Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Okt Nov Des 2011 Pedoman Pendalaman Alkitab Okt Nov Des 2011 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Carl Cosaert, PhD, Kontributor Utama

5 "... kitab Galatia (ditambah surat Roma). Adalah penyebab lahirnya Protestanisme. Ketika Martin Luther membaca kitab Galatia maka saat itulah Martin Luther pertama kali merasakan kemulian Injil "dibenarkan oleh iman." maka saat itulah Martin Luther pertama kali merasakan kemulian Injil "dibenarkan oleh iman." Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

6 Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) juga berhutang pada kitab Galatia. Dengan mempelajari kitab Galatia, E.J. Waggoner dan A.T. Jones telah menolong GMAHK pada tahun 1880-an dan 90-an menemukan kembali kebenaran dari kebenaran oleh iman (righteousness by faith). Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

7 "... kitab Galatia... padat dan jelas,... kaya akan tema-tema yang sangat berkuasa meskipun dibawakan dari sudut penggembalaan dan bersifat lebih pribadi...“ Pelajaran Sekolah Sabat Triwulan ini... memberikan kepada kita kesempatan untuk merefleksikan pengertian kita tentang Injil." Injil dalam Kitab Galatia Pendahuluan Umum

8 Injil Dalam Kitab Galatia Daftar Isi 1. Paulus: Rasul bagi Bangsa Non-Yahudi 2. Otoritas Paulus dan Injil 3. Kesatuan Injil 4. Pembenaran oleh Iman Saja 5. Iman Perjanjian Lama 6. Prioritas Janji 7. Jalan Menuju Iman 8. Dari Budak Menjadi Ahli Waris 9. Nasihat Penggembalaan Paulus 10. Dua Perjanjian 11. Kemerdekaan Dalam Kristus 12. Hidup oleh Roh 13. Injil dan Gereja 14. Bermegah dalam Salib

9 Pelajaran 12 Hidup oleh Roh ADAPT it! Teaching Approach

10 Kata-kata Pembuka Hanya dengan berdiamnya Roh Kudus setiap hari dalam hati kita yang menyanggupkan kita untuk menjalani hidup yang menghormati Allah

11 Ayat Hafalan Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Galatia 5:16

12 Pengantar Sebagai umat percaya kita memiliki dua sifat: daging dan roh, dan kedua sifat ini bertentangan satu sama lain Meskipun kecenderungan kita “condong” untuk tersesat dari Allah, bilamana kita mau menyerahkan diri kepada Roh Kudus, kita tidak perlu diperhamba oleh keinginan daging.

13 Black Hidup oleh Roh Sekilas Pandang 1. Keinginan yang Saling Bertentangan (Galatia 5:16-18) 2. Keinginan Daging ( Galatia 5:19-21 ) 3. Keinginan Roh (Galatia 5:22,23)

14 Black Hidup oleh Roh 1. Keinginan yang Saling Bertentangan (Galatia 5:16-18)

15 Galatia 5:16-18 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging -- karena keduanya bertentangan -- sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.

16 Berjalan dalam Roh Istilah “Berjalan” adalah kiasan yang diambil dari Perjanjian Lama yang merujuk kepada bagaimana cara seseorang seharusnya bersikap. Kekristenan bukanlah sekedar kumpulan kepercayaan teologi yang berfokus kepada Yesus namun juga satu “cara” hidup yang pantas untuk “dijalani.”

17 Perilaku dalam Perjanjian Lama tidak sekedar disebut dengan “berjalan” melainkan lebih khusus lagi “berjalan dalam hukum Taurat.”

18 Pelajaran SSD, Minggu 11 Desember 2011 Komentar Paulus tentang “berjalan dalam Roh” tidak bertentangan dengan penurutan akan hukum Taurat...Paulus tidak menentang hukum Taurat atau penurutan akan hukum Taurat. Apa yang tidak dia setujui adalah cara hidup legalis yang menyalahgunakan hukum itu. Penurutan sesungguhnya yang Allah rindukan tidak dapat dicapai karena paksaan dari luar melainkan harus dari dalam akibat motivasi yang dihasilkan oleh Roh Kudus (Galatia 5:18).

19 Diskusikan Bagaimanakah perilaku seorang yang berjalan dalam Roh? Praktek-praktek hidup apa sajakah yang dapat menghambat perjalanan rohani orang Kristen?

20 Pergumulan Orang Kristen Pergumulan ini secara khusus merujuk pada perjuangan tarik menarik yang ada dalam kehidupan umat Kristen. Oleh karena manusia dilahirkan selaras dengan keinginan-keinginan daging (Roma 8:7), hanyalah jika kita telah lahir baru dengan kuasa Roh Suci maka pergumulan rohani yang sesungguhnya mulai timbul (Yohanes 3:6).

