Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manajemen Keuangan Dwi Retno Andriani, SP.,MP.  Modal (Capital) menunjukkan aktiva tetap yang digunakan untuk produksi  Anggaran (budget) adalah sebuah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manajemen Keuangan Dwi Retno Andriani, SP.,MP.  Modal (Capital) menunjukkan aktiva tetap yang digunakan untuk produksi  Anggaran (budget) adalah sebuah."— Transcript presentasi:

1 Manajemen Keuangan Dwi Retno Andriani, SP.,MP

2  Modal (Capital) menunjukkan aktiva tetap yang digunakan untuk produksi  Anggaran (budget) adalah sebuah rencana rinci yg memproyeksikan aliran kas masuk dan aliran kas keluar selama beberapa periode pada saat yg akan datang.  Capital budget adalah garis besar rencana pengeluaran aktiva tetap  Penganggaran modal (capital budgeting) adalah proses menyeluruh menganalisa proyek2 dan menentuan mana saja yang dimasukkan ke dalam anggaran modal.

3  Dana keperluan investasi sangat besar  Dana yang dikeluarkan akan terikat dalam jangka panjang  Keputusan investasi menyangkut harapan terhadap hasil keuntungan dimasa yang akan datang  Keputusan investasi berjangka panjang

4 Inisial cassflow Aliran kas yg berhubungan dengan pengeluaran kas untuk keperluan investasi Digunakan pada saat awal pendirian proyek investasi Operasional cashflow Aliran kas yang akan dipergunakan untuk menutup investasi Diterima seytip tahun selama usia investasi dan berupa aliran kas bersiH Terminal cashflow Aliran kas yang diterima sebagai akibat habisnya umur ekonomis suatu proyek investas CASHFLOW = EAT+PENYUSUTAN

5  Accounting Rate of return  Pay back method  Present value  Discounted cash flow (Internal Rate of Return)  Modified Internal Rate of Return (MIRR)  Profitability Index (PI)

6  Penilaian investasi yang mengukur seberapa besar tingkat keuntungan dari investasi  Mempergunakan dasar laba akuntansi  ARR= (rata2 EAT/rata2 investasi) x 100%  Contoh: sebuah proyek investasi agribisnia membutuhkan dana sebesar Rp investasi ini punya umur ekonomis selama tiga tahun dan nilai residu Rp selama usia investasi mendapat EAT selama 3 tahun masing-masing Rp , Rp dan Rp tingkat keuntungan yg dirapkan 22 % dr ARR.hitung ARR dan proyek tersebut layak apa tidak untuk dijalankan????

7  Periode yang diperlukan untuk menutup kembali pengeluaran investasi dengan menggunakan aliran kas yang diterima.  Payback periode = (investasi/cashflow)x 1 tahun Kelemahan pay back method:  Metode ini tidak memeperhitungkan nilai waktu uang.  Metode ini tidak memperlihatkan pendapatan selanjutnya setelah investasi pokok kembali.

8  Selisih dengan nilai uang sekarang dari cashflow dengan nilai sekarang dari investasi Bagaimana menghitung NPV?????????? 1. Menghitung PV penerimaan atau cashflow dengan discount rate tertentu 2. Membandingkan PV dengan investasi 3. PV cashflow< PVInvestasi maka NPV negatif dan proyek tidak layak dikerjakan

9  Adalah tingkat discount (discount rate) yang menyamakan nilai sekarang dari aliran kas yang akan terjadi (PV inflows) dengan nilai sekarang aliran kas keluar mula2 (PV investment cost)  PV (inflows) = PV (investment costs) Atau  Internal Rate of Return (IRR) - Discount rate at which NPV = 0.  Mencari IRR dilakukan dengan prosedur coba2 (trial dan error)  Jadi, apabila present value terlalu rendah maka kita merendahkan IRR nya. Sebaliknya apabila PV terlalu tinggi, kita meninggikan IRRnya

10  Menghitung perbandingan antara PV cashlow dan PV investasi  PI = PV of cashflow/investasi


Download ppt "Manajemen Keuangan Dwi Retno Andriani, SP.,MP.  Modal (Capital) menunjukkan aktiva tetap yang digunakan untuk produksi  Anggaran (budget) adalah sebuah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google