Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Pengantar Sistem Produksi. 2 Setelah mengikuti pokok bahasan ini, mahasiswa diharapkan mampu: Memahami konsep dasar Sistem Produksi. Memahami konsep.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Pengantar Sistem Produksi. 2 Setelah mengikuti pokok bahasan ini, mahasiswa diharapkan mampu: Memahami konsep dasar Sistem Produksi. Memahami konsep."— Transcript presentasi:

1 1 Pengantar Sistem Produksi

2 2 Setelah mengikuti pokok bahasan ini, mahasiswa diharapkan mampu: Memahami konsep dasar Sistem Produksi. Memahami konsep dasar Sistem Produksi. Membedakan antara sistem produksi, sistem manufaktur, & sistem perusahaan. Membedakan antara sistem produksi, sistem manufaktur, & sistem perusahaan. Memahami keterkaitan bagian-bagian dalam perusahaan sebagai pembentuk sistem yang terintegrasi. Memahami keterkaitan bagian-bagian dalam perusahaan sebagai pembentuk sistem yang terintegrasi. Memahami berbagai jenis sistem produksi dan responnya terhadap konsumen. Memahami berbagai jenis sistem produksi dan responnya terhadap konsumen. Kompetensi Pokok Bahasan

3 3 Introduction Pokok bahasan ini merupakan pokok bahasan yang menekankan pada pengenalan sistem produksi dengan berbagai jenisnya, sehingga memerlukan pendekatan yang berbeda dalam menangani permasalahannya. Pokok bahasan ini merupakan pokok bahasan yang menekankan pada pengenalan sistem produksi dengan berbagai jenisnya, sehingga memerlukan pendekatan yang berbeda dalam menangani permasalahannya. Sistem produksi juga harus dipandang sebagai sistem yang terintegrasi, sehingga diperlukan penanganan yang melibatkan berbagai aspek (bahan baku, proses, produk, mesin, tenaga kerja, dll). Sistem produksi juga harus dipandang sebagai sistem yang terintegrasi, sehingga diperlukan penanganan yang melibatkan berbagai aspek (bahan baku, proses, produk, mesin, tenaga kerja, dll).

4 4 Manufaktur dan Produksi Istilah manufaktur (manufacture) Pertama kali digunakan tahun Pertama kali digunakan tahun Berasal dari kata latin manufactum yang berarti made by hand. Berasal dari kata latin manufactum yang berarti made by hand. Istilah produksi (production) Pertama kali digunakan pada tahun Pertama kali digunakan pada tahun Berasal dari kata latin producere yang berarti lead forward, yaitu membuat sesuatu yang baru (tangible/intangible). Berasal dari kata latin producere yang berarti lead forward, yaitu membuat sesuatu yang baru (tangible/intangible).

5 5 Definisi Manufacturing A series of interrelated activities and operations involving the design, materials selection, planning, manufacturing production, quality assurance, management and marketing of products of the manufacturing industries (International Conference on Production Engineering, 1983).

6 6 Definisi Manufaktur dan Produksi Kata manufacturing diartikan lebih luas. Kata manufacturing diartikan lebih luas. Manufacturing adalah proses konversi suatu desain menjadi produk akhir. Manufacturing adalah proses konversi suatu desain menjadi produk akhir. Production adalah aktivitas fisik untuk mngubah suatu bentuk material menjadi bentuk lain yang lebih bernilai. Production adalah aktivitas fisik untuk mngubah suatu bentuk material menjadi bentuk lain yang lebih bernilai.

7 7 Siklus Manufaktur

8 8 Sistem Manufaktur Sistem manufaktur adalah sistem yang melakukan proses transformasi/konversi keinginan (needs) konsumen menjadi produk jadi yang berkualitas tinggi. Sistem manufaktur adalah sistem yang melakukan proses transformasi/konversi keinginan (needs) konsumen menjadi produk jadi yang berkualitas tinggi. Keinginan konsumen diketahui dari studi pasar, yang kemudian keinginan ini diterjemahkan menjadi desain produk, dan kemudian menjadi desain proses. Keinginan konsumen diketahui dari studi pasar, yang kemudian keinginan ini diterjemahkan menjadi desain produk, dan kemudian menjadi desain proses. Komitmen terhadap kualitas produk harus dimiliki oleh setiap level dalam perusahaan pada setiap tahap proses produksi. Komitmen terhadap kualitas produk harus dimiliki oleh setiap level dalam perusahaan pada setiap tahap proses produksi. Dalam proses transfomasi ini terjadi pertambahan nilai. Dalam proses transfomasi ini terjadi pertambahan nilai.

9 9 Sistem Produksi (1) Sistem produksi adalah sistem yang melakukan proses transformasi atau konversi bahan mentah menjadi produk jadi dengan kualitas tinggi dan sesuai dengan desain produk yang telah ditetapkan. Sistem produksi adalah sistem yang melakukan proses transformasi atau konversi bahan mentah menjadi produk jadi dengan kualitas tinggi dan sesuai dengan desain produk yang telah ditetapkan. Dalam proses transformasi ini terjadi pertambahan nilai sehingga produk jadi mempunyai nilai yang lebih tinggi daripada nilai bahan mentah. Dalam proses transformasi ini terjadi pertambahan nilai sehingga produk jadi mempunyai nilai yang lebih tinggi daripada nilai bahan mentah.

10 10 Sistem Produksi (2)

11 11 Sistem produksi, sistem manufaktur, sistem perusahaan

12 12 Integrated Manufacturing

13 13 Functional Building Block

14 14 Sistem produksi vs Respon Kepada Konsumen Jenis sistem: Jenis sistem: MTS = make to stock; ATO = assemble to order MTO = make to order; ETO = engineer to order Jenis respon Jenis respon FS = flow shop; BP = batch production; JS = job shop MTSATOMTOETO FS BP JS

15 15 Kesimpulan 1. Pengertian sistem manufaktur lebih luas dari sistem produksi. 2. Ada berbagai jenis sistem produksi dan jenis respon terhadap konsumen, sehingga diperlukan perencanaan dan pengendalian yang berbeda. 3. Sistem produksi, sistem manufaktur, dan sistem perusahaan merupakan sistem yang terintegrasi, yang terdiri dari berbagai bagian yang saling berhubungan dan tidak terpisahkan.


Download ppt "1 Pengantar Sistem Produksi. 2 Setelah mengikuti pokok bahasan ini, mahasiswa diharapkan mampu: Memahami konsep dasar Sistem Produksi. Memahami konsep."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google