Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Biodata Narasumber 2 Kompetensi yang Diharapkan Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Biodata Narasumber 2 Kompetensi yang Diharapkan Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran."— Transcript presentasi:

1

2 Biodata Narasumber 2

3 Kompetensi yang Diharapkan Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

4 Ruang Lingkup Materi Penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan Pengertian Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran

5 Langkah-langkah Pembelajaran (1/3) In-Service Learning 1 (IN-1) 4 menit Aktivitas individual : 1.membaca materi, 2.merangkum dan menyimpulkan, 3.melakukan refleksi, dan 4.menyusun rencana tindak lanjut. Aktivitas kelompok : 1.diskusi, 2.latihan/ tugas, dan 3.studi kasus setiap kegiatan pembelajaran.

6 Langkah-Langkah Pembelajaran (2/3) On-The-Job Learning (OJL) 5 menit: 1.Mengidentifikasi TIK dalam Pembelajaran di sekolah tempat magang (sekolah sendiri dan sekolah lain yang ditunjuk oleh dinas pendidikan) serta pengelolaannya; 2.Mencocokkan dengan standar yang berlaku; 3.Mengidentifikasi kendala dan permasalahan yang ada; 4.Membuat simpulan (dan merekomendasikan solusi bila mungkin); 5.Melakukan refleksi, dan 6.Membuat laporan tertulis untuk diplenokan pada saat In-Service Learning 2 (IN-2).

7 Langkah-Langkah Pembelajaran (2/3) LAPOR AN HASIL OJL PENDAHULUAN 10 Menit Perkenalan & Orientasi Penjelasan Tujuan Pembelajaran PEMBAHASA N MATERI KB 1 20 menit Mengenal TIK Dalam Pembelajaran Evaluasi, Reflek, & Rencana Tindak OJL 20 menit MELAKS ANAKAN OJL 5 JAM UJI PENGETAHUAN AWAL 15 Menit Masing-masing peserta menjawab pertanyaan mengenai pengetahuan TIK dan Evaluasi Diri PENUGASAN KB 1 30 menit PEMBAHASA N MATERI KB 2 35 menit MODEL PENGEMBA NGAN TIK DALAM PENDIDIKAN PENUGASAN KB 2 50 menit Diskusi, Presentasi Kelompok dan Kesimpulan KB 2

8 Apersepsi

9

10 Uji Pengetahuan Awal 1.Apa yang anda ketahui tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). 2.Jelaskan yang disebut dengan Paket Aplikasi Sekolah (PAS) 3.Jelaskan Manfaat TIK dalam Manajemen Sekolah Manfaat bagi Pemerintah Manfaat bagi Sekolah: Manfaat bagi Guru: Manfaat bagi orang tua Manfaat bagi siswa: Manfaat bagi komite sekolah:

11 Anda berada di posisi tingkat yang mana?

12 Kegiatan Pembelajaran 1 Mengenal TIK dalam Pembelajaran Pengaruh TIK dalam pendidikan secara global: 1.Teknologi yang berkembang menyediakan kesempatan yang sangat besar untuk mengembangkan manajemen pendidikan dan proses pembelajaran di sekolah, 2.Hasil belajar siswa yang spesifik dapat diidentifikasi dengan pemanfaatan teknologi baru tersebut, 3.TIK memiliki potensi yang sangat besar untuk mentransformasikan seluruh aspek di dalam pendidikan di sekolah dan memanfaatkannya untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran.

13 Penugasan Diskusikan mengenai TIK dalam Pembelajaran 1.Mengapa Teknologi Informasi dan Komunikasi itu penting? 2.Bagaimana model pengembangan Teknologi dan Komunikasi dalam Pendidikan? 3.Bagaimana Teknologi Informasi dan Komunikasi dan sistem manajemen sekolah dapat dijalankan? 4.Bagaimana menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses pembelajaran?

14 Kegiatan Pembelajaran 2 Model Pengembangan TIK Dalam Pendidikan A.Pengertian TIK Teknologi Informasi meliputi proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi mencakup penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentrasfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Penguasaan TIK berarti kemampuan memahami dan menggunakan alat TIK secara umum termasuk komputer(Computerliterate) dan memahami informasi (Information literate).

15 B. Model Pengembangan TIK dalam Pendidikan TeemuLeinonen(2005)

16 Renstra Depdiknas , Program Pengembangan TIK Bidang Pendidikan 1.Tahap Pertama a.Merancang sistem jaringan yang mencakup jaringan internet, yang menghubungkan sekolah-sekolah dengan pusat data dan aplikasi, serta jaringan internet sebagai sarana dan media komunikasi dan informasi di sekolah, b.Merancang dan membuat aplikasi database, c.Merancang dan membuat aplikasi manajemen untuk pengelolaan pendidikan di pusat, daerah, dan sekolah, dan d.Merancang dan membuat aplikasi pembelajaran berbasis web, multimedia, dan interaktif.

