Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teknologi Kelompok & Manufaktur Selular. Pendahuluan 1920: Awal Group Technology (GT), departemen-departemen yang beroritensi produk memproduksi/memanufaktur.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teknologi Kelompok & Manufaktur Selular. Pendahuluan 1920: Awal Group Technology (GT), departemen-departemen yang beroritensi produk memproduksi/memanufaktur."— Transcript presentasi:

1 Teknologi Kelompok & Manufaktur Selular

2 Pendahuluan 1920: Awal Group Technology (GT), departemen-departemen yang beroritensi produk memproduksi/memanufaktur produk-produk standard yang membawa pada penurunan transportasi pada perusahaan manufaktur Part-part diklasifikasi, kemudian part-part dengan karakteristik yang sama dimanufaktur bersama dalam serangkaian proses yang distandarkan. Konsekuensi: small "focused factories"

3 Pengertian Teknologi Kelompok (Group Tecnology/GT) Group Technology (GT): sebuah teori manajemen berdasarkan prinsip "similar things should be done similarly". Pengertian "things" mencakup product design, process planning, fabrication, assembly, and production control. Namun, GT dapat diaplikasikan pada berbagai aktivitas, termasuk fungsi-fungsi administrasi.

4 Prinsip GT dan Cellular Manufacturing Prinsip GT: membagi fasilitas manufaktur menjadi small groups or cells of machines. Sehingga terminologi cellular manufacturing seringkali digunakan terkait GT. Setiap sel didedikasikan untuk sebuah famili atau himpunan tipe-tipe part tertentu. Khususnya, sebuah sel adalah sebuah kelompok kecil mesin-mesin (tidak lebih dari 5 mesin). Contoh: sebuah machining center yang terdiri dari inspection and monitoring devices, tool and part storage, a robot for part handling, dan the associated control hardware.

5 Berbagai Kasus terkait Ragam dan Volume Produk Ide GT dapat digunakan untuk membuat group- group yang lebih besar, seperti sebuah departemen, yang berupa beberapa automated cells atau manned machines dengan beragam tipe. Pure item flow lines dimungkinkan, jika volume- volumenya sangat besar. Jika sangat kecil, and part-part sangat berbeda, sebuah functional layout (job shop) akan lebih tepat. Jika kasus menengah dengan medium-variety & medium-volume environments, konfigurasi kelompok atau group yang paling tepat.

6 GT bagi Manufacturing Engineer GT dipandang sebagai a role model untuk memperoleh manfaat flow line systems pada lingkungan yang sebelumnya job shop layouts. Ide yang melandasi: membentuk sejumlah group dimana tiap group (a family of parts) menggunakan product-type layout. Jika mungkin, new parts dirancang agar compatible dengan processes and tooling of an existing part family.

7 GT bagi Design Engineer Ide GT berarti menstandarkan products and process plans. Jika sebuah part baru akan dirancang, pertama ambil rancangan yang sama dari existing part. Kemungkinan, kebutuhan untuk part baru akan terhapuskan jika existing part sudah memadai. Jika sebuah part baru memang dibutuhkan, maka new plan dapat dibangun secara cepat berlandaskan pada keputusan-keputusan dan dokumentasi sebelumnya yang dibuat untuk part- part yang sama. Dgn demikian, plan yang dihasilkan akan cocok dengan current manufacturing procedures dan document preparation time dapat dikurangi. Shg design engineer dapat bebas berkonsentasi pada optimal design.

8 Composite Group Technology Part

9 GT Flow Line

10 GT Cell

11 GT Center

12 Tujuh Ciri Kelompok yg Berhasil

13 Tiga Langkah Dasar dalam Perencanaan GT 1. Coding 2. Classification 3. Layout.


Download ppt "Teknologi Kelompok & Manufaktur Selular. Pendahuluan 1920: Awal Group Technology (GT), departemen-departemen yang beroritensi produk memproduksi/memanufaktur."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google