21 Dua Sikap Orang Kristen Menghadapi Pergumulan Ini 1.Menarik diri dari masyarakat. 2.Dosa dapat dilenyapkan oleh kasih karunia ilahi Catatan: Kedua cara ini berakhir pada kesimpulan yang salah

22 Pelajaran SSD, Senin, 12 Desember 2011 “...sesungguhnya kita ada di dua sisi yang bertentangan itu. Sisi rohani kita merindukan perkara rohani dan membenci keinginan daging. Namun bagian lain kehidupan kita, menyukai keinginan daging dan menentang hal-hal yang rohani.”

23 Pelajaran SSD, Senin, 12 Desember 2011 Oleh karena pikiran yang telah bertobat terlalu lemah untuk menolak keinginan daging, satu-satunya harapan yang kita miliki untuk menaklukkan keinginan daging adalah dengan membuat keputusan setiap ari bersama Roh Kudus melawan diri kita yang penuh dosa. Itulah sebabnya mengapa Paulus begitu sungguh- sungguh agar kita dapat memilih untuk berjalan dalam Roh.

24 Black Hidup oleh Roh 2. Keinginan Daging ( Galatia 5:19-21 )

25 Galatia 5:19-21 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu -- seperti yang telah kubuat dahulu -- bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

26 Dua Perbedaan yang mencolok Menurut Paulus ada 2 perbedaan yang mencolok antara sifat buruk dan sifat baik saat dia membandingkan kedua sifat itu: 1. Dia tidak merujuk kepada dua daftar itu dengan cara yang sama. - Paulus menyebutkan sifat yang buruk dengan istilah perbuatan daging dan menyebut sifat baik sebagai buah roh 2. Daftar sifat yang jahat diberikan dalam bentuk jamak, sementara daftar sifat baik dalam bentuk tunggal.

27 James D.G. Dunn “Daging menuntut, namun Roh menghasilkan. Daftar yang satu menghembuskan suasana khawatir dan hiruk pikuk pemanjaan diri, daftar yang lain lebih membahas tentang perhatian bagi orang lain, ketenangan, sukacita, dan hal-hal yang dapat dipercaya. Yang satu menonjolkan penyelewengan manusia, yang lain menonjolkan pertolongan atau rahmat Ilahi, maksudnya ialah menyatakan bahwa perubahan dalam diri seseoraglah yang bertanggungjawab atas perilakunya.”—The Epistle to the Galatians, hlm. 308.

28 Apa Makna Disebutkannya Perbuatan Jahat dalam bentuk jamak dan perbuatan baik dalam bentuk tunggal? Perbedaan ini menyatakan bahwa kehidupan yang menuruti keinginan daging tidak dapat menghasilkan apa- apa selain perpecahan, kekacauan, dan kelompok-kelompok yang tidak dapat bersatu. Sebaliknya, hidup yang berdasarkan Roh Kudus menghasilkan satu bua Roh, yang menyatakan bentuknya melalui sembilan kualitas yang membangun persatuan. (Pelajaran SSD, Selasa 13 Desember 2011)

29 Catatan: Seluruh daftar yang dituliskan Paulus sebagai “perbuatan daging,” *Galatia 5:19-21), adalaha merupakan “pelanggaran” terhadap salah satu hukum Allah

30 Black Hidup oleh Roh 3. Keinginan Roh (Galatia 5:22,23)

31 Galatia 5:22,23 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

32 Hubungan Hukum dan Kasih Sepuluh Hukum bukanlah sebuah alternative lain yang dapat menggantikan kasih; hukum itu justru menuntun kita agar kita dapat menunjukkan kasih, baik kepada Allah maupun kepada sesame manusia. Kasih itu melebihi kata-kata dalam hukum itu, dan kasih tidak bertentangan dengan hukum.

33 Pelajaran SSD, Rabu 14 Desember 2011 “...kasih itu sangat nyata merupakan ciri khas umat Kristen...kasih harus dapat dilihat bukan bukan hanya sebagai salah satu kebaikan di antara banyak kebaikan lainnya melainkan kebaikan tertinggi dari umat Kristen dan merupakan kunci bagi kebaikan-kebaikan lainnya. Kasih adalah buah Roh yang sangat menonjol dan haruslah menyatakan kehidupan dan sikap dari setiap umat Kristen, meskipun kadang sukar untuk menunjukkan kasih.”

34 Pertentangan Antara Daging dan Roh? Meskipun selalu ada pertentangan di dalam hati setiap umat yang percaya antara keinginan daging dan keinginan Roh, kehidupan Kristen tidak harus dikuasai oleh kekalahan, kegagalan, dan dosa.

