Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AMAL USAHA BIDANG KESEHATAN RS.PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AMAL USAHA BIDANG KESEHATAN RS.PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA."— Transcript presentasi:

1 AMAL USAHA BIDANG KESEHATAN RS.PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

2 SEJARAH PKU R umah Sakit PKU Muhammadiyah awalnya didirikan berupa klinik dan poliklinik pada tanggal 15 Februari 1923 lokasi pertama di Jagang Notoprajan No. 72 Yogyakarta. Awalnya bernama PKO (Penolong Kesengsaraan Oemoem) dengan maksud menyediakan pelayanan kesehatan bagi kaum dhuafa'. Didirikan atas inisatif H. M. Sudjak yang didukung sepenuhnya oleh K.H. Ahmad Dahlan. Seiring dengan waktu, nama PKO berubah dengan PKU (Pembina Kesejahteraan Umat).

3 RENCANA STRATEGIS FILOSOFI VISI MISI

4 Pelayanan farmasi adalah wujud amal shalih yang dilandasi iman dan taqwa kepada Allah SWT, melalui penyediaan obat bermutu dan pelayanan asuhan kefarmasian yang tidak terpisahkan dari sistem kesehatan rumah sakit yang utuh dan berorientasi pada peningkatan kualitas hidup pasien.

5 Terwujudnya pelayanan farmasi yang terpecaya dengan kualitas pelayanan dan pendidikan kefarmasian yang Islami, aman, profesional, cepat, nyaman dan bermutu.

6 1.Mewujudkan pelayanan farmasi yang berkualitas melalui penerapan asuhan kefarmasian dan dengan dukungan manajemen yang efektif dan efisien. 2.Meningkatkan mutu tenaga kefarmasian melalui penyelenggaraan pelatihan dan pendidikan keprofesian yang didasari nilai-nilai ajaran agama Islam 3. Mewujudkan dakwah amar makruf nahi mungkar di bidang farmasi.

7 TUJUAN DARI AMAL USAHA BIDANG KESEHATAN MUHAMMADIYAH 1. Melangsungkan dan mengembangkan pelayanan farmasi yang optimal baik dalam keadaan biasa maupun keadaan gawat darurat sesuai dengan keadaan pasien maupun fasilitas yang ada. 2. Menyelenggarakan kegiatan pelayanan profesional berdasarkan prosedur kefarmasian, sumpah,peraturanperundang-undangan dan etika profesi. 3. Melaksanakan KIE mengenai obat dan penggunaannya serta ajaran-ajaran Islam yang berhubungan dengan pelayanan kefarmasian. 4. Menyediakan perbekalan farmasi yang bermutu untuk kepentingan pelayanan kesehatan di rumah sakit, mengelola dan mengawasi penggunaannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 5. Melakukan dan memberikan pelayanan bermutu melalui analisa, telaah, dan evaluasi pelayanan. 6. Memberikan konsultasi dan sebagai rujukan tentang pelayanan farmasi di lingkup amal usaha Muhammadiyah.

8 KRITERIA PELAYANAN 1. Muhammadiyah sebagai pemilik mempunyai sistem kesehatan nasional Muhammadiyah yang dirancang dengan baik dan dapat berjalan sejak dari pusat sampai ke daerah 2. Statuta yang dibuat sebagai produk hokum, untuk masing-masing daerah agar dapat dimodifikasi sesuai daerah masing-masing tetapi tetap dalam koridor yang ditentukan 3. Pemimpin yang visioner dan memimpin dengan hati 4. Ada kesamaan visi antara pemilik, direktur dan komite klinik 5. Ada manajemen dasar ala Muhammadiyah untuk pelayanan kesehatan yang ada sesuai tipe pelayanan kesehatannya 6. Manusia bersumber daya yang ada di rumah sakit dikendalikan perilakunya dengan Sistem Informasi Manajemen dan Klinis, 7. Kemandirian dalam hal pelayanan artinya mempunyai manusia bersumber daya sendiri, termasuk dokter spesialis 8. Jaringan sejak dari pusat sampai ke daerah dengan SIM yang terintegrasi, MKKM pusat mampu memonitor dan mengevaluasi langsung.

9 Bentuk Dan Jenis A. A mal Usaha Kesehatan berbentuk Rumah Sakit, Klinik, Jaminan Kesehatan, dan bentuk lain. 1.Amal Usaha Kesehatan yang berbentuk Rumah sakit berupa : Rumah Sakit Umum Rumah Sakit Khusus Rumah sakit Pendidikan 2. Amal Usaha Kesehatan yang berbentuk Klinik berupa : Klinik Pratama seperti ; balai pengobatan, pondok bersalin, klinik bersalin dan keluarga berencana, balai kesehatan ibu dan anak, balai kesehatan masyarakat, balai asuhan keperawatan, usaha kesehatan sekolah, upaya pelayanan kesehatan masyarakat, pos kesehatan desa, upaya pelayanan kesehatan masjid. Klinik Utama seperti : Laboratorium klinik, klinik kecantikan, klinik rehabilitasi medic dan fisioterapi. Klinik Tradisional seperti : klinik akupunktur, herbal, hypnoterapi, dan refleksi. Amal Usaha Kesehatan yang bebentuk jaminan kesehatan dapat berupa Dana sehat. Amal Usaha Kesehatan lainnya yang berbasis komunitas atau jamaah.

10 BALANCE SCORE CARD Ada 3 Pespektif: Perspektif Keuangan Perspektif Pelanggan Perspektif Proses Bisnis Internal


Download ppt "AMAL USAHA BIDANG KESEHATAN RS.PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google