Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DAMPAK ICT BAGI SEKOLAH/MADRASAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI OLEH : ANIDA JUITA NPM 1422010015 ERITA TRI YUSTIANINGSIH NPM 1422010041 KELAS F 2015.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DAMPAK ICT BAGI SEKOLAH/MADRASAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI OLEH : ANIDA JUITA NPM 1422010015 ERITA TRI YUSTIANINGSIH NPM 1422010041 KELAS F 2015."— Transcript presentasi:

1 DAMPAK ICT BAGI SEKOLAH/MADRASAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI OLEH : ANIDA JUITA NPM ERITA TRI YUSTIANINGSIH NPM KELAS F 2015

2 ICT (Information and Communication Technologies ) ICT merupakan kepanjangan dari Information and Communication Technologies. Dalam bahasa Indonesia disebut TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). ICT mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.

3 Jadi, teknologi informasi dan komunikasi merupaka segala hal yang berkaitan dengan proses, pengguanaan alat bantu, pengelolaan informasi yang dapat ditransfer dari perangkat yang satu ke perangkat yang lain.

4 FUNGSI ICT DALAM PEMBELAJARAN  Teknologi berfungsi sebagai alat (tools).  Misalnya, pengguna dapat mengolah data dengan Microsoft excel, mengolah kata dengan Microsoft word, atau menggambar dengan menggunakan aplikasi yang ada di komputer  Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science).

5 Misalnya, untuk melakukan presentasi di depan kelas siswa harus menyiapkan bahan presentasi dalam bentuk Microsoft powerpoint  Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran (literacy). Dalam hal ini, ICT dapat digunakan oleh siswa sebagai sumber belajar yang dapat membatu siswa dalam proses belajar.

6  Efektif dan efisien.  Optimal.  Menarik.  Merangsang daya kreatifitas berpikir pelajar.

7  Internet Internet merupakan singkatan dari interconnection and networking. Secara harfiah mengandung pengertian sebagai jaringan komputer yang menghubungkan beberapa rangkaian.

8  Buku Elektronik (e – Book) e-book adalah buku yang bentuknya berupa digital atau soft-file yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi yang ada pada e-book tersebut.  e – Learning Rosenberg (2001) mengatakan bahwa e-learning merupakan penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

9 Menurut Onno W.Purbo (2002) menjelaskan bahwa istilah “e” atau singkatan dari electronik dalam e-learning digunakan sebagai istilah untuk segala teknologi yang digunakan untuk mendukung usaha-usaha pembelajaran lewat teknologi elektronik internet. Rosenberg (2001) mengatakan bahwa e-learning merupakan penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan.

10 Ada 2 jenis proses belajar dalam e-learning, yaitu: 1. Pembelajaran Langsung (Syncronous Learning). Contohnya :  Mendengarkan siaran Radio.  Menonton siaran Televisi  Konferensi audio/video.  Telepon Internet.  Chatting  Siaran langsung Satelite dua arah.

11 2. Pembelajaran Tidak Langsung (Ansyncronous Learning). Contohnya :  Belajar sendiri menggunakan internet atau CD-Rom.  Kelas belajar menggunakan video tape.  Presentasi web atau seminar menggunakan audio/video.  Rekaman suara  Mentoring tanya jawab.  Membaca pesan .  Mengakses content online  Forum diskusi

12 TERIMA KASIH


Download ppt "DAMPAK ICT BAGI SEKOLAH/MADRASAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI OLEH : ANIDA JUITA NPM 1422010015 ERITA TRI YUSTIANINGSIH NPM 1422010041 KELAS F 2015."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google