Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISIS INVESTASI DAN MANAJEMEN PORTOFOLIO Sumber : Edduardus Tandelilin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISIS INVESTASI DAN MANAJEMEN PORTOFOLIO Sumber : Edduardus Tandelilin."— Transcript presentasi:

1 ANALISIS INVESTASI DAN MANAJEMEN PORTOFOLIO Sumber : Edduardus Tandelilin

2 Yuhelmi, SE., MM 2 ANALISIS PERUSAHAAN EPS DAN INFORMASI LAPORAN KEUANGAN KELEMAHAN PELAPORAN EPS DALAM LAPORAN KEUANGAN ANALISIS RASIO PROFITABILITAS PERUSAHAAN EARNING PER SHARE (EPS) PRICE EARNING RATIO (PER) ESTIMASI NILAI INTRINSIK SAHAM

3 Yuhelmi, SE., MM 3 ANALISIS PERUSAHAAN Analisis perusahaan merupakan tahap ketiga dalam analisis fundamental secara top-down approach. Analisis perusahaan dilakukan untuk menjawab pertanyaan: - perusahaan manakah dalam industri terpilih yang mampu menawarkan keuntungan bagi kita? - saham-saham perusahaan manakah dalam industri terpilih yang paling menguntungkan bagi investor? - Saham-saham manakah dalam industri terpilih yang undervalued (dibeli) dan overvalued (dijual)?

4 Yuhelmi, SE., MM 4 ANALISIS PERUSAHAAN Dalam analisis perusahaan, investor bisa menggunakan dua komponen utama, yaitu: 1. Earning Per Share (EPS) 2. Price Earning Ratio (PER) Mengapa? Ada tiga alasan: - kedua komponen tersebut bisa dipakai untuk mengestimasi nilai intrinsik suatu saham - dividen yang dibayarkan perusahaan pada dasarnya dibayarkan dari earning - adanya hubungan antara perubahan earning dengan perubahan harga saham

5 Yuhelmi, SE., MM 5 EPS DAN INFORMASI LAPORAN KEUANGAN Informasi laporan keuangan adalah salah satu jenis informasi keuangan yang sangat berguna investor dan bisa diperoleh dengan relatif mudah dan murah. Berdasarkan informasi laporan keuangan, investor juga bisa mengetahui besarnya perbandingan earning perusahaan terhadap jumlah lembar saham atau disebut dengan Earning Per Share (EPS). EPS bisa menggambarkan prospek earning perusahaan di masa datang.

6 Yuhelmi, SE., MM 6 JENIS-JENIS LAPORAN KEUANGAN Jenis-jenis laporan keuangan perusahaan pada dasarnya bisa dikelompokkan menjadi: 1. Neraca (balance sheet) 2. Laporan Rugi Laba (income statement) 3. Laporan Arus Kas (cash flow statement)

7 Yuhelmi, SE., MM 7 JENIS-JENIS LAPORAN KEUANGAN Neraca (balance sheet) menggambarkan kondisi finansial perusahaan (total aset dan total hutang & modal sendiri) pada suatu waktu tertentu. Laporan Rugi Laba (income statement) menunjukkan penghasilan (revenues) yang diperoleh selama satu periode, biaya (expenses) yang dikeluarkan dalam satu periode, dan elemen-elemen lain pembentuk laba. Laporan Arus Kas (cash flow statement)memuat aliran kas yang berasal dari tiga sumber: (1) operasi perusahaan, (2) investasi dan (3) aktivitas finansial yang dilakukan perusahaan

8 Yuhelmi, SE., MM 8 KELEMAHAN PELAPORAN EPS DALAM LAPORAN KEUANGAN Penggunaan laporan keuangan secara akuntansi dalam analisis perusahaan mengandung beberapa kelemahan, khususnya yang berkaitan dengan pelaporan earning perusahaan. Beberapa kelemahan tersebut adalah: 1. Kemungkinan munculnya konflik kepentingan antara investor di satu sisi sebagai pengguna laporan keuangan, dan manajemen di sisi lainnya sebagai penyaji laporan keuangan. 2. Ketidakmampuan laporan keuangan untuk menggambarkan kondisi perusahaan yang paling terkini (terbaru).

9 Yuhelmi, SE., MM 9 ANALISIS RASIO PROFITABILITAS PERUSAHAAN Analisis perusahaan, disamping dilakukan dengan melihat laporan keuangan, bisa juga dilakukan dengan menganalisis rasio profitabilitas perusahaan. Dua jenis rasio profitabilitas yang sering digunakan adalah: 1. Return on Equity (ROE) 2. Return on Asset (ROA)

10 Yuhelmi, SE., MM 10 ANALISIS RASIO PROFITABILITAS PERUSAHAAN ROE menggambarkan kemampuan perusahaan menghasilkan laba yang bisa diperoleh pemegang saham. Rumus untuk menghitung ROE adalah: (15.1) ROA menggambarkan kemampuan aset-aset yang dimiliki perusahaan bisa menghasilkan laba. (15.2)

11 Yuhelmi, SE., MM 11 EARNING PER SHARE (EPS) Bagaimana cara menghitung EPS? Rumus untuk menghitung EPS adalah: (15.3) Di samping penggunaan rumus di atas, EPS juga bisa dihitung dengan rumus berikut: EPS = ROE X Nilai buku per lembar saham (15.4)

12 Yuhelmi, SE., MM 12 ESTIMASI NILAI INTRINSIK SAHAM Bagaimana cara mengestimasi nilai intrinsik saham dengan memanfaatkan dua komponen informasi penting dalam analisis perusahaan, yaitu PER dan EPS. Rumus untuk menghitung nilai intrinsik saham: P 0 = Estimasi EPS X PER = E 1 X PER(15.8)


Download ppt "ANALISIS INVESTASI DAN MANAJEMEN PORTOFOLIO Sumber : Edduardus Tandelilin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google