Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengumpulan Data. Data dan Informasi Data Primer dan data sekunder Data Primer : Informasi yang dikumpulkan terutama untuk tujuan investigasi yang sedang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengumpulan Data. Data dan Informasi Data Primer dan data sekunder Data Primer : Informasi yang dikumpulkan terutama untuk tujuan investigasi yang sedang."— Transcript presentasi:

1 Pengumpulan Data

2 Data dan Informasi

3 Data Primer dan data sekunder Data Primer : Informasi yang dikumpulkan terutama untuk tujuan investigasi yang sedang dilakukan. Data Sekunder : Informasi yang dikumpulkan bukan untuk kepentingan studi yang sedang dijalankan tetapi untuk beberapa tujuan lain.

4 Dalam pengumpulan data, periset mempertimbangkan mengumpulkan data : 1.Data sekunder : informasi yg dikumpulkan bukan untuk kepentingan studi yang sedang dilakukan saat ini tetapi untuk beberapa tujuan. 2. Data Primer : Informasi yang dikumpulkan terutama untuk tujuan investigasi yg sedang dilakukan.

5 A. Data sekunder Keunggulan : Efisien dari segi biaya dan waktu Kelemahan : Masalah kesesuaian Masalah Akurasi : - Sumber primer : sumber yang menyediakan data sekunder Sumber sekunder ; sumber yg mendapatkan datanya dari sumber primer.

6 A. Data sekunder Jenis –Jenis Data Sekunder : 1. Data internal : data yg berasal dari dalam organisasi dimana riset sedang dilakukan. Ex : data penjualan dan biaya yg dikompilasi dalam siklus akuntansi. 2. Data Eksternal : Data yang berasal dari luar organisasi di mana riset sedang dilakukan. Ex : Data yg dipublikaskan dan data komersial

7 Jenis-jenis data sekunder Data sekunder Internal Ekstenal Faktur penjualan Laporan tenaga penjual Kartu garansi BPS Badan pemerintahan Catatan keuangan Dipublikasikan Komersial Data kesan iklan Data Audit Toko Data Geodemografi

8 B. Data Primer Jenis-Jenis data Primer : 1.Karakteristik Demografi/ Sosialekonomi: umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, kelas sosial. 2.Karakteristik Psikologis/Gaya hidup Kepribadian : sifat-sifat, kebiasaan. Ex : kepribadian dapat mempengaruhi pilihan konsumen terhadap produk/toko. Analisis Gaya Hidup Asumsi : perusahaan dapat merencanakan strategi yg lebih efektif untuk mencapai pasar sasarannya jika telah mengetahui lebih banyak tentang para pelanggannya.

9 B. Data Primer Analisis Psikografis : mengembangkan sejumlah pernyataan yg merefleksikan Activitites (A), Interest (I) dan Opinion (O). Contoh : - saya senang melihat tpertandingan sepakbola di TV. - Saya suka mengumpulkan perangko

10 B. Data Primer Sikap/Pendapat Preferensi, kecenderungan,pandangan, atau perasaan seseorang terhadap beberapa fenomena. - Sikap : mengacu pada preferensi, kecenderungan, pandanganatau perasaan seseorang terhadap beberapa fenomena. - Pendapat : Ekspresi verbal dari sikap.

11 B. Data Primer Kesadaran/Pengetahuan ; Pemahaman atas fakta-fakta tentang beberapa objek atau fenomena. Misalnya : Permasalahan efektivitas iklan di majalah. Niat (intentions) ; Perilaku di masa depan yang diantisipasi atau direncanakan. – Niat seringkali dirangsang dengan meminta para responden untuk menunjukkan mana dari berikut ini yg paling tepat menggambarkan rencana mereka berkaitan dengan produk/jasa baru : Pasti membeli Mungkin akan membeli Belum memutuskan Mungkin tidak akan membeli.

12 B. Data Primer Motivasi ; mengacu pada kebutuhan,keinginan,dorongan,desakan,harapan, hasrat,dorongan hati atau setiap keadaan dalam diri yang mengarahkan atau menyalurkan perilaku menuju tujuan. – Ex : Memastikan keamanan keluarga adalah motif dibalik iklan asuransi jiwa dan kesehatan.

13 B. Data Primer Perilaku (behavior) berkaitan dengan apa yang telah dilakukan atau sedang dilakukan oleh para subyek atau responden. Dalam Pemasaran, hal ini biasanya berarti perilaku pembelian dan perilaku penggunaan.

14 B. Data Primer Mendapatkan Data Primer : Komunikasi Observasi Keunggulan data Primer : Versatilitas Kecepatan dan biaya Objektivitas dan Akurasi


Download ppt "Pengumpulan Data. Data dan Informasi Data Primer dan data sekunder Data Primer : Informasi yang dikumpulkan terutama untuk tujuan investigasi yang sedang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google