Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ASUHAN KEPERAWATAN LANSIA DI SUSUN OLEH : NUR FITRIAH NIM : 14142010131.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ASUHAN KEPERAWATAN LANSIA DI SUSUN OLEH : NUR FITRIAH NIM : 14142010131."— Transcript presentasi:

1 ASUHAN KEPERAWATAN LANSIA DI SUSUN OLEH : NUR FITRIAH NIM :

2 Daftar Isi :  Pengertian Lansia  Pendekatan Perawatan Lanjut Usia  Efek Samping Pemberian Obat Pada Lansia  Batasan – Batasan Lansia

3 PENGERTIAN LANSIA Menurut WHO yang dianggap dengan lanjut usia atau lansia adalah seorang manusia golongan umur 65 tahun keatas, tetapi ada juga yang mengambil batas 60 tahun keatas, bahkan ada pula yang menganggap orang yang berumur 50 tahun keatas (WHO 1976 ; Dit. Yankes 1991).

4 PENGERTIAN LANSIA Menurut organisasi kesehatan adalah usia pertengahan (midlle age) kelompok usia45-70 tahun usia lanjut (elders) antara tahun usia tua (old) antara 75-90thn usia dangat tua(very old) diatas 90 tahun.

5 PENGERTIAN LANSIA Menurut prof koesmoto setyonegoro lanjut usia adalah orang yg berumur 65 tahun keatas. Sebenarnya lanjut usia adalah suatu proses alami yang tidakapat ditentukan oleh tuhan yang maha esa (wahyudi nugroho,2000)

6 Pendekatan Perawatan Lanjut Usia 1. Pendekatan fisik Perawatan yang memperhatikan kesehatan obyektif, kebutuhan, kejadian-kejadian yang dialami klien lanjut usia semasa hidupnya, perubahan fisik pada organ tubuh, tingkat kesehatan yang masih bias di capai dan dikembangkan, dan penyakit yang yang dapat dicegah atau ditekan progresifitasnya. Perawatan fisik secara umum bagi klien lanjut usia dapat dibagi atas dua bagian yaitu: Klien lanjut usia yang masih aktif, yang keadaan fisiknya masih mampu bergerak tanpa bantuan orang lain sehingga untuk kebutuhannya sehari-hari masih mampu melakukan sendiri. Klien lanjut usia yang pasif atau yang tidak dapat bangun, yang keadaan fisiknya mengalami kelumpuhan atau sakit.

7 2. Pendekatan psikis Disini perawat mempunyai peranan penting untuk mengadakan pendekatan edukatif pada klien lanjut usia, perawat dapat berperan sebagai supporter, interpreter terhadap segala sesuatu yang asing, sebagai penampung rahasia yang pribadi dan sebagai sahabat yang akrab. Perawat hendaknya memiliki kesabaran dan ketelitian dalam memberikan kesempatan dan waktu yang cukup banyak untuk menerima berbagai bentuk keluhan agar para lanjut usia merasa puas. Perawat harus selalu memegang prinsip ” Tripple”, yaitu sabar, simpatik dan service.

8 EFEK SAMPING PEMBERIAN OBAT PADA LANSIA 1.Kesalahan Peresapan 2.Kesalahan Pasien 3.Ketidak Jelasan Informasi Pengobatan 4.Pasien Sering Lupa intruksi penggunaan obat

9 Batasan-batasan Lansia Batasan seseorang dikatakan Lanjut usia masih diperdebatkan oleh para ahli karena banyak faktor fisik, psikis dan lingkungan yang saling mempengaruhi sebagai indikator dalam pengelompokan usia lanjut. Proses peneuan berdasarkan teori psikologis ditekankan pada perkembangan). World Health Organization (WHO) mengelompokkan usia lanjut sebagai berikut :

10 1. Middle Aggge (45-59tahun) 2. Erderly (60-74 tahun) 3. Old (75-90 tahun) 4. Very old (> 91 tahun)

11


Download ppt "ASUHAN KEPERAWATAN LANSIA DI SUSUN OLEH : NUR FITRIAH NIM : 14142010131."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google