Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Menulis Surat Dinas. Pengertian Surat Surat merupakan salah satu sarana komunikasi tertulis yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari satu pihak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Menulis Surat Dinas. Pengertian Surat Surat merupakan salah satu sarana komunikasi tertulis yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari satu pihak."— Transcript presentasi:

1 Menulis Surat Dinas

2 Pengertian Surat Surat merupakan salah satu sarana komunikasi tertulis yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari satu pihak kepada pihak lain. Surat merupakan salah satu sarana komunikasi tertulis yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari satu pihak kepada pihak lain.

3 Fungsi surat Wakil pribadi, kelompok, atau suatu organisasi untuk berhadapan dengan pribadi kelompok, atau organisasi lain; Wakil pribadi, kelompok, atau suatu organisasi untuk berhadapan dengan pribadi kelompok, atau organisasi lain; Dasar atau pedoman untuk bekerja, misalnya surat tugas dan surat keputusan; Dasar atau pedoman untuk bekerja, misalnya surat tugas dan surat keputusan; Bukti tertulis yang otentik hitam di atas putih yang memiliki kekuatan hukum atau yuridis; Bukti tertulis yang otentik hitam di atas putih yang memiliki kekuatan hukum atau yuridis; Alat pengingat atau arsip jika sewaktu-waktu diperlukan; Alat pengingat atau arsip jika sewaktu-waktu diperlukan; Dokumen historis yang memiliki nilai kesejarahan. Dokumen historis yang memiliki nilai kesejarahan.

4 Bahasa Indonesia dalam surat-menyurat 1.Bahasa yang jelas, bahasa yang digunakan tidak memberi peluang untuk ditafsirkan berbeda dari maksud penulis; 2.Bahasa lugas dan singkat, bahasa yang digunakan langsung tertuju pada persoalan yang ingin dikemukakan. 3.Bahasa yang santun, bahasa yang dipakai menunjukkan rasa hormat dan penghargaan yang wajar dari pengirim terhadap penerima surat.

5 lanjutan “ … Kami sangat berterima kasih bila Bapak mau mengabulkan permohonan ini. Atas perhatian dan bantuan Bapak, kami menghaturkan terima kasih yang tak terhingga.” 4. Bahasa yang resmi, bahasa yang mengikuti kaidah baku bahasa Indonesia.

6 Bentuk-bentuk surat Bentuk lurus penuh (full block style) Bentuk lurus penuh (full block style) Bentuk lurus (blockstyle) Bentuk lurus (blockstyle) Bentuk setengah lurus (semi block style) Bentuk setengah lurus (semi block style) Bentuk takuk (indented style) Bentuk takuk (indented style) Bentuk paragraf menggantung (hanging paragraph style) Bentuk paragraf menggantung (hanging paragraph style)

7 Komponen-komponen surat Kop surat Kop surat Bagian pembuka Bagian pembuka Bagian isi Bagian isi Bagian penutup Bagian penutup

8 Kop surat Logo/lambang perusahaan/instansi Logo/lambang perusahaan/instansi Nama perusahaan Nama perusahaan Alamat lengkap Alamat lengkap Nomor kotak pos Nomor kotak pos Nomor telepon dan faksimile Nomor telepon dan faksimile

9 Bagian pembuka Nomor surat Nomor surat Tanggal surat Tanggal surat Lampiran Lampiran Hal atau perihal Hal atau perihal Alamat (dalam) surat Alamat (dalam) surat

10 Nomor: 966/C5/LL/2009 Nomor: 966/C5/LL/ : kode nomor surat 966: kode nomor surat C5: kode instansi C5: kode instansi LL: kode perihal LL: kode perihal 2009: kode tahun 2009: kode tahun

11 Alamat surat Yth. Bapak Amos Indrajaya Yth. Bapak Amos Indrajaya Jalan Pramuka No. 12 Jalan Pramuka No. 12 Palembang Palembang Yth. Direktur Pendidikan Guru Yth. Direktur Pendidikan Guru Jalan Fatmawati Cipete, Kebayoran Jalan Fatmawati Cipete, Kebayoran Jakarta Selatan Jakarta Selatan 12140

12 Bagian isi Bagian isi surat meliputi dua aspek utama, yaitu aspek salam pembuka dan aspek tubuh surat. Bagian isi surat meliputi dua aspek utama, yaitu aspek salam pembuka dan aspek tubuh surat. Aspek tubuh surat meliputi tiga bagian, yaitu paragraf pembuka, paragraf isi, dan paragraf penutup. Aspek tubuh surat meliputi tiga bagian, yaitu paragraf pembuka, paragraf isi, dan paragraf penutup.

13 Lanjutan Salam pembuka berfungsi sebagai tanda penghormatan Salam pembuka berfungsi sebagai tanda penghormatan Dengan hormat, Dengan hormat, Salam sejahtera, Salam sejahtera, Assalamualaikum Wr. Wb. Assalamualaikum Wr. Wb.

14 Paragraf pembuka Dengan ini perkenankan kami melaporkan tentang… Dengan ini perkenankan kami melaporkan tentang… Bersama ini saya kirimkan contoh buku yang saudara minta … Bersama ini saya kirimkan contoh buku yang saudara minta … Dengan sangat menyesal kami beri tahukan bahwa keinginan saudara untuk … tidak dapat dikabulkan. Dengan sangat menyesal kami beri tahukan bahwa keinginan saudara untuk … tidak dapat dikabulkan. Menyusul surat kami yang pertama … Menyusul surat kami yang pertama …

15 Paragraf isi Merupakan pokok surat yang memuat suatu informasi sesuai dengan maksud penulisnya. Merupakan pokok surat yang memuat suatu informasi sesuai dengan maksud penulisnya. Sesuatu yang disampaikan penulis ini diharapkan memperoleh tanggapan, jawaban, atau reaksi dari si penerima surat. Sesuatu yang disampaikan penulis ini diharapkan memperoleh tanggapan, jawaban, atau reaksi dari si penerima surat. Paragraf ini harus disampaikan sejelas-jelasnya agar si penerima dapat menangkap maksud suratsesuai dengan apa yang dikehendaki pengirim. Paragraf ini harus disampaikan sejelas-jelasnya agar si penerima dapat menangkap maksud suratsesuai dengan apa yang dikehendaki pengirim.

16 Paragraf penutup Berfungsi sebagai penutup pembicaraan. Berfungsi sebagai penutup pembicaraan. Paragraf ini dapat berisi penegasan atas isi surat, harapan-harapan si penulis surat, atau ucapan terima kasih. Paragraf ini dapat berisi penegasan atas isi surat, harapan-harapan si penulis surat, atau ucapan terima kasih. Atas perhatian Bapak Kami ucapkan terima kasih. Atas perhatian Bapak Kami ucapkan terima kasih. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi saudara. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi saudara.

17 Bagian penutup Meliputi salam penutup, nama, tanda tangan, dan jabatan si pengirim surat, cap perusahaan, dan tembusan (bila diperlukan) Meliputi salam penutup, nama, tanda tangan, dan jabatan si pengirim surat, cap perusahaan, dan tembusan (bila diperlukan) Hormat kami, Hormat kami, Hormat saya, Hormat saya, Salam kami, Salam kami, Wasalam, Wasalam,


Download ppt "Menulis Surat Dinas. Pengertian Surat Surat merupakan salah satu sarana komunikasi tertulis yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari satu pihak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google