17 2.Tahap kedua a.Melakukan implementasi sistem pada sekolah-sekolah di Indonesia yang meliputi pengadaan sarana/prasarana TIK dan pelatihan tenaga pelaksana dan guru, dan b.Merancang dan membuat aplikasi pembelajaran. 3.Tahapketiga dan keempatadalah tahap memperluas implementasi sistem di sekolah-sekolah. Renstra Depdiknas , Program Pengembangan TIK Bidang Pendidikan

18 Tahapan Kontinum, UNESCO

19 Tahapan Penggunaan TIK 1.Menemukan/mengenali (discovering), 2.Belajarbagaimana (learning how), 3.Mengerti bagaimana dan kapan (understanding how and when), dan 4.Menjadi ahli (specializing) dalam penggunaan perangkat TIK.

20 Diskusi Kelompok 1 Pada model pengembangan TIK dalam pendidikan, Teemu Leinonen (2005) membagi perkembangan menjadi 5 fase sebut dan jelaskan!

21 Diskusi Kelompok 2 Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan Sistem Manajemen Sekolah, diskusikan mengenai berbagai hal berikut: Apa keuntungannya menerapkan TIK di sekolah? Apa yang anda ketahui tentang Perangkat lunak atau piranti lunak? Apa yang anda ketahui tentang Paket Aplikasi Sekolah (PAS)?

22 Manfaat TIK dalam Manajemen Sekolah dan Manfaat bagi Pemerintah? Manfaat bagi sekolah? Manfaat bagi Guru? Manfaat bagi Orang tua? Manfaat bagi Siswa? Manfaat bagi Komite sekolah?

23 Aspek – aspek apa sajakah yang dapat dipengaruhi oleh Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)? Manfaat positif komputer dalam bidang pendidikan dan pengajaran? Apa yang harus dipertimbangkan oleh seorang guru dalam memanfaatkan komputer dalam pengajarannya?

24 Adanya kelebihan TIK akan mempengaruhi peran guru tradisional menjadi bagaimana? Diskusikan Beerbagai Perangkat Lunak/Fasilitas TIK untuk Tujuan Media Pembelajaran! Jelaskan tentang Sistem Manajemen Pembelajaran yang dikenal dengan istilah Learning Management System (LMS) Jelaskan Apa yang anda ketahui tentang Authoring Program/ Template Pengembangan Bahan Ajar?

25 Kementerian Pendidikan Nasional telah menyediakan salah satu sumber belajar dalam bentuk siaran televisi pendidikan, yang diberi nama Televisi Edukasi (TVE). Jelaskan mengenai isi acara: Kuis Kihajar Fisika Itu Asyik (FIA) Bincang Cerdas (BC) English Corner (EC) E-Flash Kreatifnya Anak Indonesia (KAI) Siaran Pendidikan B. Inggris

26 Keputusan untuk menggunakan TIK dalam menunjang aktivitas di sekolah harus didasarkan pada pertimbangan kemanfaatan yang dimaksud adalah?

27 Diskusikan beberapa aspek yang juga perlu dipertimbangkan dalam pengeloaan TIK di sekolah. 1.Keterampilan TIK 2.Buku Panduan TIK 3.Sekuriti Perangkat Keras dan Lunak 4.Pemeliharaan dan rutinitas 5.Faktor manajemen yang mempengaruhi prestasi dalam TIK 6.Mengelola rekamanpekerjaan yang telah dilakukan siswa 7.Manajemen Infrastruktur 8.Manajemen Keuangan

28 Panduan OJL Mengidentifikasi implementasi TIK dalam Pembelajaran di sekolah magang (sekolah sendiri dan sekolah lain) Mencocokkan dengan standar yang berlaku Mengidentifikasi kendala dan permasalahan yang ada Membuat simpulan (dan merekomendasikan bila mungkin) Melakukan refleksi Membuat laporan tertulis OJL di sekolah magang 5 JP

29 KAJIAN TIK DALAM PEMBELAJARAN Sekolah: …………. No Standar TIK dalam Pembelajaran Kondisi TIK dalam Pembelajaran Masalah/Ke ndalaSolusiSimpulan

30 Aura Kasih naik sepeda onthel Terimakasih, selamat melaksanakan OJL


Download ppt "Biodata Narasumber 2 Kompetensi yang Diharapkan Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google