Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Post buy Analysis. Tujuan Membandingkan hasil kegiatan media yang telah dilakukan (media actual) dengan perencanaan media (media plan) yang telah direncanakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Post buy Analysis. Tujuan Membandingkan hasil kegiatan media yang telah dilakukan (media actual) dengan perencanaan media (media plan) yang telah direncanakan."— Transcript presentasi:

1 Post buy Analysis

2 Tujuan Membandingkan hasil kegiatan media yang telah dilakukan (media actual) dengan perencanaan media (media plan) yang telah direncanakan sebelumnya. Dari perbandingan ini akan nampak berhasil tidaknya suatu kampanye iklan berkaitan dengan efektivitasnya dari segi budget serta GRP yang ingin diraih. Membandingkan hasil kegiatan suatu brand yang diiklankan dengan hasil kegiatan media dari kompetitor. Perbandingan ini dilakukan guna mengukur tingkat efektifitas serta efisiensi kegiatan dari media brand tersebut terhadap pesaing dari produk sejenis

3 Isi Deskripsi tentang media, vehicle dan program yang dipilih (TV), adakah tambahan program Bagaimana pembagian waktu (schedulling)-nya Bagaimana biaya yang digunakan: kurang atau berlebihan Bagaimana perbandingan plan-real: – TARP’s yang diperoleh – Biaya – Net reach – Rating Bagaimana penghitungan: (perbandingan dengan penggunaan media oleh pesaing) – Share of Voice (SOV) – Share of expenditure (SOE)

4 DeskripsiRencanaAktualSelisih% Spot Bujet Iklan (Rp. ‘000) GRP CPRP (Rp. ‘000) Reach Frekuensi Rata-Rata

5 Pengukuran efektivitas 1. SOE: SOV Review ini dilakukan ketika ingin mengukur efektifitas dan efisiensi media plan berkaitan dengan budget yang dikeluarkan dan rating (GRP) yang diperoleh. 2. CPRP 30”: Suatu perbandingan untuk mengukur tingkat efisiensi hasil kegiatan beriklan (actual campaign) suatu produk terhadap kompetitor dan kategorinya dalam periode waktu tertentu. Hampir sama dengan SOV-SOE hanya saja dalam SOE-SOV dibedakan perbandingan antara budget dengan GRP. Sementara dalam perbandingan CPRP 30” keduanya tidak dipisahkan

6 Share of Expenditure (SOE) adalah prosentase budget yang dikeluarkan oleh suatu produk terhadap total belanja iklan dalam kategori produknya. Total cost 30” (brand A) SOE = x 100% Total cost (seluruh biaya iklan untuk kategori produk yang sama)

7 Share of Voice (SOV) adalah prosentase jumlah total rating (GRP) yang diperoleh suatu produk terhadap total rating (GRP) dalam kategori produknya). Total GRPs (brand A) SOV = x 100% Total GRPs (total GRPs iklan untuk kategori produk yang sama)

8 Kriteria pengukuran Perbandingan SOE:SOV EFEKTIF : JIKA SOE = SOV LEBIH EFEKTIF:JIKA SOE < SOV TIDAK EFEKTIF: JIKA SOE > SOV Perbandingan CPRP 30” EFISIEN : Jika CPRP 30” Produk “X” = rata-rata CPRP 30 “ kategori produknya * LEBIH EFISIEN : Jika CPRP 30” Produk “X” < rata-rata CPRP 30 “ kategori produknya * TIDAK EFISIEN : Jika CPRP 30” Produk “X” > rata-rata CPRP 30 “ kategori produknya * PALING EFISIEN :Jika CPRP 30” Produk “X” < CPRP 30 “ semua produk yang beriklan dalam kategori produknya


Download ppt "Post buy Analysis. Tujuan Membandingkan hasil kegiatan media yang telah dilakukan (media actual) dengan perencanaan media (media plan) yang telah direncanakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google