Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ETIKA BISNIS PADA PRODUK HIT LIGIA MARIA TRINDADE 01110069 KELAS C.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ETIKA BISNIS PADA PRODUK HIT LIGIA MARIA TRINDADE 01110069 KELAS C."— Transcript presentasi:

1 ETIKA BISNIS PADA PRODUK HIT LIGIA MARIA TRINDADE KELAS C

2 BAB I PENDAHULUAN 1.1. LATAR BELAKANG MASALAH Akhir-akhir ini makin banyak dibicarakan perlunya pengaturan tentang perilaku bisnis terutama menjelang mekanisme pasar bebas. Dalam mekanisme pasar bebas diberi kebebasan luas kepada pelaku bisnis untuk melakukan kegiatan dan mengembangkan diri dalam pembangunan ekonomi. Disini pula pelaku bisnis dibiarkan bersaing untuk berkembang mengikuti mekanisme pasar. Dalam persaingan antar perusahaan terutama perusahaan besar dalam memperoleh keuntungan sering kali terjadi pelanggaran etika berbisnis, bahkan melanggar peraturan yang berlaku. Demikian pula sering terjadi perbuatan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan pihak birokrat dalam mendukung usaha bisnis pengusaha besar atau pengusaha keluarga pejabat.

3  Fungsi Etika Bisnis Yaitu baik secara mikro maupun makro, sebuah bisnis yang baik harus memiliki etika dan tanggung jawab sosial.  Definisi etika bisnis sendiri sangat beraneka ragam tetapi memiliki satu pengertian yang sama, yaitu: 1. Pengetahuan tentang tata cara ideal pengaturan dan pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma dan moralitas yang berlaku secara universal dan secara ekonomi/sosial, dan penerapan norma dan moralitas ini menunjang maksud dan tujuan kegiatan bisnis (Muslich,1998:4). 2. Ada juga yang mendefinisikan etika bisnis sebagai batasan-batasan sosial, ekonomi, dan hukum yang bersumber dari nilai-nilai moral masyarakat yang harus dipertanggungjawabkan oleh perusahaan dalam setiap aktivitasnya (Amirullah & Imam Hardjanto, 2005).

4 1.2. RUMUSAN MASALAH 1. Adakah pengaruh bahan yang digunakan dalam produk HIT terhadap keselamatan konsumennya? 2. Masih adakah kepercayaan masyarakat terhadap produsen produk HIT? 3. Adakah kecocokan bahan yang digunakan pada produk HIT terhadap kesehatan masyarakat?

5 1.3. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui etika bisnis apa yang telah di langgar oleh PT. Megasari mengenai produknya yaitu HIT yang terdapat racun dan juga agar kita dapat mengetahui apa hubungan etika dengan bisnis dan mengapa bisnis perlu di terapkan etika. Dan juga agar dapat mengetahui apa saja hak-hak konsumen dan apa akibat dari pelanggarannya tersebut.

6 1.4. Manfaat Penelitian Kita dapat mengetahui apa itu etika bisnis, selain itu agar kita juga dapat menghindari melakukan pelanggaran etika bisnis dan juga dapat mengetahui apa saja resiko yang terjadi apabila kita melanggar etika bisnis, dan juga akibat dari yang kita lakukan dalam melanggar etika tersebut. Selain itu juga agar kita dapat menemukan solusi apabila menemui permasalahan seperti ini.

7 BAB II LANDASAN TEORI 2.1. Pengertian Etika Bisnis Etika bisnis merupakan etika yang berlaku dalam kelompok para pelaku bisnis dan semua pihak yang terkait dengan eksistensi korporasi termasuk dengan para kompetitor. Etika itu sendiri merupakan dasar moral, yaitu nilai-nilai mengenai apa yang baik dan buruk serta berhubungan dengan hak dan kewajiban moral.

8 Muslich (1998: 31-33) mengemukakan prinsip-prinsip etika bisnis sebagai berikut: 1. Prinsip Otonomi 2. Prinsip Kejujuran 3. Prinsip Keadilan 4. Prinsip Saling Menguntungkan 5. Prinsip Integritas Moral

9 2.2. Justifikasi Kasus Etika Bisnis apa yang bagaimana yang bisa menjadi pedoman Kita? Menggunakan cara pandang BLUE OCEAN STRATEGY: a). Mencapainya harus sesuai dengan aturan hukum dan norma yang berlaku dimasyarakat. b). Memandang untuk memenangkan persaingan maka perusahaan harus lebih baik (melakukan inovasi). Cara pandang ini akan melahirkan etika yang baik dalam berbisnis.

