Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPUTERISASI SIM. Pengantar SIM dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPUTERISASI SIM. Pengantar SIM dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi."— Transcript presentasi:

1 KOMPUTERISASI SIM

2

3 Pengantar SIM dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi organisasi, manajemen dan proses pengambilan keputusan di dalam suatu organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen, dan keputusan, serta sebuah bank/basis data yang disebut database

4 Komputer ? Komputer berasal dari bahasa “computare”, yang berarti menghitung (to compute atau to reckon) Robert H.Blissmer dalam bukunya “computer anual” : komputer adl suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut : menerima input,memproses input sesuai programnya, menyimpan perintah dan hasil pengolahan serta menyediakan output dalam bentuk informasi

5 Donald H.Sanders (Computer Today). Komputer adl sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah instruksi program yang tersimpan di memori (stored program) Lanjutan….

6 V.C. Hamacher dkk (Computer Organization), komputer adl mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi digital, memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memori (stored program), dan menghasilkan output informasi Gordon B.Davis (Introdustion to Computer), komputer adl type khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti Lanjutan….

7 Tata Sutabri,S,Kom,MM (Sistem Informasi Manajemen) komputer adl sebuah alat elektronik yang dapat menerima data input, mengolah data tersebut, memberikan informasi dari hasil pengolahan data tersebut dengan menggunakan sebuah program yang tersimpan dimemori komputer dan dapat menyimpan program dan hasil pengolahannya serta bekerja secara otomatis. Program adl kumpulan instruksi atau perintah yang rinci dan sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan dengan cara yang sudah tertentu Lanjutan….

8 William M.Fuori (Introduction to the computer, the tools of bussines) komputer adl pemrosesan data (data processor) yang dapat melakukan penghitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia yang mengoperasikan selama pemrosesan Lanjutan….

9 Komputerisasi Sistem Sistem Komputerisasi unjuk kerja manusia didalam sistem masih merupakan unsur yang mem- egang peranan penti (50%), selebih nya unjuk kerja tersebut dikerjakan oleh mesin/komputer (50%) Ex; komputerisasi SIM, SIMAWA (sistem Informasi Manajemen Kema hasiswaan) dan KTP Unjuk kerja manusia hanya 10% sehingga manusia hanya berfungsi sebagai suvervisi dalam hal ini, selebihnya unjuk kerja tersebut dikerjakan oleh mesin/komputer 90 %. Ex; ATM (automatic teller machine), Pengoreksi hasil ujian UMPTN dll

10 Baik Komputerisasi sistem maupun sistem komputerisasi,kesemuanya membutuhkan dukungan hadware, software dan brainware yang memadai Lanjutan….

11 1. Perangkat keras (Hardware) Hadware (perangkat keras) terdiri dari; masukan (input), central processing unit (CPU), tempat penyimpanan (secondary memory) dan keluaran (output). Komputer secara khusus CPU bekerja secara digital sehingga peralatan yang berhubungan dengan CPU harus bekerja secara digital pula atau setidaknya peralatan tersebut memiliki fungsi mengubah dari bentuk apapun ke digital atau sebaliknya. Lanjutan….

12 a.Peralatan input Peralatan masukan (input device) memiliki berbagai macam bentuk. 1.Keyboard 2.Mouse 3.Scanner Lanjutan….

13 b. Peralatan Out put Dalam sebuah sistem harus menghasilkan sesuatu yang disebut keluaran (outcome). Dua jenis keluaran yaitu ; keluaran yang lunak (soft copy), dan keluaran yang nyata (hard copy). 1.Monitor 2.Printer, plotter 3.Data communication Lanjutan….

14 2. Perangkat Lunak (Software) Secara fungsinya, perangkat lunak dapat dibagi menjadi tiga, yaitu; 1.sistem software, 2.programming language dan 3.application software. Lanjutan….

15 1. sistem software Sistem software berfungsi mengatur bagaimana menggunakan perlatan. Ada beberapa jenis sistem software, yaitu ; a.Operating system adalah software yang dibutuhkan agar peralatan yang ada dapat bekerja atau beroperasi. Juga digunakan untuk komunikasi serta untuk sistem-sitem lainnya. Lanjutan….

16 b. Software Depelopment Kit (SDK) adalah software-software fasilitas yang dibuat oleh pembuat hardware guna membantu para programmer dalam membuat software baru. Jadi SDK adalah program bantu yang menghubungkan programmer dengan operating system Lanjutan….

17 c. Utility Program adalah perangkat lunak tambahan yang digunakan untuk bermain-main pada tingkat OS. Utility Program mungkin oleh si pembuat perangkat kerasnya maupun oleh orang lain (third party vendor). Utility Program sangat membantu pemakai utuk memperbaiki, mengolah atau keperluan manajemen sistem yang lain Lanjutan….

18 b. Bahasa Pemrograman (Program Language) Secara umum, bahasa-bahasa perograman ada yang termasuk dalam bahasa berorinetasi mesin (machine- oriented language), dan ada bahasa yang berorientasi manusia (human- oriented language). Bahasa pemrograman generasi pertama dan kedua lebih bersifat mesin dan karena itu disebut juga dengan bahasa pemrograman tingkat rendah. Sedangkan bahasa pemrograman generasi ketiga, keempat dan selanjutnya lebih bersifat human-oriented, disebut juga bahasa pemrograman tingkat tinggi Lanjutan….

