Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LINGKUP KEPERAWATAN DEWASA WIDANINGSIH. PENGERTIAN DEWASA  Masa ini sering disebut adult, masa dewasa, masa dimana usia sudah berkisar ke angka di atas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LINGKUP KEPERAWATAN DEWASA WIDANINGSIH. PENGERTIAN DEWASA  Masa ini sering disebut adult, masa dewasa, masa dimana usia sudah berkisar ke angka di atas."— Transcript presentasi:

1 LINGKUP KEPERAWATAN DEWASA WIDANINGSIH

2 PENGERTIAN DEWASA  Masa ini sering disebut adult, masa dewasa, masa dimana usia sudah berkisar ke angka di atas 21 tahun. Masa dewasa merupakan periode yang penuh tantangan, penghargaan dan krisis. Selain itu masa dimana mempersiapkan masa depan, penentu karier dan masa usia memasuki dunia pekerjaan dan masa dunia perkarieran, masa mempersiapkan punya keturunan dan masa usia matang, masa penentuan kehidupan, dan prestasi kerja di masyarakat, masa merasa kuat dalam hal fisik, masa energik, masa kebal, masa jaya dan masa merasakan hasil perjuangan.

3 1.FASE DEWASA AWAL Fase dewasa awal (20/21-24 tahun), seorang mulai bekarya dan mulai melepaskan ketergantungan kepada orang lain. Tugas- tugas perkembangan pada masa dewasa awal yaitu: a.mereka mendapat pengawasan dari orang tua b.mereka mulai mengembangkan persahabatan yang akrab dan hubungan yang intim di luar c.mereka membentuk seperangkat nilai pribadi d.mereka mengembangkan rasa identitas pribadi e.mereka mempersiapkan untuk kehidupan kerja

4 2.FASE DEWASA TENGAH  Fase dewasa tengah (25-40 tahun) ditandai sikap mantap memilih teman hidup dan membangun keluarga. Dewasa tengah menggunakan energy sesuai kemampuannya untuk menyesuaikan konsep diri dan citra tubuh terhadap realita fisiologis dan perubahan pada penampilan fisik. Harga diri yang tinggi, citra tubuh yang bagus dan sikap positif terhadap perubahn fisiologis muncul jika orang dewasa mengikuti latihan fisik diet yang seimbang, tidur yang adekuat dan melakukan hygiene yang baik.

5 TEORI-TEORI TENTANG MASA DEWASA TENGAH 1.Teori Erikson Menurut teori perkembangan Erikson, tugas perkembangan yang utama pada usia baya adalah mencapai generatifitas (Erikson, 1982). Generatifitas adalah keinginan untuk merawat dan membimbing orang lain. Dewasa tengah dapat mencapai generatifitas dengan anak-anaknya melalui bimbingan dalam interaksi sosial dengan generasi berikutnya. Jika dewasa tengah gagal mencapai generatifitas akan terjadi stagnasi.

6 TUGAS KELOMPOK  Cari teori-teori tahap perkembangan pada individu dewasa.  Bagi kelas menjadi 10 kelompok dan masing-masing berbeda teori dan sumber berbeda.  Tugas dikumpulkan pada tgl 22 Desember 2009,hari Selasa. Selamat Bekerja !!!! Selamat Bekerja !!!!

7 2.Teori Havighurst Teori perkembangan Havighurst telah diringkas dalam tujuh perkembangan untuk orang dewasa tengah (Havighurst, 1972). Tugas perkembangan tersebut meliputi: 1) Pencapaian tanggung jawab social orang dewasa 2) Menetapkan dan mempertahankan standar kehidupan 3) Membantu anak-anak remaja tanggung jawab dan bahagia

8 4) Mengembangkan aktivitas luang 5) Berhubungan dengan pasangannya sebagai individu 6) Menerima dan menyesuaikan perubahan fisiologis pada usia pertengahan 7) Menyesuaikan diri dengan orang tua yang telah lansia.

9 TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN 1.Perkembangan fisiologis Perubahan ini umumnya terjadi antara usia tahun. Perubahan yang paling terlihat adalah rambut beruban, kulit mulai mengerut dan pinggang membesar. Kebotakan biasanya terjadi selama masa usia pertengahan, tetapi juga dapat terjadi pada pria dewasa awal. Penurunan ketajaman penglihatan dan pendengaran sering terlihat pada periode ini.