10 BAB III PEMBAHASAN Produk HIT dianggap merupakan anti nyamuk yang efektif dan murah untuk menjauhkan nyamut, ternyata murahnya harga tersebut juga membawa dampak negatif bagi konsumen HIT. Telah ditemukan zat kimia berbahaya di dalam kandungan kimia HIT yang dapat membahayakan kesehatan konsumennya, yaitu Propoxur dan Diklorvos. 2 zat ini berakibat buruk bagi manusia, antara lain keracunan terhadap darah, gangguan syaraf, gangguan pernapasan, gangguan terhadap sel pada tubuh, kanker hati dan kanker lambung.

11 Obat anti-nyamuk HIT yang dinyatakan berbahaya yaitu jenis HIT 2,1 A (jenis semprot) dan HIT 17 L (cair isi ulang). Departemen Pertanian juga telah mengeluarkan larangan penggunaan Diklorvos untuk pestisida dalam rumah tangga sejak awal 2004 (sumber : Republika Online). Hal itu membuat kita dapat melihat dengan jelas bahwa pemerintah tidak sungguh-sungguh berusaha melindungi masyarakat umum sebagai konsumen. Produsen masih dapat menciptakan produk baru yang berbahaya bagi konsumen tanpa inspeksi pemerintah.

12 Sekarang, seiring dengan makin kompleksnya kepemilikan sebuah usaha, Konsep CSR (Corporate Social Responsibility) menjadi meluas maknanya, salah satunya adalah “Niat baik dan Komitmen dari perusahaan untuk memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat, keberlanjutan pengembangan masyarakat, ekonomi lokal sehingga memberikian kontribusi juga terhadap keberlanjutan perusahaan. Kegiatan tersebut dilakukan bekerjasama antara perusahaan dengan karyawan, keluarga mereka, komunitas lokal (masyarakat), dan lingkungan secara luas dalam” (Nurdizal M. Rachman-2005) Kegiatan tersebut harus dimulai dengan membangun hubungan yang harmonis antara perusahaan dan lingkungannya dalam arti yang luas

13  Menurut pendapat saya : PT. Megarsari Makmur sudah melakukan perbuatan yang sangat merugikan dengan memasukkan 2 zat berbahaya pada produk mereka yang berdampak buruk pada konsumen yang menggunakan produk mereka. Salah satu sumber mengatakan bahwa meskipun perusahaan sudah melakukan permintaan maaf dan berjanji menarik produknya, namun permintaan maaf itu hanyalah sebuah klise dan penarikan produk tersebut seperti tidak di lakukan secara sungguh –sungguh karena produk tersebut masih ada dipasaran..

14 Pelanggaran Prinsip Etika Bisnis yang dilakukan oleh PT. Megarsari Makmur yaitu Prinsip Kejujuran dimana perusahaan tidak memberikan peringatan kepada konsumennya mengenai kandungan yang ada pada produk mereka yang sangat berbahaya untuk kesehatan dan perusahaan juga tidak memberi tahu penggunaan dari produk tersebut yaitu setelah suatu ruangan disemprot oleh produk itu semestinya ditunggu 30 menit terlebih dahulu baru kemudian dapat dimasuki /digunakan ruangan tersebut.

15 Melakukan apa saja untuk mendapatkan keuntungan pada dasarnya boleh dilakukan asal tidak merugikan pihak mana pun dan tentu saja pada jalurnya. Disini perusahaan seharusnya lebih mementingkan keselamatan konsumen yang menggunakan produknya karena dengan meletakkan keselamatan konsumen diatas kepentingan perusahaan maka perusahaan itu sendiri akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena kepercayaan / loyalitas konsumen terhadap produk itu sendiri

16 BAB IV PENUTUP BAB IV PENUTUP Kesimpulan yang dapat diambil yaitu: 1. Kunci utama kesuksesan bisnis adalah reputasinya sebagai pengusaha yang memegang teguh integritas dan kepercayaan pihak lain. 2. Product recall dapat dilihat sebagai bagian dari etika perusahaan yang menjunjung tinggi keselamatan konsumen. Dalam jangka panjang, etika semacam itu justru akan menguntungkan perusahaan.

17


Download ppt "ETIKA BISNIS PADA PRODUK HIT LIGIA MARIA TRINDADE 01110069 KELAS C."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google