Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Software Komputer adalah kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Software Komputer adalah kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh."— Transcript presentasi:

1

2

3 Software Komputer adalah kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh komputer. Software Komputer ini berangsur-angsur mengalami peningkatan atau perubahan dari tahun ke tahun dalam perkembangannya. Berdasarkan perkembangannya, Sejarah Perkembangan Software Komputer dibagi dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern.

4 Pengembangan perangkat lunak dapat dibagi menjadi 4 tahap, yaitu : Tahap Pertama (1950 – 1960) Tahap Kedua ( 1960 – 1970) Tahap Ketiga (1970 – 1990) Tahap Keempat (1990 – 2000)

5 Evolusi perangkat lunak tahap pertama dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi software terbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.

6 Evolusi Perangkat Lunak Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an. Pengembangan perangkat lunak mempunyai ciri-ciri multi user. Pengguna dari software sudah banyak dan bisa saling berbagi. Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer Interaction).

7 Evolusi Perangkat lUnak tahap ketiga, dimulai pertengahan tahun 1970 sampai awal tahun Pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat.

8 Evolusi Perangkat Lunak Tahap Keempat dimulai tahun 1990 sampai tahun Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi. Tingkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia.

9 Ada 4 kelompok besar software: Operating System (Sistem Operasi) Utility Software (Program Bantu) Package Software (Program Paket) Applicated (Program Aplikasi)

10 Operating system merupakan program yang berfungsi untuk mengatur sistem kerja seluruh komputer seperti layaknya penerjemah antara hardware dan software yang akan dilakukannya Contoh: PC-DOS atau MS-DOS untuk Personal Computer (PC) Windows dan berbagai variannya untuk PC atau jaringan

11 Software ini merupakan software jadi yang digunakan untuk membantu mempermudah dalam menangani pekerjaan awal dalam pengoperasian komputer beserta perangkatnya. Misalnya untuk: memeriksa (scanning) menganalisa (analyzing) memperbaiki (repairing)

12 Dibagi menjadi 8. Yaitu: A.Word Processing (Pengolah Kata) B.Spread Sheet (Pengolah Angka) C.Database (Pengolah Data Awal) D.Publisher (Pengolah Tata Letak) E.Aided Design (Pengolah Rancang Bangun) F.Statistic (Pengolah Statistik) G.Language Program (Bahasa Pemrograman) H. Anti Virus

13 Program ini merupakan program siap pakai, banyak dibuat untuk aplikasi-palikasi kerja tertentu seperti akuntansi, berbagai macam format, kartu-kartu, sampul buku, editing foto dan sebagainya. Contoh : PhotoShop Free Hand DAC Easy

14

15


Download ppt "Software Komputer adalah kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google