Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENERAPAN ICT DALAM DUNIA PENDIDIKAN Bayu Jessica1501189785 Juan Oswald Zora 06 PEM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENERAPAN ICT DALAM DUNIA PENDIDIKAN Bayu Jessica1501189785 Juan Oswald Zora 06 PEM."— Transcript presentasi:

1 PENERAPAN ICT DALAM DUNIA PENDIDIKAN Bayu Jessica Juan Oswald Zora 06 PEM

2 LATAR BELAKANG Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau secara internasional dikenal dengan istilah ICT (Information and Communication Technology) sangat penting di era globalisasi saat ini. Penggunaan komputer untuk mengakses, mengolah, dan menyajikan informasi, baik secara individu maupun kelompok, intra network(intranet) maupun internationel network ( internet), merupakan kebutuhan primer di era digital.

3 ICT ? Information and Communication Technologies / ICT adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

4 PERANAN Ada tiga kata yang harus kita pahami sebelumnya, yaitu: Information (informasi) : hasil dari data yang diolah dan menerangkan sesuatu serta berguna bagi yang mengetahuinya. Communications (komunikasi) : pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara 2 pihak atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Technology (teknologi) : kemampuan teknik yang berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta yang berdasarkan proses teknis. Dengan demikian ICT merupakan teknologi yang dapat diandalkan untuk memberikan layanan yang efektif dan efisien.

5 PENGGUNAAN Sebagai alat bantu untuk merancang produk baru secara cepat, mudah, dan tepat (akurat). Proses produksi dapat dilakukan dengan sesedikit mungkin tenaga manusia sehingga mengurangi resiko fisik yang dapat dialami oleh manusia.

6 TUJUAN Mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Mengembangkan keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT literacy) itu sendiri Untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi dan kemenarikan proses pembelajaran.

7 KONSEP Menurut UNESCO (2003) ada 4 level dalam ICT Emerging; menyadari pentingnya ICT untuk pendidikan Applying; mulai menjadikan ICT sebagai obyek yang harus dikuasai/dipelajari (learning to use ICT); Integrating; menjadikan ICT sebagai media pembelajaran (using ICT to learn) Transforming; menjadikan ICT sebagai katalist pembaharuan pembelajaran Indonesia masih berada pada level ”applying” atau dengan kata lain masih dalam tahap “Learning to Use ICT”.

8 KEADAAN ICT DI INDONESIA Berdasarkan survey yang dilakukan oleh economiest intelligent unit, Tahun 2003 Indonesia menduduki peringkat 53. Tahun 2004 turun menjadi peringkat 59 dan Tahun 2005 turun lagi menjadi peringkat 60. Untuk skala regional Asia-Pasifik, tahun 2004 dan 2005 Indonesia menduduki peringkat 14, setingkat dibawah Srilangka dan setingkat diatas Vietnam.

9 PENERAPAN ICT DI BEBERAPA NEGARA INGGRIS Penggunaan komputer untuk mengakses, mengolah, dan menyajikan informasi, baik secara individu maupun kelompok, merupakan kebutuhan primer di era digital. Survey di Amerika Serikat memperlihatkan bahwa pelajar, termasuk mahapelajar, di era abad 21 ini memperlihatkan perubahan sikap. perubahan sikap yang nyata adalah penguasaan dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet oleh pelajar dalam aktivitas keseharian amat dominan. paling tidak 76% dari setiap pelajar percaya bahwa TIK/ICT akan membantu mereka dalam kegiatan pembelajaran dan oleh karenanya berpendapat bahwa lembaga pendidikan/ universitas harus memiliki fasilitas dan trend penggunaan TIK/ICT dalam aspek pembelajaran.

10 IMPLEMENTASI ICT DI PENDIDIKAN TINGGI Proses Penerimaan Implementasi ICT untuk pendaftaran siswa Implementasi ICT dalam proses seleksi siswa Implementasi ICT untuk pengumuman siswa yang diterima Implementasi ICT untuk proses pendaftaran Proses Belajar Mengajar e-Learning Multimedia e-Library, e-Books, e-Journal, etc. Virtual Laboratory

11 IMPLEMENTASI ICT DI PENDIDIKAN TINGGI Proses Penelitian Implementasi ICT untuk pencarian data dan informasi penelitian Implementasi ICT untuk pengolahan data dan informasi penelitian Implementasi ICT unutk penyebarluasan hasil penelitian Proses Pengabdian Kepada Masyarakat Hasil karya institusi yang dapat dipergunakan oleh masyarakat luas di desiminasi melalui implementasi ICT GIS untuk membantu proses dalam menganalisa keadaan suatu daerah, dll.

12 IMPLEMENTASI ICT DI PENDIDIKAN TINGGI Proses Berorganisasi dan Beraktifitas Intitution Messaging System On line Scheduling Internet Radio Internet TV Proses Administrasi Office Automation System TPS, DSS, ESS, etc. Enterprise Resources Planning System Business Intelligence System

13 STRATEGI PEMBELAJARAN Resource-based learning diberikan/disediakan berbagai ragam dan jenis bahan belajar baik cetak (buku, modul, LKS, dll) maupun non cetak (CD/DVD, CD-ROM, bahan belajar online) atau sumber belajar lain (orang, alat, dll) Case-based learning permasalahan terstruktur untuk dipecahkan Simulation-based learning untuk mengalami suatu peristiwa yang sedang dipelajarinya Collaborative-based learning KERJASAMA dalam kelompok

14 CONTOH ICT sistem pembelajaran Elearning (electronic learning menggali sumber-sumber informasi lain secara lebih luas, tak terbatas ruang, dan waktu, melalui internet. Perpustakaan Digital Fasilitas layanan wireless fidelity (Wi-Fi) di area kampus.

15 EFEK NEGATIF ICT a. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan. b. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal. c. Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).

16 KESIMPULAN Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT) merupakan media atau bantu untuk melakukan kegiatan seperti pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi. ICT mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. ICT sangat diperlukan dalam pembelajaran di era sekarang ini. Dengan prinsip penggunaan ICT yang efektif dan efisien, optimal, menarik, dan merangsang daya kreativitas. ICT menjadi salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan di berbagai bidang pendidikan karena meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran. Penggunaan ICT dalam pembelajaran antara lain sebagai tutorial, eksplorasi, alat aplikasi, dan komunikasi. Sedangkan penerapan ICT dalam dunia pendidikan adalah berupa buku elektronik dan e-learning.

17 THANK YOU


Download ppt "PENERAPAN ICT DALAM DUNIA PENDIDIKAN Bayu Jessica1501189785 Juan Oswald Zora 06 PEM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google