Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sesi 2 Peran Alumni Kristen Bagi Negara Keunikan Pendidikan Kristen oleh Ir. David J. Tjandra, M.A. Ketua Umum Majelis Pendidikan Kristen (MPK) di Indonesia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sesi 2 Peran Alumni Kristen Bagi Negara Keunikan Pendidikan Kristen oleh Ir. David J. Tjandra, M.A. Ketua Umum Majelis Pendidikan Kristen (MPK) di Indonesia."— Transcript presentasi:

1

2 Sesi 2 Peran Alumni Kristen Bagi Negara

3 Keunikan Pendidikan Kristen oleh Ir. David J. Tjandra, M.A. Ketua Umum Majelis Pendidikan Kristen (MPK) di Indonesia

4 [Ika, MA '10] Murid-murid Kristen sendiri tidak begitu tertarik untuk belajar kekristenan di sekolah kristen; merekamenganggap pelajaran alkitabiah cukup didapat dari gereja. Bagaimana pendapat Bapak? Dalam pendidikan, guru memegang peranan penting. Jika guru bisa menjadi teladan, murid-muridnya pun akan mengikuti beliau. Bu Dorothy I. Marx is a prime example. Bagaimana cara Bapak meluangkan waktu untuk PPDT, di tengah semua kesibukan Bapak? HPDT bukan cuma tentang Saat Teduh di pagi hari, melainkan setiap detik, di setiap kegiatan yang kita lakukan. HPDT bukan sekadar kegiatan agamawi.

5 [Ika, MA '10] Bagaimana cara Bapak meluangkan waktu untuk PPDT, di tengah semua kesibukan Bapak? Salah satu bentuk praktisnya adalah memprioritaskan Tuhan ketimbang gadget kita.

6 [Doan, KI '10] Ada yang bilang, alumni kristen ITB itu punya kecenderungan untuk menjilat ketika dia ingin mendapatkan status/jabatan yang lebih tinggi. Bagaimana strategi praktis untuk menghadapi hal ini? Apapun yang kamu lakukan, lakukanlah yang terbaik-- lakukan untuk Tuhan. Berkat akan datang dengan sendirinya.  Yusuf dan Daniel adalah contoh tokoh yang sukses karena kedekatan mereka dengan Tuhan. Kalaupun kita tidak mendapat status sosial yang tinggi, hal tersebut adalah harga yang harus kita bayar dalam mengikut Yesus.

7 [Doan, KI '10] Ada yang bilang, alumni kristen ITB itu punya kecenderungan untuk menjilat ketika dia ingin mendapatkan status/jabatan yang lebih tinggi. Bagaimana strategi praktis untuk menghadapi hal ini?  Percayalah bahwa Tuhan sudah mengutus kita untuk menjadi agen perubahan. Jangan percaya Iblis yang bilang bahwa kita tidak mungkin membawa perubahan.

8 [Doan, KI '10] Ada yang bilang, alumni kristen ITB itu punya kecenderungan untuk menjilat ketika dia ingin mendapatkan status/jabatan yang lebih tinggi. Bagaimana strategi praktis untuk menghadapi hal ini?  Percayalah bahwa Tuhan sudah mengutus kita untuk menjadi agen perubahan. Jangan percaya Iblis yang bilang bahwa kita tidak mungkin membawa perubahan.

9 Dorothy Irene Marx Siapa kita? Milik Tuhan atau milik dunia? Jika kita milik dunia, kita akan ingin dihormati, disanjung, dan ditinggikan. Namun, jika kita milik Tuhan, kita akan berkata, "Tuhan, aku ingin menjadi berkat bagi bangsa." Kita ditempatkan di Indonesia, di masa ini, karena Tuhan punya tugas untuk kita. Ornag-orang terhebat di Indonesia berasal dari almamater kita. (f-yeah!) Ada dua orang macam manusia: 1.Orang yang sudah sadar bahwa mereka berdosa, dan 2.Orang yang belum sadar.

10 Dorothy Irene Marx Apa itu pertobatan? Pikiran baru tentang Allah, dosa, dan diri sendiri Perubahan radikal Penyerahan diri dan pengorbanan Kita ditakdirkan untuk menjadi berkat bagi Indonesia. Tuhan punya rencana untuk masing-masing dari kita.

