Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

segmentasi Latar Belakang Berdasarkan latar belakang, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul ”Analisis Segmentasi Pasar Pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "segmentasi Latar Belakang Berdasarkan latar belakang, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul ”Analisis Segmentasi Pasar Pada."— Transcript presentasi:

1

2 segmentasi

3 Latar Belakang Berdasarkan latar belakang, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul ”Analisis Segmentasi Pasar Pada Jasa Persewaan Lapangn Futsal” (Studi Pada Arena Futsal).

4 Rumusan Masalah Bagaimanakah Karakteristik Segmentasi Pasar Pada Jasa Persewaan Lapangan Futsal Tidar Arena?

5 Tujuan Penelitian Untuk Mengetahui Bagaimanakah Karakteristik Segmentasi Pasar Pada Jasa Persewaan Lapangan Futsal Tidar Arena?

6 Manfaat Penulisan  Sebagai dasar pertimbangan bagi pemimpin perusahaan dalam menentukan segmentasi pasar yang sesuai sehingga dapat memberikan perbaikan di masa mendatang untuk persewaan lapangan sepak bola indoor (futsal) Arena Futsal.  Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi penelitian berikutnya dalam ilmu pengetahuan pada umumnya dan menajemen pemasaran pada khususnya.

7 Tinjauan Terdahulu Penulis memakai hasil penelitian terdahulu yang disusun oleh Risa Novita Sari dengan judul “Analisis Segmentasi Pasar pada Hotel University Inn”. Analisis yang digunakan adalah analisis cluster yang digunakan untuk mengelompokkan berdasarkan persamaan karakteristik dan mempunyai hubungan antara satu dengan yang lainnya. Analisis cluster digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam melakukan segmentasi. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel geografi, demografi, psikografi, perilaku dan variabel manfaat.hasil penelitian terdahulu yang disusun oleh Risa Novita Sari dengan judul “Analisis Segmentasi Pasar pada Hotel University Inn”. Analisis yang digunakan adalah analisis cluster yang digunakan untuk mengelompokkan berdasarkan persamaan karakteristik dan mempunyai hubungan antara satu dengan yang lainnya. Analisis cluster digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam melakukan segmentasi. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel geografi, demografi, psikografi, perilaku dan variabel manfaat.

8 Landasan Teori  Perilaku Konsumen adalah kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan menggunakan barang dan jasa termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut (Swastha dkk., 1997).

9 Tahap-Tahap dlm Proses Pembelian Pengenalan masalah: di sini konsumen mulai mengenali kebutuhan mereka. Kebutuhan ini dapat dicetuskan oleh rangsangan internal atau eksternal. Pencarian informasi: pada tahap ini konsumen mulai mencari informasi lebih banyak tentang produk. Evaluasi alternatif: di sini konsumen menggunakan informasi yang diperolehnya untuk mengevaluasi pilihan merek yang ada, menyusun peringkat, dan membentuk kecendrungan untuk membeli. Keputusan pembelian: pada tahap ini konsumen secara aktual melakukan pembelian produk yang paling ia sukai. Tindakan pasca pembelian: merupakan tindakan yang dilakukan konsumen setelah pembelian yang didasarkan pada kepuasan atau ketidakpuasan mereka.

10 Segmentasi  Segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan, karakteristik, atau tingkah laku yang mungkin membutuhkan produk yang berbeda (lupiyoai, 2001, 34).  Menurut Kotler (1997, 235) segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang terbedakan dengan kebutuhan, karakteristik atau tingkah laku berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran terpisah.  Menurut kasali (1998; 118) segmentasi pasar adalah proses yang mengotak-ngotakkan pasar (yang hiterogen) ke dalam kelompok-kelompok “potensial costumer” yang memiliki kesamaan kebutuhan dan atau kesamaan karakter yang memiliki respon yang sama pola membelanjakan uangnya.

11 Variabel-variabel yg Dipakai dlm Mensegmentasi Pasar Membagi pasar menjadi beberapa unit secara geografi seperti Negara, regional, Negara bagian, kota atau komplek perumahan. Segmentasi Geografik Membagi pasar menjadi kelompok berdasarkan pada variabel seperti umur, jenis kelamin, besar keluarga, siklus kehidupan keluarga, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras dan kebangsaan. Segmentasi Demografik Membagi pembeli menjadi kelompok berbeda berdasarkan pada karakteristik kelas social, gaya hidup atau kepribadian. Segmentasi Psikorafik Mengelompokkan pembeli berdasarkan pada pengetahuan,sikap, penggunaan atau reaksi mereka terghadap suatu produk. Segmentasi Perilaku

12 Kerangka Pikir Lapangan futsal Arena Jln. Puncak Mandala 44 Tidar Geografis merupakan tempat tinggal yang didukung oleh berbagai factor seperti lingkungan atau tempat tinggal responden Demografis seperti usia, ukuran keluarga, siklus hidup, keluarga, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, generasi, kewarganegaraan, dan kelas sosial. Perilaku merupakan sifat atau kebiasaan dari individu yang menentukan untuk memilih suatu produk Psikografis merupakan suatu aktifitas atau kegiatan yang dilakukan oleh konsumen dalam menggunakan produk atau konsumen yang menghabiskan waktu atau uang Menganalisis dan membentuk profil segmen Memilih segmen dan melayani konsumen lebih baik daripada konsumen

13 Metodologi Penelitian Futsal Arena (Jl. Puncak Mandala 44, Tidar) Lokasi Penelitan Deskriptif dengan metode survey. Jenis Penelitian Sumber data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber Data Kuisioner Dokumentasi Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Analisis Cluster Tahap-tahap dalam Analisis cluster (Tahap Survey,Tahap Analisis,Tahap Pembentukan) Teknik Analisa Data

14


Download ppt "segmentasi Latar Belakang Berdasarkan latar belakang, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul ”Analisis Segmentasi Pasar Pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google