35 Bagaimana Agar Kita Menang Dalam Pertentangan Antara Daging dan Roh? Baca Galatia 5: Berjalan di dalam Roh (16) Keterangan: Kata kerja berjalan dalam bahasa Yunani “peripateo” yang berarti “berjalan di sekitar atau mengikuti.” Kata “peripateo” bentuknya “present” artinya: Paulus tidak berbicara mengenai perjalanan yang biasa tetapi lebih kepada sebuah pengalaman setiap hari yang berkesonambungan. Berjalan dalam Roh merupakan sebuah pilihan yang harus kita buat setiap hari.

36 Bagaimana Agar Kita Menang Dalam Pertentangan Antara Daging dan Roh? Baca Galatia 5: dipimpin (18) Keterangan: Kita perlu mengizinkan Roh Kudus memimpin kita ke manapun kita harus pergi

37 Bagaimana Agar Kita Menang Dalam Pertentangan Antara Daging dan Roh? Baca Galatia 5: Hidup (25) Keterangan: Kata hidup berasal dari bahasa Yunani “Zao,” dengan menggunakan kata ini Paulus merujuk kepada kelahiran baru yang perlu menandai kehidupan setiap umat percaya. Paulus menggunakan bentuk “prsent” untuk menekankan bahwa umat percaya harus memiliki hidup yang diperbaharui setiap hari.

38 Bagaimana Agar Kita Menang Dalam Pertentangan Antara Daging dan Roh? Baca Galatia 5: Berjalan/Berbaris (25) Keterangan: Asal kata berjalan dalam ayat ini berbeda dengan di ayat 16. Berjalan dalam ayat 25 ini berasal dari bahasa Yunani “Stoicheo” yang juga berarti “berbaris,” “mengatur barisan” atau “menyesuaikan diri,” Artinya Roh Kudus tidak hanya memberikan kepada kita kehidupan namun juga mengarahkan kehidupan kita setiap hari.

39 Bagaimana Agar Kita Menang Dalam Pertentangan Antara Daging dan Roh? Baca Galatia 5: Menyalibkan (24) Keterangan: Ini berarti jika kita mengikuti Roh Kudus, kita harus membuat keputusan yang teguh untuk mematikan keinginan daging dengan cara memberi makan kehidupan rohani dan menahan semua keinginan daging.

40 DISKUSIKAN Paulus berkata bahwa mereka yang melakukan perbuatan daging tidak akan mewarisi kerajaan Allah. Bagaimanakah Anda dapat memahami pendapat ini sehubungan pernyataan Paulus yang berkata bawa kita diselamatkan oleh iman dan bukan oleh perbuatan?

41 Komentar Ellen G. White “Kehidupan umat Kristen itu tidak selamanya mulus. Terkadang harus menghadapi pertentangan yang sengit. Pencobaan yang berat menyerangnya. ‘keinginan daging melawan keinginan Roh, dan keinginan Roh melawan keinginan daging.’ Semakin dekat kita kepada penutupan sejarah dunia ini, semakin halus tipuan dan semakin kuat daya pikat dan serangan musuh itu. Serangannya akan bertambah dahsyat dan semakin gencar. Mereka yang menghindari terang dan kebenaran akan mengeraskan hati dan tidak dapat dipengaruhi lagi, dan semakin membenci mereka yang mengasihi Allah dan yang menuruti hukum-hukum-Nya (MS 33, 1911).”—Ellen G. White Comments, The SDA Bible Commentary, jld.6, hlm.1111.

42 Komentar Ellen G. White “Pengaruh Roh Kudus adalah kehidupan Kristus dalam jiwa. Kita tidak melihat Kristus dan berbicara kepada-Nya, namun Roh Kudus-Nya sangat dekat kepada kita kemana pun kita pergi. Roh itu bekerja di dalam dan melalui setiap orang yang menerima Kristus. Mereka yang membiarkan Roh Kudus berdiam dalam hati mereka menyatakan buah Roh—kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan (MS 41, 1897).”—Ellen G. White Comments, The SDA Bible Commentary, jld.6, hlm

43 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Sebagai seorang yang sudah menerima Kristus, dalam hidup kita selalu saja terjadi poertentangan antara keinginan daging dan keingin Roh. Tetapi kita tidak harus kalah dalam pertentangan ini sebab Yesus sudah menang mengalahkan kejahatan Hidup oleh Roh berarti berjalan setiap hari di sepanjang jalan yang ditentukan Roh. Hal ini membutuhkan pilihan harianb yang berpihak pada Roh dalam segala macam keputusan dan mati terhadao diri kita yang berdosa Saya lemah dan tidak menyadari hal ini Minggu ini melalui pertolongan Tuhan dengan belajar Alkitab dan berdoa saya ingin agar setiap aspek hidup saya dan apapun yang saya lakukan akan selalu dituntun oleh Roh. Saya tidak memberi makan keinginan daging tetapi saya akan bergantung kepada pimpinan Roh Kudus

44 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google