11 [Santa, MA '10] Apa visi Ibu? Mengatasi fenomena money-minded di Indonesia. [Raymond, GL '09] Bagaimana kondisi ITB ketika Ibu memulai pelayanan di sini? Kondisinya lucu. [Rian] Bagaimana kita, yang kecil ini, bisa memberi dampak besar bagi dunia? Integritas dalam pekerjaan, perhatian untuk orang lain, kepedulian untuk hal-hal di sekitar kita.

12 [Abram, PL '07] Ibu memimpin mahasiswa ITB sejak '70-an hingga '05. Apa yang Ibu wariskan untuk penerusan visi Ibu di kampus? Haruskah saya masih di sini setahun setelah kelulusan saya satu tahun lagi untuk mendidik kader kristen di sini? Tanya ke Tuhan. Seriously. [Rian] Apa resep rahasia Ibu dalam menjaga semangat? Tidak tahu. [Aryani] Bagaimana cara mengetahui apakah "visi yang kita dapat" benar-benar merupakan jawaban dari Tuhan? Jangan terburu-buru. Jika kita setia bertanya pada Tuhan tentang rancangan-Nya bagi hidup kita, Tuhan pasti akan jawab.

13 [Gaby, AS '09] Ketika Tuhan meminta Ibu untuk melakukan hal-hal luar biasa selama ini, apa respon Ibu? Mengapa Ibu bisa yakin? Karena saya mendapat pimpinan dari Tuhan. Jika Tuhan punya rencana bagi hidup kita, pasti Tuhan sendirilah yang akan membimbing kita menggenapi rencana itu. [Steve, FI '10] Belum tentu di masa hidup kita, kita bisa memenuhi visi yang kita impikan. Bagaimana cara kita mewariskan visi kepada orang lain? Hal itu hanya bisa dilakukan lewat doa. Berdoalah dengan sungguh-sungguh, berikan waktu pada Tuhan.

14

15 MPK Didirikan 5 Juni 1950, sebagai wadah kebersamaan yayasan pendidikan Kristen di Indonesia. Menaungi 306 yayasan pendidikan Kristen dengan sekitar 5000 sekolah di seluruh Indonesia. Lebih dari 90%-nya memerlukan bantuan untuk tetap eksis.

16 Pendidikan Kristen Mengapa perlu? karena usia sekolah adalah masa yang sangat penting bagi pembentukan kepribadian dan karakter seseorang INI MASA PEMBANGUNAN PONDASI! Akankah kita melakukan seadanya?

17 Amsal 22:6, Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya,maka pada masa tuanya ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu “ God delights in individuality.why then do we try to get everyone to conform to one set way of doing things,to produce’ canned green beans mentality’ Capehart,1991,p.9

18 KENYATAAN Sekolah Kristen mulai ditinggalkan? Banyak yang tutup, tidak ada keunikan, kompetisi dan saling mematikan! Perda-perda! Apa bedanya sekolah kristen dan sekolah umum? Cognitive/akademis dipisahkan dgn ‘area rohani’ (Gereja/STT) Mau dibawa kemana sekolah kristen? Dibiarkan jalan seadanya?

19 Pendidikan Kristen ‘some improvements in education can be brought about by spending more money, by building better schools, and by introducing new courses of study, new standard, new equipment, but the really important changes will come about only as TEACHERS CHANGE’ Arthur W.combs,1977,p ix

20 Peran Guru “ Mengajar yang berdampak bukanlah dari kepala ke kepala, tetapi dari hati ke hati” “ mengajar dengan kepala sangatlah mudah tetapi mengajar dengan hati jauh lebih sulit; meski pasti akan lebih bermanfaat. Sesungguhnya, itulah mengajar yang mengubah hidup” hendricks,2011,p.106

21 DICARI “Guru yang tidak saja mengajar untuk hidup/nafkah, melainkan guru yang hidup untuk mengajar” (Panggilan Hidup)

22 Keunikan Pendidikan Kristen Bukan sekadar proses belajar-mengajar, bukan sekadar knowledge transfer, bukan sekadar pelajaran agama kristen, Bukan sekadar tingkah laku agamawi, tetapi...

