Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PELAJAR YANG MEMPUNYAI PENGECUALIAN OLEH Asep(1000848) Berlian Nurlianti(1003056) Meti Rosmiati (1000852)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PELAJAR YANG MEMPUNYAI PENGECUALIAN OLEH Asep(1000848) Berlian Nurlianti(1003056) Meti Rosmiati (1000852)"— Transcript presentasi:

1 PELAJAR YANG MEMPUNYAI PENGECUALIAN OLEH Asep( ) Berlian Nurlianti( ) Meti Rosmiati ( )

2 Siapa Saja Orang Yang Mempunyai Pengecualian Setiap orang yang kinerja fisik, mental, atau perilakunya begitu berbeda dari yang biasa, lebih tinggi atau rendah sehingga palayanan tambahan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan orang tersebut.

3 Bahasa “orang-pertama” bahasa “Orang pertama” disini yaitu orang yang memiliki ketidakmampuan. Ketidakmampuan berupa keterbatasan fungsi, seperti pengolahan, kognisi atau kemampuan fisik atau indera

4 Siswa dengan keterbatasan mental Keterbatasan mental yaitu merujuk pada keterbatasan mendasar dalam fungsi saat ini. Hal ini dicirikan oleh fungsi intelektual yang dibawah rata-rata. Penyebab keterbelakangan mental yaitu : warisan genetik, kelainan kromosom, seperti sindrom down. Keterbatasan mental yaitu merujuk pada keterbatasan mendasar dalam fungsi saat ini. Hal ini dicirikan oleh fungsi intelektual yang dibawah rata-rata. Penyebab keterbelakangan mental yaitu : warisan genetik, kelainan kromosom, seperti sindrom down.

5 Siswa yang mempunyai ketidakmampuan belajar Ketidakmampuan dalam belajar yaitu istilah umum untuk berbagai kelompok gangguan yang dicirikan oleh kesulitan yang berarti dalam mempelajari dan menggunakan kemampuan mendengar, berbicara, membaca, menulis, bernalar, atau menghitung.

6 Siswa yang mempunyai gangguan hiperaktivitas kekuragan perhatian Gangguan yang dicirikan oleh kesulitan mempertahankan perhatian karena keterbatasan kemampuan berkosentrasi; meliputi tindakan yang tidak terkendali dan prilaku hiperaktif Anak-anak yang mempunyai ganggun hiperaktivitas tidak memenuhi syarat untuk memperoleh pendidikan khusus kecuali mereka juga mempunyai kondisi ketidak mampuan lain yang didefinisikan dalam undang-undang. Gangguan yang dicirikan oleh kesulitan mempertahankan perhatian karena keterbatasan kemampuan berkosentrasi; meliputi tindakan yang tidak terkendali dan prilaku hiperaktif Anak-anak yang mempunyai ganggun hiperaktivitas tidak memenuhi syarat untuk memperoleh pendidikan khusus kecuali mereka juga mempunyai kondisi ketidak mampuan lain yang didefinisikan dalam undang-undang.

7 Siswa yang mempunyai kelemahan berbicara atau bahasa Gangguan bicara yaitu masalah arkulasi lisan, yang paling sering terjadi di kalangan anak-anak di kelas-kelas awal sekolah dasar gangguan bahasa yaitu kelemahan kemampuan seseorang untuk memahami bahasa atau mengungkapakan gagasan kedalam bahasa seorang ibu.

8 Siswa yang mempunyai ganguan emosi dan prilaku Orang yang kinerja pendidikannya secara merugikan dipengaruhi dalam jangka waktu yang lama dengan kadar yang mencolok oleh kondisi-kondisi seperti, ketidakmampuan belajar yang tidak dapat dijelaskan oleh faktor intelektual, indera, atau kesehatan. Dan juga ketidakmampuan membina dan mempertahankan hubungan antar pribadi yang memuaskan. Penyebab gangguan emosi dan prilaku ini bisa dipengaruhi oleh kondisi keluarga

9 Siswa yang mengalami Autisme Autisme yaitu kategori ketidakmampuan yang sangat mempengaruhi interaksi sosial, komunikasi verbal dan non verbal, dan kinerja pendidikan. Autisme biasa terlihat jelas sebelum usia tiga tahun

10 Siswa yang Mengalami Kelemahan Indera, Fisik dan Kesehatan  Kelemahan indera yaitu masalah di bidang kemampuan melihat, mendengar, atau menerima informasi melalui indera tubuh.  Kelemahan fisik yaitu keadaan seperti lemah otak, cidera punggung, kerusakan otot dsb  Kelemahan kesehatan, yaitu meliputi, misalnya AIDS, kecanduan zat kimia, dll

11 Siswa Yang Berbakat dan Bertalenta Orang yang memiliki kemampuan yang diperlihatkan atau potensial yang memberi bukti kemampuan kinerja yang tinggi dalam bidang seperti kemampauna intelektual, kreatif, akademis tertentu.

12 Pendidikan Khusus Setiap program yang diberikan bagi anak-anak yang mempunyai ketidakmampuan mental, emosi atau fisik

13 Undang-undang Publik Undang- undang federal yang ditetapkan pada tahun 1975 yang mengharuskan pemberian pelayanan pendidikan khusus bagi siswa yang memenuhi syarat.

14 Berbagai Jenis Pelayanan Pendidikan Khusus 1.Konsultasi langsung atau tidak langsung dan dukungan untuk guru pendidikan umum 2.Pendidikan khusus hingga 1 jam perhari 3.Pendidikan khusus 1-3 jam perhari 4.Pendidikan khusus lebih dari 3 jam perhari 5.Sekolah Pagi khusus 6.Sekolah asrama khusus 7.Rumah/rumah sakit

15 Apa Yang Dimaksud Dengan Penyatuan Pengaturan yang menyebabkan siswa yang mempunyai ketidakmampuan atau beresiko menerima semua pengajaran mereka dalam lingkungan pendidikan umum, pelayanan dukungan diberikan kepada siswa.

16 Menyesuaikan pengajaran Penyesuaian pengajaran untuk siswa yang mempunyai kemampuan khusus meliputi Penyesuaian Format untuk tugas tertulis Penyesuaian isi Penyesuaian cara berkomunikasi

17 Komputer dan Siswa Yang memilki Ketidakmampuan Ada empat kelebihan penggunaan komputer untuk anak yang mempunyai pengecualian memiliki empat kelebihan umum. 1.Komputer dapat membantu mengindividualisasikan pengajaran dari sudut metode pengajaran. 2.Komputer dapat memberikan umpan balik perbaikan langsung dan menekenkan peran aktif anak tersebut dalam pembelajaran

18 Lanjutan 3. Komputer dapat memikat perhatian anak- anak yang pikirannya mudah kacau 4. Pengajaran komputer memberikan motivasi dan bersifat sabar.

19 Tim Pendidikan Khusus Pendidik khusus ialah pakar tentang karakteristik kelompok tertentu siswa yang mempunyai ketidakmampuan, Pembelajaran, kekuatan dan kekurangan prilaku siswa yang digabungkan kembali dengan teknik-teknik pengajaran untuk jenis ketidakmampuan tertentu.

20 Terima kasih


Download ppt "PELAJAR YANG MEMPUNYAI PENGECUALIAN OLEH Asep(1000848) Berlian Nurlianti(1003056) Meti Rosmiati (1000852)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google