19 1.Generasi Pertama (bahasa mesin) bahasa mesin terdiri dari kode-kode biner yang diinterpretasikan secara langsung oleh komputer. Untuk manusia, bahasa semacam ini jelas terlalu berbelit-belit dan ruwet buat menuliskannya sehingga ddiperlukan seorang programmer khusus untuk melacak lokasi data beserta intruksi- instruksinya di dalam bentuk biner (angka 0 dan 1). Bahasa mesin sangat efisien bagi komputer tetapi tidak sangat efisien bagi manusia, namun demikian bahasa mesin inilah yang menentukan kerja komputer Lanjutan….

20 2. Generasi Kedua (bahasa perakit (assembler language)) bahasa perakit dikembangkan pada awal 1950-an. Dimaksud untuk mengurangi pekerjaan yang rumit melalui bahasa mesin dan mempercepat proses pengembangan aplikasi dengan cara menyingkat penulisan program melalui bahasa mesin. Bahasa perakit disusun berdasarkan kode-kode operasi mnemonic (pengingat) dan lambang-lambang alamat dalam komputer yang dapat lebih mudah diingat oleh manusia Lanjutan….

21 Namun perintah-perintah tersebut harus tetap diterjemahkan ke dalam bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer. Penerjemah itu dilakukan oleh sebuah program perakit (assembler program) yang berfungsi mengkonversi kode-kode operasi mnemonic dan lambag-lambang alamat (source program) ke dalam bentuk yang dapat diakses oleh komputer (object program) Lanjutan….

22 3. Generasi Ketiga bahasa pemrograman generasi ketiga sudah jauh lebih mudah dipahami logika maupun instruksi- instruksinya karena kalimat-kalimatnya yang mirip dengan bahasa Inggris dengan ekspresi matematis yang biasa dipergunakan oleh orang awam. ex ; bahasa COBOL (Common Business Ariented Langunage), FORTRAN (FORmula TRANslation), BASIC (Begineners All-purpose Symbolic Instruction), PACAL (diambail dari nama penemu kalkulator mekanis (Blaise Pascal)) Lanjutan….

23 4. Generasi Keempat bahasa pemrograman generasi keempat dikembangkan terutama karena para pakar melihat makin banyknya waktu yang harus dihabiskan untuk membuat program komputer sedangkan kebutuhan pengolahan data makin beragam dan pemakai komputer makin banyak. tiga macam bahasa pemrograman generasi keempat, yaitu ; Query and Retrieval, Report Generators, dan Application Generators Lanjutan….

24 c. Application Software Dibagi menjadi dua fungsi, yaitu fungsi untuk pembuatan dengan application development software dan fungsi pemakaian dengan package software 1.Application Development Software Semua bahasa pada generasi ketiga dan keempat termasuk kedalam katagori application deveelopment software (ADS). ADS ini menekankan pada kemampuan bahasa dalam membuat sebuah aplikasi sehingga hanya dipakai oleh pembuat program, bukan pemakai aplikasi Lanjutan….

25 2. Package Software Adalah sisanya. Jumlahnya ada ribuan dan biasanya dibagi ke dalam bidang yang dituju. Misalnya; wordstar, Lotus, Wordperfect, Page Maker, MS Office, dsb. Program-program paket akuntansi, paket perbankan dan aplikasi yang dipesan (taylor made software), jugatermasuk kedalam kelompok package software Lanjutan….

26 Lanjutan…. 3. Personal Operasi (Brainware) Adalah sekelompok tenaga operasional yang menjalankan suatu bentuk komputerisasi sistem yang ada di dalam suatu organisasi/perusahaan. Karier di bidang komputer ini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu; a. EDP Manager, b. Sistem Analis, c. Programmer, d. Operator Komputer, e. Data Entry, f. Teknisi Komputer

27 Manfaat penggunaan komputer di dalam SIM Penggunaan komputer dalam SIM baru dapat efektif dan efisien, jika: 1.Volume yang diolah dalam jumlah yang besar 2.Pengolahan data atau pekerjaan yang berulang- ulang 3.Memerlukan proses pengolahan yang cepat 4.Memerlukan file yang baik sehingga mudah menemukan kembali data-data yang diperlukan 5.Memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi

28 Lanjutan…. Nilai informasi yang dihasilkan komputer : 1.Availabity (dapat diperoleh) yaitu mendapatkan informasi yang semula atau sebelumnya tidak dapat diperoleh 2.Timelines (ketepatan waktu) yaitu informasi dapat diperoleh dalam waktu yang cepat dan tepat 3.Accuracy (ketelitian) yaitu informasi yang dihasilkan lebih terjamin ketelitiannya 4.Completeness (kelengkapan) yaitu informasi yang dihasilkan lebih lengkap dann jelas 5.Presentation (penyajian) yaitu informasi yang dihasilkan dapat disajikan menurut selera pemakai informasi tersebut


Download ppt "KOMPUTERISASI SIM. Pengantar SIM dapat didefinisikan sebagai sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google