23 Keunikan Pendidikan Kristen Merupakan proses redemption (penebusan), yang melibatkan interaksi pribadi antara guru dan anak didik yang diciptakan secara unik dan keadaan ‘berdosa’, yang menghasilkan perubahan hidup untuk menggenapi rencana Allah dalam diri anak didik.

24 Fenomena yang ada: Indonesia Mengajar Mendidik bagi Negeri

25 GOD BLESS YOU

26

27

28 Pendidikan berasal dari bahasa latin “ducare” yang berarti “menuntun, mengarahkan atau memimpin”. Dan awalan e, berarti “keluar”. Maka pendidikan berarti kegiatan “menuntun keluar”. Groome,2010,p.5

29 Tiga dimensi dilihat dari “menuntun keluar” yaitu : 1.Titik berangkat dari mana 2.Proses masa kini 3.Masa depan yang dituju

30 1.Titik berangkat Amsal 22:6, Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya,……. “ God delights in individuality.why then do we try to get everyone to conform to one set way of doing things,to produce’ canned green beans mentality’ Capehart,1991,p.9

31 1. Titik berangkat Secara teologis: Anak didik yang unik yang diciptakan Allah dengan segala bakat n talentanya(Creation) Anak didik yang mengalami “Fall” : Gen Y,postmo,declined family

32 1. Titik berangkat Secara Psikologis: Kebutuhan anak didik dalam tahapan perkembangannya(Erick Erickson,Bloom) Kreativitas Asian lebih rendah dari western (?),Fixasi.

33 2. Proses masa kini Proses pendidikan seperti apa sebagai sebuah “redemption”. Peran Guru “we teach little by what we say, but we teach most by what we are” Lingkungan sekolah yang kondusif Capehart,1999,p.126

34 Pendidikan Kristen ‘some improvements in education can be brought about by spending more money,by building better schools,and by introducing new courses of study,new standard,new equipment, But the really important changes will come about only as TEACHERS CHANGE’ Arthur W.combs,1977,p ix

35 Peran Guru “ Mengajar yang berdampak bukanlah dari kepala ke kepala,tetapi dari hati ke hati” “ mengajar dengan kepala sangatlah mudah tetapi mengajar dengan hati jauh lebih sulit; meski pasti akan lebih bermanfaat. Sesungguhnya,itulah mengajar yang mengubah hidup” hendricks,2011,p.106

36 DICARI “Guru yang tidak saja mengajar untuk hidup/nafkah, melainkan guru yang hidup untuk mengajar” (Panggilan Hidup)

37 3.Masa depan yang dituju Supaya menghasilkan anak didik yang “consummation” (penggenapan rencana Allah). Learning to be ; as a Steward(kej 1:28) Learning live together ;as a social being (kej 2:18)

38 Keunikan Pendidikan Kristen Bukan sekadar proses belajar-mengajar, bukan sekadar transfer knowledge, bukan sekadar pelajaran agama kristen, Bukan sekadar tingkah laku agamawi, tetapi,…………

39 Keunikan Pendidikan Kristen Merupakan Proses redemption, yang melibatkan interaksi pribadi antara guru dan anak didik yang diciptakan secara unik dan keadaan ‘berdosa’, yang menghasilkan perubahan hidup untuk menggenapi rencana Allah dalam diri anak didik.

40 Lalu bagaimana? - Ini Tugas bersama Komunitas Kristen; Yaitu: Guru,Kepala sekolah, Yayasan, Gereja(mobilisasi,pembinaan) n Orang Tua(pembelajaran) -Perlu ada Chaplain(Gembala sekolah) n Konselor,untuk memastikan adanya nilai-nilai kristiani/ proses redemption.

41 GOD BLESS YOU terima kasih


Download ppt "Sesi 2 Peran Alumni Kristen Bagi Negara Keunikan Pendidikan Kristen oleh Ir. David J. Tjandra, M.A. Ketua Umum Majelis Pendidikan Kristen (MPK) di Indonesia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google