kelemahan dan keunggulan sole proprietorship 4. Ketepatan bentuk organisasi bisnis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google