Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kalimat Efektif 1. Pengertian kalimat efektif 2. Syarat kalimat Efektif.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kalimat Efektif 1. Pengertian kalimat efektif 2. Syarat kalimat Efektif."— Transcript presentasi:

1 Kalimat Efektif 1. Pengertian kalimat efektif 2. Syarat kalimat Efektif

2 Pengertian Kalimat efektif Kalimat Efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan pikiran dan perasaan penutur atau penulis secara tepat dan kalimat itu dapat dipahami secara mudah dan tepat oleh pendengar atau pembaca.

3 Ciri Kalimat Efektif Tepat penalaran Tepat unsur kebahasaan Kalimat yang memenuhi dua syarat itu merupakan kalimat efektif. Sebliknya, klimat yang tidak memenuhi dua syarat itu merupakan kalimat tidak efektif.

4 Tepat Penalaran Ide logis Ide saling berhubungan

5 Kalimat yang Mengandung Ide yang Logis Kalimat efektif adalah kalimat yang mengandung Ide yang logis. Sebaliknya, kalimat yang mengandung ide yang tidak logis merupakan kalimat tidak efektif seperti contoh berikut ini. (1) Aminah dicuci piring setiap hari. (tidak efektif)* (2) Kuda balapku menghisap tiga batang rokok setiap hari.* (3) Aminah mencuci piring setiap hari. (4) Piring dicuci Aminah setiap hari. (5) Kuda balapku memakan tiga keranjang rumput setiap hari.

6 Ide dalam Kalimat saling Berhubungan (7) Gempa bumi sering terjadi di Sumatera Barat karena orang Sumatera Barat umumnya pedagang.* (8) Kekeringan terjadi di Gunung Kidul karena UGM mewisuda mahasiswanya menjadi sarjana ekonomi.* (9) Gempa bumi sering terjadi di Sumatera Barat karena sering terjadi pergeseran lempeng bumi di Sumatera Barat. (10) Kekeringan sering terjadi di Gunung Kidul karena di tempat itu sudah sangat lama tidak turun hujan.

7 Ketepatan Unsur Kebahasaan Kalimat efektif adalah kalimat yang mengandung ide yang logis dan ide itu diungkapkan dengan unsur kebahasaan yang tepat. Sebaliknya, kalimat yang idenya logis, tetapi diungkapkan dengan unsur kebahasaan yang tidak efektif merupakan kalimat tidak efektif.

8 Tepat Unsur Kebahasaan (1) Tepat susunan unsur-unsur kalimat. (2) Cukup unsur kalimat (tidak ada unsur yang kurang dan tidak ada unsur yang mubazir) (3) Paralel susunan unsur-unsur kalimat (4) Tepat lafal jika dilisankan dan tepat ejaan jika ditulis (5) Tepat pilihan kata (tepat pengertian, tepat nilai rasa, dan tepat konteks pemakaian)

9 Kalimat Tidak Efektif karena Susunan Unsur Kalimat Tidak Tepat (11) Di buku fatimah tadi perpustakaan pagi membaca.* (12) Fatimah membaca buku di perpustakaan tadi pagi. Menurut Aristoteles mengatakan bahwa retorika adalah seni berbahasa lisan dan tulis.

10 Contoh Kalimat Tidak Efektif karena Unsur Kalimat Kurang Tidak ada unsur kalimat yang kurang. (13) karena banyak orang mengorupsi kekayaan negara dengan cara masing-masing (Ket. sebab)* (14) Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.* (15) Tetapi mereka malas bekerja.* (16) karena hutan lindung ditebangi secara serampangan.* (17) Mahasiswa Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang.*

11 Kecukupan unsur kalimat Indonesia miskin karena banyak orang mengorupsi kekayaan negara dengan cara masing-masing. Karena banyak orang mengorupsi kekayaan negara dengan cara masing- masing, Indonesia miskin. Banyak orang mengorupsi kekayaan negara dengan cara masing-masing.

12 Kalimat Efektif karena Cukup Unsur Kalimat (14) Rektor Universitas Negeri Padang berpidato. (15) Banyak orang ingin kaya,tetapi mereka malas bekerja. (16) Sering terjadi tanah longsor di tempat itu karena hutan lindung ditebangi secara serampangan. (17) Mahasiswa Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang berdiskusi.


Download ppt "Kalimat Efektif 1. Pengertian kalimat efektif 2. Syarat kalimat Efektif."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google