Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AGUS SUKOCO, ST, MM PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AGUS SUKOCO, ST, MM PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA."— Transcript presentasi:

1 AGUS SUKOCO, ST, MM PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA

2 MATERI : MK SEMINAR KEUANGAN 1. RUANG LINGKUP MANAJEMEN KEUANGAN (1) 2. BERBAGAI MODEL MANAJEMEN KEUANGAN (1,2) 3. IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEUANGAN DALAM BISNIS (3,4) 4. ANALISIS LAPORAN KEUANGAN (5,6,7) 5. UTS (8) 1. KEBIJAKAN DAN NORMA- NORMA DALAM BIDANG KEUANGAN (9,10) 2. VARIABEL KEUANGAN (11) 3. DETERMINAN KEUANGAN, LEMBAGA INTERMEDIASI DAN PASAR MODAL (12,13) 4. DETERMINAN KEUANGAN, STRATEGI PERUSAHAAN DAN NILAI PERUSAHAAN (14,15)  UAS (16)

3 OUTPUT  MAMPU MENJELASKAN BERBAGAI TEORI DAN KONSEP- KONSEP YANG BERKENAAN DENGAN MANAJEMEN KEUANGAN  MAMPU MENJELASKAN BERBAGAI KEBIJAKAN BERKENAAN DENGAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN BERDAMPAK STARTEGIS BAGI PERUSAHAAN  MAMPU MENJELASKAN PRAKTEK-PRAKTEK YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEUANGAN  MAMPU MENGANALISIS BERBAGAI LAPORAN KEUANGAN SECARA TERINTEGRASI DAN MENGINTERPRETASIKANNYA SECARA KRITIKAL  MAMPU MEMPRESENTASIKAN DETERMINAN KEUANGAN, LEMBAGA INTERMEDIASI DAN PASAR MODAL  MAMPU MENJELASKAN HUBUNGAN-HUBUNGAN DETERMINAN KEUANGAN, STRATEGI PERUSAHAAN DAN NILAI PERUSAHAAN.  MAMPU MENYUSUN ARTIKEL/TULISAN TENTANG MANAJEMEN KEUANGAN

4 OUTPUT  MAKALAH DAN SEMINAR ANALISIS LAPORAN KEUANGAN  MAKALAH DAN SEMINAR DETERMINAN KEUANGAN, KEBIJAKAN KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN

5 MK PRASYARAT 1. MANAJEMEN KEUANGAN 1 2. MANAJEMEN KEUANGAN LANJUTAN

6 MODEL PERKULIAHAN

7 MANAJEMEN KEUANGAN Manajemen yang mengkaitkan: PEMEROLEHAN (ACQUITITION) PEMBIAYAAN (FINANCING) DAN MANAJEMEN AKTIVA dengan tujuan secara menyeluruh dari suatu perusahaan. (Manajemen terhadap fungsi keuangan) Semua kegiatan / aktivitas perusahaan yang bersangkutan dengan usaha mendapatkan dana yang dibutuhkan oleh perusahaan beserta usaha untuk menggunakan dana tersebut seefisien mungkin.

8 Tujuan Manajemen Keuangan Adalah untuk memaksimalkan profit atau keuntungan dan meminimalkan biaya (expens atau cost) guna mendapatkan suatu pengambilan keputusan yang maksimum, dalam menjalankan perusahaan kearah perkembangan dan perusahaan yang berjalan atau survive dan expantion.

9 RUANG LINGKUP M-KEUANGAN  Pembicaraan tentang keputusan-keputusan dalam bidang keuangan, yaitu keputusan investasi, keputusan pembelanjaan & kebijaksanaan dividen dengan tujuan memaximumkan nilai perusahaan atau memaximumkan kemakmuran pemegang saham.  Pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen keuangan, yaitu penggunaan dana & memperoleh dana, lewat keputusankeputusan investasi, pembelanjaan & kebijaksanaan dividen agar nilai perusahaan bias meningkat.

10 ALIRAN KAS ANTARA PASAR MODAL & OPERASI 1.Kas diperoleh dengan menjual financial asset (saham, 2.obligasi/sekuritas lain) atau mendapatkan kredit dari bank atau sumber lain 3.Dana yang diperoleh dari pemberi dana digunakan untuk membeli real assets yang digunakan dalam operasional perusahaan 4.Apabila perusahaan bekerja dengan baik, real asset menghasilkan aliran kas masuk yang lebih besar dari jumlah yang dibayarkan(dikeluarkan) pada saat investasi 5.Pada akhirnya kas tersebut direinvestasikan atau dikembalikan kepada pemodal (pemegang obligasi maupun bank)

11 LAPORAN KEUANGAN Adalah sebuah laporan yang diterbitkan oleh perusahaan bagi pemakai laporan keuangan. Laporan memuat laporan keuangan dasar dan juga analisis manajemen atas operasi tahun lalu dan pendapat mengenai prospek- prospek perusahaan di masa yang akan datang.

12 BAGIAN-BAGIAN LAPORAN KEUANGAN 1. Neraca (Balance Sheet), menyajikan aktiva pada sisi sebelah kiri,yang merupakan alokasi dari dana,kewajiban dan ekuitas pada sebelah kanan yang merupakan sumber dana perusahaan (LIHAT LAPORAN KEUANGAN). 2. Laporan Laba Rugi (Income Statement), Laporan yang mengikhtisarkan pendapatan dan pengeluaran perusahaan selama satu periode akuntansi,biasanya setiap satu kuartal atau satu tahun. (LIHAT LAPORAN KEUANGAN 3. Laporan Laba Ditahan (Statement of Shareholders Equity), menyajikan perubahan-perubahan pada pos-pos ekuitas untuk mengidentifikasi alasa perubahan klaim pemegang ekuitas atas aktivanya. (LIHAT LAPORAN KEUANGAN

13 BAGIAN-BAGIAN LAPORAN KEUANGAN Laporan Arus Kas (Statement of Cash Flow) Tujuan dari pembuatan laporan arus kas ini adalah:  Memberikan informasi mengenai penerimaan dan pembayaran kas perusahaan selama periode tertentu.  Memberikan informasi mengenai efek kas dari tiga kategori aktivitas yaitu aktivitas investasi,aktivitas pendanaan,aktivitas operasi. (LIHAT LAPORAN KEUANGAN

14 TUJUAN LAPORAN KEUANGAN  Menyediakan informasi yang menyangkut KINERJA serta Perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat dalam PENGAMBILAN KEPUTUSAN Ekonomi.  Menunjukkan apa yang dilakukan manajemen(stewardship),atau pertanggungjawaban manajemen atas sumberdaya yang dipercayakan kepadanya.

15 ANALISI VERTIKAL DAN HORISONTAL(setiap analis keuangan)  Analisa Horisontal, analisa ini dipergunakan untuk melakukan pembandingan laporan keuangan dari beberapa periode, sehingga akan diketahui perkembangan dari perusahaan tersebut. Analisa horisontal ini disebut juga dengan analisa dinamis.  Analisa Vertikal, analisa ini dipergunakan untuk mengetahui kondisi laporan keuangan perusahaan tersebut pada satu periode saja, dengan membandingkan antara pos yang satu dengan pos yang lainnya tanpa diketahui perkembangan dari perusahaan tersebut. Dengan demikian analisa vertikal ini disebut juga dengan analisa statis.

16  com/ com/  sisis-keuangan-analisis-vertikal/ sisis-keuangan-analisis-vertikal/  m m


Download ppt "AGUS SUKOCO, ST, MM PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google