Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Desti Riskiafianti Dara Putri Sundari Eka Rini Wijayanti Fithria Mardiana Gama Ika suarsi Janice Perkembangan Fisik dan Kognitif dalam Masa Dewasa Tengah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Desti Riskiafianti Dara Putri Sundari Eka Rini Wijayanti Fithria Mardiana Gama Ika suarsi Janice Perkembangan Fisik dan Kognitif dalam Masa Dewasa Tengah."— Transcript presentasi:

1 Desti Riskiafianti Dara Putri Sundari Eka Rini Wijayanti Fithria Mardiana Gama Ika suarsi Janice Perkembangan Fisik dan Kognitif dalam Masa Dewasa Tengah

2 Pengertian Masa dewasa pertengahan (madya) atau yang disebut juga usia setengah baya dalam terminologi kronologis yaitu pada umumnya berkisar antara usia tahun, dimana pada usia ini ditandai dengan berbagai perubahan fisik maupun mental. (Hurlock,1980) Usia dewasa madya dibagi dua : Usia madya dini (40-50thn) Usia madya lanjut (50-60thn)

3 CIRI-CIRI DEWASA MADYA (Hurlock, 1980) 1. Masa yang ditakuti 2. Masa transisi 3. Masa stress 4. Masa penyesuaian kembali. 5. Masa keseimbangan dan ketidakseimbangan 6. Usia berbahaya 7. Usia kaku/canggung 8. Masa berprestasi 9. Masa evaluasi 10. Masa evaluasi dengan standar ganda 11. Masa sepi 12. Masa Jenuh

4 Alasan Masa Dewasa Madya Ditakuti Alasan bagi perempuan : 1. Menurunnya kemampuan reproduktif 2. Menurunnya daya tarik seksual. 3. Munculnya rasa cemburu 4. Merasa kesepian dan diabaikan. Alasan bagi lelaki : 1. menurunnya kemampuan fisik secara menyeluruh.

5 KATEGORI STRES PADA USIA MADYA Stres somatic Yang disebabkan oleh keadaan jasmani yang menunjukkan usia tua Stres budaya Yang berasal dari penempatan nilai yang tinggi pada kemudaan, keperkasaan dan kesuksesan oleh kelompok budaya tertentu Stres Ekonomi Yang di akibatkan oleh beban keuangan dari mendidik anak da memberikan status symbol bagi seluruh anggota keluarga. Stres Psikologi Yang mungkin diakibatkan oleh kematian suami atau isteri, kepergian anak dari rumah, kebosanan terhadap perkawinan, atau rasa hilangnya masa muda dan mendekati ambang kematian

6 Perkembangan Dewasa Madya  Perkembangan Fisik  Adanya penyesuaian diri terhadap perubahan fungsi fisik yang mulai mengalami penurunan  Tidak sekuat pada tahap sebelumnya  Terjadi perubahan penampilan  Menopause

7  Perkembangan Kognitif  Pada tahap ini perkembangan intelektual dewasa sudah mencapai titik akhir puncaknya yang sama dengan perkembangan tahap sebelumnya yaitu berada di tahap operasional formal.  Orang dewasa mampu memasuki dunia logis yang berlaku secara mutlak dan universal yaitu dunia idealitas paling tinggi.

8  Orang dewasa mampu menyadari keterbatasan baik yang ada pada dirinya (baik fisik maupun kognitif) maupun yang berhubungan dengan realitas di lingkungan hidupnya.  Orang dewasa dalam menyelesaikan suatu masalah langsung memasuki masalahnya, ia mampu mencoba beberapa penyelesaian secara konkrit dan dapat melihat akibat langsung dari usaha-usahanya guna menyelesaikan masalah tersebut.

9  Orang dewasa dalam menyelesaikan masalahnya juga memikirkannya terlebih dahulu secara teoritis.  Pada usia setengah baya kemampuan kognitifnya yang menurun adalah kemampuan mengingat, berpikir, mekanisme yang memerlukan kecepatan dan keakuratan input melalui panca indra agar dapat mengamati gerak, perbedaan, perbandingan dan pengelompokan.

10 TUGAS PERKEMBANGAN PADA MASA USIA MADYA Mencapai tanggung jawab sosial dan dewasa sebagai warga Negara. Membantu anak-anak remaja belajar untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung dan bahagia. Mengembangkan kegiatan-kegiatan yang sesuai untuk orang dewasa. Menghubungkan diri sedemikian rupa dengan pasangannya (dengan suami atau istri) sebagai seorang pribadi yang utuh. Menerima dan menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan psikologis yang lazim terjadi pada masa setengah baya. Mencapai dan mempertahankan prestasi yang memuaskan dalam karir pekerjaan. Menyesuaikan diri dengan orang lain yang semakin tua.

11 TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN PADA USIA MADYA Tugas-tugas yang Berkaitan dengan perubahan fisik Tugas ini meliputi untuk mau melakukan penerimaan akan dan penyesuaian dengan berbagai perubahan fisik yang normal terjadi pada usia madya. Tugas-tugas yang Berkaitan dengan MinatOrang yang berusia madya sering kali mengasumsikan tanggungjawab warga Negara dan social, serta mengembangkan minat pada waktu luang yang berorientasi pada kedewasaan pada tempat kegiatan- kegiatan yang berorientasi pada keluarga yang biasa dilakukan pada masa dewasa dini Tugas-tugas yang Berkaitan dengan penyesuaian keruan Tugas ini berkisar pada pemantapan dan pemeliharaan standar hidup yang relative mapan

12 Tugas-tugas yang berkaitan dengan dengan Kehidupan Keluarga Tugas yang penting dalam kategori ini meliputi hal-hal yang berkaitan dengan seseorang sebagai pasangan, menyesuaikan diri dengan orang tua yang lanjut usia, dan membantu anak remaja untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan bahagia.

13 BAHAYA-BAHAYA SELAMA PERKEMBANGAN MASA USIA MADYA 1. Bahaya Personal a. Idealisasi Anak Muda b. Simbol status 2. Bahaya Sosial 3. Bahaya Perkawinan a. Kebosanan b. Oposisi terhadap Perkawinan Anak. c. Penyesuaian Seksual d. Merawat Orang Tua Usia Lanjut e. Hilangnya Pasangan f. Kawin-lagi 4. Bahaya Pekerjaan a. Pertama Kegagalan dalam Mencapai Cita-cita Awal b. Mandirinya Kreativitas c. Kebosanan d. Keagungan e. Perasaan Terperangkap f. Pengangguran g. Sikap Tidak Menyenangkan Terhadap Pekerjaan h. Mobilitas Geografis

14


Download ppt "Desti Riskiafianti Dara Putri Sundari Eka Rini Wijayanti Fithria Mardiana Gama Ika suarsi Janice Perkembangan Fisik dan Kognitif dalam Masa Dewasa Tengah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google