10 Lanjutan 2. Perkembangan kognitif Perubahan kognitif pada masa dewasa tengah jarang terjadi kecuali karena sakit atau trauma. Dewasa tengah dapat mempelajari keterampilan dan informasi baru. Beberapa dewasa tengah mengikuti program pendidikan dan kejuruan untuk mempersiapkan diri memasuki pasar kerja atau perubahan pekerjaan. Perubahan kognitif pada masa dewasa tengah jarang terjadi kecuali karena sakit atau trauma. Dewasa tengah dapat mempelajari keterampilan dan informasi baru. Beberapa dewasa tengah mengikuti program pendidikan dan kejuruan untuk mempersiapkan diri memasuki pasar kerja atau perubahan pekerjaan.

11 Lanjutan 3. Perkembangan psikosial Perubahan psikososial pada masa dewasa tengah dapat meliputi kejadian yang diharapkan, perpindahan anak dari rumah, atau peristiwa perpisahan dalam pernikahan atau kematian teman. Perubahan ini mungkin mengakibatkan stress yang dapat mempengaruhi seluruh tingkat kesehatan dewasa.

12 FASE DEWASA AKHIR 3. Fase dewasa akhir Fase dewasa akhir (41-50/55tahun) ditandai karya produktif, sukses- sukses berprestasi dan puncak dalam karier. Sebagai patokan, pada masa ini dapat dicapai kalau status pekerjaan dan sosial seseorang sudah mantap. Fase dewasa akhir (41-50/55tahun) ditandai karya produktif, sukses- sukses berprestasi dan puncak dalam karier. Sebagai patokan, pada masa ini dapat dicapai kalau status pekerjaan dan sosial seseorang sudah mantap.

13  Masalah-masalah yang mungkin timbul yaitu:  Menurunnya keadaan jasmaniah  Perubahan susunan keluarga  Terbatasnya kemungkinan perubahan-perubahan baru dalam bidang pekerjaan atau perbaikan kesehatan yang lalu  Penurunan fungsi tubuh

14 FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAWASAN TUGAS PERKEMBANGAN –Tingkat perkembangan yang mundur –Tidak ada kesempatan untuk mempelajari tugas-tugas perkembangan –Tidak ada motivasi –Kesehatan yang buruk –Cacat tubuh –Tingkat kecerdasan yang rendah

15 Lanjutan –Tingkat adaptasi yang jelek –Selain itu, masa dewasa akhir adalah masa pensiun bagi bagi pegawai menghadapi sepi dan masa masamemasuki pensiun. – Tingkat kesejahteraan Perawat mengkaji status kesehatan pada klien dewasa tengah. Pengkajian tersebut member arah untuk merencanakan asuhan keperawatan dan berguna dalam mengevaluasi keefektifan intervensi keperawatan. –Membentuk kebiasaan sehat yang positif Kebiasaan adalah sikap atau perilaku seseorang yang biasa dilakukan. Pola perilaku ini didorong oleh seringnya pengulangan sehingga menjadi cara perilaku individu yang biasa.

16 Masalah-masalah psikososial –Ansietas Ansietas adalah fenomena maturasi kritis yang berhubungan dengan perubahan, konflik, dan penegndalian lingkungan yang diterima (Haber at al, 1992). –Depresi Depresi adalah gangguan alam perasaan yang dimanifestasikan dalam berbagai cara. Walaupun usia yang paling banyak mengalami depresi adalah usia tahun, tapi juga biasa terjadi pada usia dewasa baya dan mungkin banyak memiliki penyebab (Haber at al, 1992).

17 PRAKTIK KEPERAWATAN Praktik Keperawatan adalah perwujudan profesi,dlm hal ini adalah hubungan profesional Perawat-Klien yg didasarkan pada kebutuhan dasar klien,intervensi kep.utk membantu memenuhi kebutuhan dasar klien tsb. Didasari oleh penalaran legal etis disertai dg pendekatan yg manusiawi (humane). Intervensi tsb dilakukan melalui kerjasama dg profesi kesehatan lain sesuai dg lingkup,wewenang dan tanggung jawabnya.

18 INTERVENSI KEPERAWATAN Intervensi keperawatan dilakukan melalui upaya-upaya : 1. Promotif 2. Preventif 3. Restoratif dan Rehabilitatif 4. Consolation the dying


Download ppt "LINGKUP KEPERAWATAN DEWASA WIDANINGSIH. PENGERTIAN DEWASA  Masa ini sering disebut adult, masa dewasa, masa dimana usia sudah berkisar ke angka di atas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google